MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MAN 3 SLEMAN

  • Muhammad Dirman Rasyid
  • Muh. Mukhtar S.
  • M.Taufiq Hidayat Pabbajah
Keywords: Manajemen, Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan Multikultural

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami manajemen pengembangan kurikulum PAI dalam perspektif multikultural di MAN 3 Sleman, dan mengetahui problematika yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai multikultural dalam manajemen pengembangan kurikulum PAI di MAN 3 Sleman. Adapun teorinya berdasar dari teori yang dikemukakan Oemar Hamalik, yaitu mengacu pada kerangka pikir manajemen, berupa perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, implementasi, dan pengontrolan atau evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis, pendekatan agama, pendekatan pendidikan, dan pendekatan psikologi pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber datanya melalui dokumentasi dan narasumber, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data melalui uji kredibilitas data penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kurikulum PAI di MAN 3 Sleman, yaitu dari aspek perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, dan pengimplementasiannya mengacu pada keragaman dan kebutuhan peserta didik dan melibatkan beberapa pihak dalam pengambilan keputusan, dan dari aspek evaluasinya meliputi aspek konteks, proses, dan produk dan dilakukan melalui tes maupun non-tes serta dilakukan secara berkesinambungan. Problematika dalam manajemen pengembangan kurikulum di MAN 3 Sleman, yaitu faktor penyediaan dan kesiapan personel dalam menjalankan konsep dari kurikulum, sering kali guru tidak memahami ide yang terkandung dalam kurikulum, adanya perbedaan persepsi visi dan misi yang hendak dicapai, serta ketidakloyalan sebagian pihak dalam merealisasikan konsep atau isi kurikulum.

References

Abdullah, M. Amin. 2001. “Pengajaran Kalam dan Teologi di Era Kemajemukan: Sebuah Tinjauan Materi dan Metode Pendidikan Agama. Tashwirul Afkar”, Jurnal Refleksi Pemikiran Keagamaan dan Kebudayaan, Edisi No. 11.
Al Arifin, Akhmad Hidayatullah. 2012. “Implementasi Pendidikan Multikulutral dalam Praksis Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1 (1): 72-82.
Bank, James A. 1997. Educating Citizens in a Multicultural Society. New York: Teacher College Press, Colombia University.
Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, cet. Ke-5.
Machali, Imam dan Ara Hidayat. 2016. The Handbook of Education Management. Jakarta: Kencana.
Munadlir, Agus. 2016. “Strategi Sekolah dalam Pendidikan Multikultural.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2): 114-130.
Muttaqin, Ahmad Izza. 2018. “Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Al- Quran (Kajian Tafsir Al Misbah QS. Al Hujurat: 13).” Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9 (2): 283-
289.
Pabbajah, M. Taufiq Hidayat, & Mustaqim Pabbajah. 2020. “Peran Pondok Pesantren Salafiyah Terhadap Revitalisasi Pendidikan Islam (Studi Pada Pondok Pesanteren Salafiyyah Parappe, Campalagian, Polman).” Jurnal Educandum, 6 (2): 227-235.
Pabbajah, Mustaqim., Hasse Jubba, Irwan Abdullah, M. Taufiq Hidayat Pabbajah, & Juhansar. 2021. From the scriptural to the virtual: Indonesian engineering students responses to the digitalization of Islamic education. Teaching Theoloy & Religion, 24 (2): 122-130.
Rusman. 2008. Manajemen Kurikulum. Bandung: SPS Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosada Karya.
Sumber dalam profil sekolah MAN 3 Sleman sebagai suatu Rintisan Madrasah Unggul dengan Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama DIY Nomor 609 B Tahun 2012, tanggal 4 Oktober 2012.
Ukas, Maman. 2004. Manajemen, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Agnini Bandung.
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. 2014. Bandung: Citra Umbara.
Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wawancara, Imas, Guru PAI MAN 3 Sleman, wawancara dilakukan 13/Des/2017.
Wawancara, Miatu Habbah, Guru PAI MAN 3 Sleman, wawancara dilakukan 01/Des/2017.
Wawancara, Thoha, Kepala Bidang Urusan Kurikulum dan Pengajaran MAN 3 Sleman, wawancara dilakukan 30/Nop/2017.
Published
2021-12-07