PELAYANAN PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA PAREPARE

  • Asnandar Abubakar Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
  • Syamsiana Badril
Keywords: anak berkebutuhan khusus, difabel, guru pendamping, madrasah

Abstract

Pelayanan pendidikan agama pada anak berkebutuhan khusus adalah penyediaan sarana dan prasarana baik dalam belajar atau beribadah, media belajar atau alat peraga, serta memberikan pembelajaran agama dalam rangka mengembangkan pengetahuan dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama dengan menerapkan pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran khusus yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran atau silabus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pendidikan agama di sekolah umum dan madrasah. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Obyek penelitian adalah anak berkebutuhan khusus pada MI Al Mustaqim Parepare dan SMAN 2 Parepare. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pelayanan pendidikan agama di madrasah dan sekolah umum sudah berjalan sesuai kurikulum, meskipun beberapa standar penyelenggaraan sekolah inklusi belum dipenuhi (seperti guru pendamping, sarana dan prasarana). Kemampuan guru kelas dan guru agama sangat diharapkan dalam pelayanan pendidikan agama terutama dalam mengelola kelas. Guru memiliki tanggungjawab menciptakan suasana kondusif dalam pembelajaran. Guru harus mampu memberikan pembelajaran secara interaktif meskipun terjadi polarisasi dalam metode, strategi, dan pembelajaran. Peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan pendidikan agama. Orang tua harus mampu memberikan pengayaaan pembelajaran dirumah, dan mampu melakukan apersepsi pembelajaran kepada ABK agar penerimaan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. 

References

Abtokhi, Ahmad. 2012. “Madrasah Sebagai Sekolah Islami Dan Pelaksana Pendidikan Inklusi.” Madrasah 1 (1):1–17. https://doi.org/10.18860/jt.v1i1.1854.
Agustin, Ina. 2019. “Permasalahan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Di SDN Se Kecamatan Soko Kabupaten Tuban.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3 (2): 17–26. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3104.
Baharun, Hasan, and Robiatul Awwaliyah.2018. “PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI ISLAM.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5 (1): 57–71. http://ejournal.uin-.
Candra Pratiwi, Jamilah. 2015. “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” no. November: 237–42.
Dyah Anjarsari, Anggun, Mohammad Efendy, and Sulthoni. 2018. “PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI KABUPATEN SIDOARJO.” Jurnal Pendidikan Inklusi 1 (2): 91–104.
Haryono, Ahmad Syaifudin, and Sri Widiastuti. 2015. “Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Provinsi Jawa Tengah.” Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes 32 (2): 119–26. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i2.505
7.
Jauhari, Auhad. 2017. “Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas.” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 1 (1): 23–38. https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099.
Kristiana, Ika Febrian. 2015. “Sikap Orang Tua Dan Guru Terhadap Implementasi Pendidikan Inklusi Di Paud.” Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 21 (2): 145–50.
Mariani, Eni, and Bambang Suteng Sulasmono. 2018. “Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi Di SMP Negeri.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 5 (2):205–16. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p205-216.
Nurvitasari, Siti, Lisa Zakia Azizah, and S Sunarno. 2018. “Konsep Dan Praktik Pendidikan Inklusi Di Sekolah Alam Ramadhani Kediri.” Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi 3 (1): 15–22. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3 i1.5743.
Rahayu, Sri Muji. 2013. “Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif.” Jurnal Pendidikan Anak.
Rani, Khairunisa, Ana Rafikayati, and Muhammad Nurrohman Jauhari. 2018. “Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Abadimas Adi Buana2(1):55–64. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1636.
Wardani, Kristi, and Siti Irene Dwiningrum.2021. “Studi Kasus: Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Seruma.” WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan 5 (1): 69–75. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.6409.
Yasa, Rawdhah Binti, and Julianto Julianto.
2018. “Evaluasi Penerapan PendidikanInklusi Di Sekolah Dasar Di Kotamadya Banda Aceh Dan Kabupaten Pidie.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 3 (2): 120–35. https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/equality/article/ view/3448.
Yuwono, Imam, and H Utomo. 2021.
Pendidikan Inklusi. Deepublish.
Published
2021-12-07