EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA KUIS KAHOOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK KARTIKA XX-1 MAKASSAR

  • Sarah Wulan Sari SMK Kartika XX-1 Makassar
  • Surya Rahmah labetubun Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: media pembelajaran, information and communication tehcnologie, kahoot, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Kartika XX-1 Makassar dengan menggunakan kuis pada aplikasi Kahoot. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sebanyak  2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 kegiatan, secara berurutan dimulai dari kegiatan perencanaan, kemudian pelaksanaan, dilanjutkan dengan pengamatan, dan di bagian akhir adalah refleksi. Peserta didik dan guru menjadi sumber data dalam penelitian ini. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini di yaitu : wawancara,  dokumentasi, observasi, serta test hasil belajar. Triangulasi sumber data dan metode merupakan validitas data yang digunakan, sedangkan untuk analisis datanya memakai analisis kuantitatif dan kualitatif.

Pengimplementasian kuis pada aplikasi Kahoot lazimnya mampu meningkatkan hasil belajar. Di mana, untuk  siklus I, sebelum pemanfaatan kuis pada aplikasi Kahoot, ditemukan nilai rata-rata kelas yakni 59,84 sedangkan, setelah menggunakan aplikasi Kahoot, nilai rata-rata kelas naik 14,2 poin menjadi 74,04. Sementara, yang terjadi pada siklus II, perbandingannya sebelum penggunaan dan setelah menggunakan kuis pada aplikasi Kahoot terjadi kenaikan nilai rata-rata kelas dari 77,45 menjadi 82,60.

References

Akbar, S. H. (2020). The relationship between the Problem Based Learning (PBL) model with student learning outcomes. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series.

Ani, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES PRESS.

Anisa Widyaningtyas, Sukarmin, Yohanes Radiyono. (2013). PERAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PATI. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.1 No. 1, 136.
Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Edisi kedua.Jakarta: Bumi Aksara

Bella, dkk. ( 2019). PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN HASIL. Edukasi IPS Vol 3 No. 2.

Djamarah, S. B. 2006, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farhana, dkk (2019). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Harapan Cerdas.

.

Hasan.M.I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Iskandar, Dadang, Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media

Muhtadi, A. (2015). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN EFEKTIFITAS PENDIDIKAN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(2), 205–214.

Mudjiono dan Dimyati. (1996). Belajar dan Pembelanajaran . Jakarta: Rineka Cipta.

Mundir, (2012). Statistik Pendidikan. Jember : STAIN Jember Press
Priatna, T. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta : CV. Insan Mandiri
Published
2022-08-02