PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI SULAWESI TENGAH

  • Khaerun Nisa Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Muhlis Muhlis UIN Alauddin Makassar
Keywords: pendidikan moderasi beragama, peran guru, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret pendidikan moderasi beragama di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, meliputi dukungan pemerintah, peran guru dan inovasi media pembelajaran. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam rangka pengarusutamaan moderasi beragama dalam dunia pendidikan, kehadiran Kemenag Kabupaten Sigi telah melaksanakan diklat subtantif moderasi beragama bagi para guru madrasah. Guru sebagai tombak terakhir dalam pengarusutamaan moderasi beragama kepada peserta didik. Guru menggunakan berbagai jenis media pembelajaran kreatif dengan tetap mempertimbangkan kondisi peserta didik, khususnya dalam situasi pandemi covid-19, agar nilai-nilai moderasi beragama tidak hanya sekadar sending kepada peserta didik, tetapi juga delivered. Adapun media kreatif dalam rangka inovasi pembelajaran moderasi beragama di Kabupaten Sigi yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis radio di SD Bolapapu Kulawi pada mata pelajaran agama Kristen, google classroom di MA Biromaru, dimana guru akidah akhlak dan guru yang mengampu mata pelajaran umum menginjeksikan nilai-nilai moderasi beragama melalui video pada google classroom yang memuat nilai toleransi dan anti kekerasan. Serta media pembelajaran pohon kebaikan dan board game untuk menanamkan nilai-nilai kasih pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen di SD Bala Keselamatan Watubula. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini, penyelenggaraan diklat subtantif serta teknis moderasi beragama oleh kemenag Sigi perlu dilakukan secara kontinyu dan komprehensif kepada para guru madrasah maupun guru agama binaan kemenag di sekolah umum.

References

Al-Asfahani, A.-R. (2009). Mufrodad al-Fazil Al-Qur’an. Damaskus: Darul Qal.
Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Arsyad, A. (2016). Media Pengajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
BAPPEDA Kab. Sigi, RIPKA Kabupaten Sigi, tahun 2011.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama Di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.
Faiqah, N., & Pransiska, T. (2018). Radikalisme Islam vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai. Al-Fikra, 17(1), 33–60.
Hopkins. D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia:Open University Press.
Ibrahim, M dan Nur. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50.
Ilyas, I. (2014). Kajian penyelesaian konflik antar desa berbasis kearifan lokal di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Academica, 6(1).
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.
Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: PUSTEKKOM.
Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Nisa, Y.F. (2018). Gen Z:Kegalauan Identitas Keagamaan. Jakarta: PPIM UIN Jakarta.
Nurdyasnyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran.
Rogers, Everett M., (1983 ) The Diffusion of Innovations (3rd ed)., New York: The Free Press.
Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.
Smaldino, S. E., Russell, J. D., & Heinich, R. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (9th edition). Upper Saddle River, New Jersey, Ohio, Columbus: Merrill Prentice Hall PEARSON.
Suryani, N., & Agung S, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.
Yasid, A. (2010). Membangun Islam Tengah. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Zamimah, I. (2018). Moderatisme Islam dalam Konteks Keindonesiaan. Al-Fanar, 1(1), 75– 90.
Published
2022-08-02