Peran TPQ dalam Pembentukan Akhlakul Karimah pada Anak Usia 7-9 tahun

  • Raidatul Saptrians KUA Kecamatan Bungi, Baubau
  • Musdalifah Kadir KUA Kecamatan Wiwirano, Konawe Utara
Keywords: Peran TPQ, Akhlakul Karimah, Anak 7-9 tahun

Abstract

Pembinaan akhlak seorang anak tidak terlepas dari peran pendidikan, baik pendidikan formal disekolah maupun non formal. Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ) merupakan salah satu wadah pendidikan non formal bagi anak usia 7-9 tahun yang membantu anak dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama islam, diantaranya aqidah, ibadah, akhlak. Sebagai lembaga non formal yang memiliki peran, TPQ tentu memerlukan manajamen dan sumber daya manusia yang baik. Sebagai lembaga non formal yang memiliki peran penting dalam proses pendidikan, selain itu masih banyak orang tua yang belum mampu mendidik anak secara menyeluruh dengan banyaknya keterbatasan seperti waktu, ilmu pengetahuan, metode mengajar dan lainnya. . TPQ diharapkan mengambil peran dalam proses pengembangan potensi anak dalam pembentukan sikap, pengetahuan dan juga keterampilan tentang keagamaan dengan menggunakan pendekatan yang bisa menyesuaikan dengan proses perkembangan anak berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah TPQ Miftahul Ulum merupakan salah satu TPQ yang paling diminati oleh masyarakat Kelurahan Lamone, Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara. Sama halnya dengan TPQ At Taqwa Kecamatan Bungi, Kelurahan Kampeonaho, Kota Bau-bau. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran TPQ terhadap pembentukan akhlakul karimah anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke TPQ sasaran dan juga wawancara terbuka terhadap beberapa subjek penelitian. Hasil penelitian yang didapat ialah terdapat kesamaan pada kedua TPQ yaitu metode pendekatan personal, pemberian nasihat, keteladanan dan juga pembiasaan perilaku. Sedangkan perbedaanya terdapat pada pemberian hadiah dan hukuman dalam proses pembelajaran.

References

Abidin, J. (2020). Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Munir dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak di Desa Kelurahan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Jurnal Paradigma Vol.9 No.1 .
Al-Hasyimi, M. A. (2000). Muslim Ideal : Pribadi Islam dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Amin, A. (1929). Kitab Al-Akhlak. Kairo: Darul Kutub Al-Miahijriyah.
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 44-50.
Bermali, U. (1993). Materi Akhlak. Solo: Ramadhani.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fikri, S. (2013). Metode Qiroati Dapat Meningkatkan Minat Siswa Membaca al-Qur’an Di SD Ibnu Sina Kota Batam. Tesis Pasca Sarjana Pendidikan, 1.
Haditono, S. R. (2006). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Halid Hanafi, L. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Bui Utama.
Hasjmy, A. (1974). Dustur Dakwah Menurut Taman Pendidkan al-Qur’an, (TPQ) AlMuhaimin. Jakarta: Bulan Bintang.
Human, A. (1991). Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan TKA-TPA Nasional. Yogyakarta.
Irwan, H. &. (2021). Dampak Reward dan Punishment dalam Membentuk Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun pada masa Belajar dari Rumah di TK Putra1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 6 No.1, 134-138.
Jauhari, M. R. (2006). Keistimewaan Akhlak Islami. Bandung: CV Pustaka Setia.
Jauhari, M. R. (2006). Keistimewaan Akhlak Islami. Bandung: CV Pustaka Setia
Kertamuda, F. (2015). Pendekatan Personal Seorang Pendidik. Jakarta: Universitas Paramadina.
Khusaeri, A. S. (2012). Metode Islam dalam Membina Akhlak Remaja. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Mutiawati. (2018). Bimbingan Islam terhadap Karakter Anak dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi. Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan Vol.4, 80.
Nata, A. (2010). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rakhmawati. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol.6 No.1, 3.
RI, D. A. (2011). Kurikulum Pendidikan TPA/TPQ Cet II. Jakarta: CV Kathoda.
Rosdiatun. (2018). Model Implimentasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caramedia Communication.
Sabi'ati, A. (2018). Penanaman Ahlaqul Karimah Melalui Metode Pembiasaan dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Falahul Mukminin 01 Padaan Semarang. Thufula Vol.6 No.1.
Satori Diaman, d. (2008). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Silvia Anggraini, J. S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SDN Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha Vol.7 No.3, 223.
Syarmuddin, A. (2006). Panduan Kurikulum Dan Pengajaran Taman Kanak-kanak dan Taman Pendidikan Al-Qur'an(TPA). Palembang: LPTK BKPRMI Sumatra Selatan.
Zahruddin. (2004). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo.
Zuhairini. (1994). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara.
Published
2022-08-02