KESIAPAN MADRASAH MENGHADAPI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TAHUN 2021 DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Amiruddin Amiruddin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Madrasah, Pembelajaran Tatap Muka, Pandemi Covid-19

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian mengenai Kesiapan Madrasah
Menghadapi Pembelajaran tatap muka di masa Pandemi Covid-19 Tahun
2021. Penelitian ini adalah penelitian fact finding untuk menelusuri fakta
lapangan terkait SKB 4 Menteri tentang pedoman pelaksanaan
pembelajaran tatap muka. Masalah penelitian bagaimana kesiapan
madrasah menghadapi pembelajaran tatap muka tahun 2021 di masa
pandemi covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan
Observasi terhadap pengelola madrasah. Temuan penelitian menunjukkan
bahwa walaupun secara legal formal dalam konteks Kota Makassar
belum terbit surat edaran secara resmi, namun lembaga pendidikan
termasuk madrasah telah meresponi dengan melakukan berbagai
persiapan. Dari tiga (3) Madrasah Aliyah Negeri sebagai Lokus penelitian
ini yaitu MAN 1, 2, dan 3 Kota Makassar, semuanya telah melakukan
persiapan dengan melengkapi semua sarana dan prasarana yang menjadi
kewajiban protokol kesehatan mulai dari penyediaan wastafel (tempat
cuci tangan) di halaman sekolah dan di setiap ruang kelas, alat pengukur
suhu, hand sanitizer, disinfektan, dan masker kesehatan. Begitupun
dengan kesiapan dalam proses pembelajaran tatap muka pihak madrasah
juga telah melakukan inovasi dan strategi pada masing-masing madrasah.
Pada umumnya madrasah untuk kepentingan protokol kesehatan dengan
menjaga jarak maka setiap kelas akan di bagi menjadi dua kelas dengan
jumlah siswa juga di bagi dua. Dan proses pembelajaran di bagi menjadi
dua sesi. Keterlibatan komite madrasah juga ikut andil dan berkontribusi
dalam penyediaan sarana yang di butuhkan oleh madrasah. Wujud
kontribusi yang diberikan dengan menyediakan wastafel (tempat cuci
tangan). Komite madrasah juga berpartisipasi dalam membangun
komunikasi dengan orang tua siswa, mendata dan memberikan
pemahaman tentang rencana pembelajaran tatap muka di masa pandemi
covid-19.

References

Adib Auliawan Herlambang: Artikel: persyaratan-protokol-kesehatanbelajar-tatap muka-di-sekolah (https://ayosemarang.com/read/2020/11/23/67480/21 persyaratanprotokol-kesehatan-belajar-tatap muka-di-sekolah)
https://www.beritasatu.com/nasional/700849/mendikbud-januari-2021-pembelajaran-tatap-muka-kembali dilaksanakan
https://tirto.id/syarat-panduan-sekolahtatap-muka-2021-di-masa-pandemicovid-19-f7hY.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kesiapan-sekolah-melaksanakanpembelajaran-tatap-muka-2
https://m.liputan6.com/citizen6/read/4425806/persiapan-sekolah-tatap-mukadi-tengah-pandemi-covid-19
https://rri.co.id/makassar/daerah/927724/sekolah-tatap-muka-di-sulsel-dibuka januari-2021?
https://www.antaranews.com/berita/1878700/merancang-pembelajaran-tatap muka
Kasniyah, Naniek. 2012. Tahapan Menentukan Informan dalam Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ombak.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surat Edaran KSKK Nomor: B31441/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/12/2020 tanggal 29 Desember 2020, tentang perihal pengisian data Kesiapan Madrasah untuk Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi.
Soekanto, Soedjono. 1982. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press.
Sri Mulyono. Artikel: Merancang Pembelajaran Tatap Muka (https://www.antaranews.com/berita/1878700/merancang-pembelajaran tatap muka)
Published
2021-12-06