IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT DI MADRASAH KABUPATEN BANTAENG

  • Abd. Rahman Arsyad Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Implementasi Kurikulum Darurat

Abstract

Penelitian ini adalah Kuantitatif dengan tujuan untuk Menemukan cara
madrasah menentukan materi, metode, media, sumber belajar, dan
mengelola kelas; merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil belajar
siswa dalam menerapkan kurikulum darurat, serta menemukan kendala
madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum darurat. Adapun
permasalahannya adalah Bagaimana Implementasi Kurikulum darurat Di
Madrasah (MIN, MTsN, dan MAN) Dampang Kabupaten Bantaeng.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau
kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Guru
madrasah memahami kurikulum darurat lewat media, teman, dan dari
kegiatan pengembangan serta pengimplementasian pembelajaran
mengacu pada kurikulum darurat. Proses belajar mengajar menggunakan
tiga system pembelajaran, yaitu Daring, Luring, dan Guling, sedangkan
dari empat aplikasi (E-Learning, Zoom, Google Clasroom, dan
Whatsapp), tidak semuanya efektif digunakan, dikarenakan faktor
jaringan dan anggaran yang terbatas. Sehingga, proses belajar mengajar
lebih dominan menggunakan aplikasi Whatsapp dan Google Clasroom.
Penerapan pembelajaran lewat luring mengutamakan protokol kesehatan,
memodifikasi jadwal pembelajaran berdasarkan beban mengajar dan
menekankan guru untuk menyusun RPP secara sederhana serta
menerapkan pembelajaran seperti saat norman, yaitu: Pendahuluan, Inti,
dan penutup pembelajaran. Kemudian diakhiri dengan mengevaluasi atau
menilai hasil belajar dengan mempertimbangkan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan siswa.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 1992 Pengelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali.
Detik Health, Update Corona RI 11 Januari: Kasus Baru 8.692, Total Positif 836.718.
(https://health.detik.com/beritadetikhealth/d-5329344/updatecorona-ri-11-januari-kasus-baru8692-total-positif-836718)https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Barru.
https://sp2010.bps.go.id/files/ebook/7310.pdf https://sulselprov.go.id/pages/des_kab/2Isjoni dan Firdaus dkk, 2008. Pembelajaran Terkini. Perpaduan Malaysia–Indonesia. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 Tentang Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah
Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas Untuk Kondisi Khusus.
Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah.
Kurniawan, Heru. 2016. Sekolah Kreatif –sekolah kehidupan yang menyenangkan anak. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media Putra, Nusa dan Hendarman, 2012.
Metodologi Penelitian Kebijakan, Bandung: Remaja Rosdakarya. Sudijono, Anas, 1991, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Sytra, Nuni Yusvavera. 2013. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Yogjakarta: Buku Biru
Tiro, Muhammad Arif, 2001, Dasar-Dasar Statistik. Edisi Ketiga, Makassar: Makassar State University Press.
Undang-Undang Republik Indonesian Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahab, Solichin Abdul. 2008. Analisis Kebijaksanaan – Dari Formulasi ke Implementasi kebijaksanaan Negara,Jakarta : Bumi Aksara.
Published
2021-12-07