PENGARUH KECANDUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • M.Ichsan Nawawi
  • Nurwahidah Nurwahidah
  • Dea Dwi Anggarini
  • Asriani Nur
  • Ryaas Rasyid Febrianto
  • Sulfiyah Sulfiyah
  • Fita Fita
  • Syahrul Alam Syah
Keywords: Kecanduan, Media Sosial, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan narasi kebangsaan dalam bingkai kebhinekaan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) peserta didik di MAN 1 Mamuju. Penelitian menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Penelitian menemukan bahwa narasi kebangsaan dalam bingkai kebhinekaan peserta didik bersumber dari pengetahuan dan pengalaman mereka baik dalam pembelajaran di kelas maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler dan media sosial. Dari sinilah potensi terciptanya perilaku saling menghormati dan menghargai keberagaman serta dapat berkembang dengan baik. Di lain sisi, di antara mereka terjadi kontra narasi kebangsaan, masih ada problem kecil soal relasi dengan teman berbeda agama di antara peserta didik, seperti soal pengucapan selamat natal. Hal ini dipengaruhi sumber rujukan dari kajian keagamaan yang mereka ikuti.

References

Altman, I. & Taylor, D.A. (2013). Social penetration: The development or interpersonal relationship. New York: Holt, Rinehart & Winston.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Fayomi, O. S.I., J. O. Adelakun, and K. O.Babaremu. 2019. “The Impact of Technological Innovation on Production.” Journal of Physics: Conference Series 1378(2).
Al, Taufiq, Akhmadi Surawijaya, Fitra Arifiansyah, and Agus Komarudin.2021. “Reality of the Internet and Social Media Addiction in Indonesian Students.” 15(1): 1–16.
Hou, Yubo et al. 2019. “Social Media Addiction: Its Impact, Mediation, and Intervention.” Cyberpsychology 13(1).Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019).
Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50.
Lin, M. H., & Chen, H. G. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553-3564.
Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Soliha, S. F. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-10.
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280-286.
Wahyuni, Esa Nur (2020) Motivasi belajar.DIVA Perss, Yogyakarta. ISBN 9786023919963 Editors: Rusdianto, Rusdianto.
Buku kumpulan artikel Nuryanto, H. (2012). Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. PT Balai Pustaka (Persero).
Artikel dalam buku kumpulan artikel Efgivia, M. G. (2019). Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 85-96.
Makalah seminar, lokakarya, penataran Herlanti, yanti. 2014. Blogquest + : Pemanfaatan Media Sosial Pada Pembelajaran Sains Berbasis Isu Sosiosantifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Berargumentasi dan Literasi Sains. Program studi ilmu pengetahuan alam sekolah pascasarjana universitas pendidikan indonesia. Bandung.
Apjii. 2016. Survei Internet, APJII 2016. Di akses Melalui: https://apjii.or.id/content/read/39/264/Survei-Internet-APJII-2016
Published
2021-12-07