STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT AR-RAHMAH

  • Sulaeha Sulaeha MTS S.Hasan Yamani Campalagian Polman
Keywords: Strategi Guru, Kurikulum, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Ar-Rahmah Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentuHasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPIT Ar-Rahmah Makassar, guru menempuh beberapa strategi yaitu; strategi pada proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ceramah. Dalam proses belajar pada masa Pandemi Covid 19, guru melakukan pembelajaran jarak jauh secara online dengan menggunakan media aplikasi google meet. Materi dibuat dalam bentuk presentasi power point atau konten video, lalu dibagikan lewat media whatsapp. Strategi lain yang digunakan yakni melibatkan peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler di sekolah Disamping itu, guru juga melakukan penugasan terhadap peserta didik agar merek terbiasa mengamalkan materi yang telah diberikan seperti praktik salat berjamaah. Untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran,  guru melakukan evaluasi secara berkala. Kedua, faktor pendukung dari peningkatan mutu pembelajaran yaitu letak strategis sekolah yang sehingga memudahkan akses menuju fasilitas pendukung pendidikan. Disamping itu, sekolah juga dilengkapi dengan saran dan prasarana yang lengkap. Faktor pendukung lainnya, bahwa mayoritas peserta didik berasal dari keluarga sejahtera. Sedangkan, faktor penghambat yaitu kemampuan peserta didik yang tidak merata.

References

Abubakar, A. (2019). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum SMP Islam Terpadu Al Fahmi Palu. Jurnal Al-Qalam, 25(1).
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Rajawali Press.
Aji Sofanuddin dan Mukhtaruddin. (2019). Karakteristik Kurikulum pada Sekolah di Bawah Jaringan Sekolah Islam Terpadu: Studi pada SMPIT Insan Kamil Karanganya. In Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu. Arti Bumi Intaran.
Et.al., E. N. (2020). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2).
Et.al., R. M. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Islam Terpadu Asy-Syadzili Pakis Malang. 6(2).
Hendra Kurniawan dan Fauziah Nur Ariza. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep dan Implementasi. Ittihad, IV, 83.
Maisah, M. Y. dan. (2012). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Munawir, A. M. dan. (2017). Pengembangan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Imtiyaz.
Rijal, F. A. T. dan M. (2018). Profesionalitas dan Mutu Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sallis, E. (2012). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. IRCisoD.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Ekspoloratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.
Sulistyorini, M. F. dan. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Teras.
Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2).
Suprihatiningrum, J. (2016). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media.
Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam (II). Rosdakarya.
Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.
Published
2022-08-02