Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Negeri Di Kabupaten Pangkep

  • Asnandar Abubakar Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Kurikulum Darurat, Pandemi Covid 19, Pembelajaran During, Proses Pembelajaran

Abstract

Kurikulum Darurat adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat dengan memperhatikan rambu-rambu ketentuan yang berlaku serta kondisi keterbatasan masing-masing satuan pendidikan di masa darurat. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat implementasi kurikulum darurat pada madrasah negeri, dan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Obyek penelitian adalah guru-guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pangkep, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pangkep, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangkep. Hasil penelitian padak aspek pelaksanaan kurikulum darurat, Penerapan Prinsip Pembelajaran, Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran menunjukkan kategori yang tinggi. Artinya kurikulum darurat sudah tersosialisasi dan terlaksana pada madrasah. begitupun dengan guru yang telah menerapkan aspek-aspek kurikulum darut dalam proses pembelajaran. Kondisi dan  situasi  geografis tempat  tinggal  siswa harus menjadi  perhatian  dalam melaksanakan  pembelajaran  jarak  jauh yang menggunakan  media internet, karena pada kondisi tertentu jaringan tidak mumpuni untuk dipakai sehingga proses pembelajaran berlangsung tidak maksimal. Dalam proses pembelajaran, guru tetap harus mempertimbangkan kondisi, kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa (terkait kondisi siswa), mengakomidir kondisi siswa yang berbeda, dukungan sarana, gaya belajar dan kebutuhan belajar. Ada beberapa siswa yang terkendala dengan jaringan, perangkat pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran.

 

 



References

Agesti, Narani, Muhammad Nur Isdaryono, and Fauzi Rachman. 2020. “Analisis Kebijakan Pembelajaran Secara Luring Di Smk Veteran 1 Sukoharjo.” Keraton: Journal of History Education and Culture 2 (2): 80–92. https://doi.org/10.32585/.v2i2.1156.
Anwar, Oktaviyanti. 2020. “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Muhammadiyah.”
Arifa, Fieka Nurul. 2020. “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-
19.” INFO Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR
RI XII (7): 13–18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I- P3DIApril-2020-1953.pdf.
Assingkily, Muhammad Shaleh, and Miswar. 2020. “URGENSITAS PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK USIA DASAR (Studi Era Darurat Covid 19).” Jurnal Tazkiya IX (2): 92–107.
Azizah, ELlisa Novie, Octavian Dwi Tanto, Sulitia Arum Naningtias, and Rani Umi Rahmawati. 2020. “Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE) LPPM-STKIP Modern Ngawi.” Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE) 2 (1): 14–19.
Kusmana, Suherli. 2017. “Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah.”Diglosia; Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia 1 (1): 151-64.http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8610.
Mokodompit, Intan Safitri. 2020. “Home Visit Sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19 : Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi Dan Hasil Belajar Di Madrasah Tsanawiyah.” Dirasat; Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 6 (2): 119–31. journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/ index.
Nilasari, Khurnia Eva. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi COVID 19.” Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang 5 (36): 27–39.
Novianti, Dwi Erna. 2020. “Kurikulum Dan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Apa Dan Bagaimana?” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1 (1): 70–75.
Rahmawati, Septiana. 2021. “Efektivitas Kurikulum Darurat Covid-19 Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1Sumberrejo Bojonegoro.”
Sumarbini, and Enung Hasanah. 2021. “Penerapan Kurikulum Darurat Pada Masa Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Semin , Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (2): 9–18.
Umam, Nasrul. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Karakter Dan Life Skill Di Masa Pandemi Covid-19.” Berbasis SD Saat Pancar:Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar 4(2): 53–65.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam, 2020.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama R.I Nomor 2791 Tahun 2020 Tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
Published
2021-08-20