Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Information And Comunication Technologies (ICT) Di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT) dalam media pembelajaran PAI. Pada saat ini peran ICT perlu dikembangkan dan digali lebih dalam lagi terkait pemanfaatannya. Karena di masa pandemi covid-19 siswa diwajibkan menggunakan pembelajaran berbasis daring. Tujuannya agar siswa termotivasi sehingga belajar mengajar akan tetap efisien meskipun menggunakan metode daring. Dalam sistem pembelajaran PAI sendiri bisa menggunakan media Microsoft Office dan Power Point sebagai media presentasi dan penyampaian materi yang lain dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Group (WAG), zoom ataupun google meet. Dengan demikian peran dan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 sangatlah penting dan perlu perhatian khusus
References
ADISEL, AHMAD GAWDY PRANANOSA. (2020, Juni 1). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM MENEJEMEN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Journal of Administrasi and Educational Management,III, 9. doi:https://doi.org/10.31539/alignm ent.v3il.1291.
Irsyadiyah, N. &. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Coorperative E-Learning Di Masa Pandemi. 3(2), 347. doi:10.36428/syntax-idea.v3i2.1011.
Nuryana, Z. (2018, Januari). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. journal TAMADDUN, XIX.
Ramdani, R. R. (2018). Media pembelajaran E-Learning Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Laboratorium UPI. TARBAWY : Journal of Islamic Education, 5(1),47. doi:https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13332.
Sahmiar Pulungan.(2017, April).Pemanfaatan Dalam Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, I.
SODRI. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ITC DI SD SWASTA SHAFIYYATUL AMALIYYAH INTERNATIONAL ISLAMIC FULL DAY SCHOOL MEDAN. 5.
Unik, Windi dkk. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-13.
Ict, B. (1994). Andoyo Sastromiharjo. 1–10.
Lenggono, W. (2019). Peran Media ICT Pada Pembelajaran At Islam dan Kemuhammadiyaan dan Penggunaannya Di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto A . Introduction / Pendahuluan Perkembangan teknologi semakin pesat dan berkembang seiring kehidupan manusia yang semakin komplek ( Elyas , 2. 18(1), 157–178.
Nasution, M. W., & Fitmawati, I. (2020).Pengembangan Pembelajaran PAI di Era Digital (T. R. A. Aan Herdiana (ed.); CV. Amerta). Amerta Media.
Pendidikan, J., Islam, A., & Wahid, U. (2019). learning resurces ). 7(1), 1–27.
Rahmadhon Rahmadhon, Amirul Mukminin,M. M.(2021).KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKHNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MASA PANDEMI COVI-19 DI MIS DARUSSALAM KEC. JELUTUNG KOTA JAMBI. 2(1), 375–388.
Syaifudin, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Argumentasi Siswa Sma Melalui Dukungan Ict. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2),41–44.