IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 KARANGANYAR
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk (1) mendeskripsikan implementasi e-learning di masa pandemi Covid-19; (2) mengidentifikasi permasalahan pembelajaran di masa pandemi Covid-19; dan (3) menjelaskan solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar. Studi kasus ini dilaksanakan pada semester genap, bulan Maret sampai dengan Juni tahun 2020. Sumber data penelitian berupa artefak dan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis dokumen, wawancara mendalam, dan diskusi terpumpun. Teknik analisa data menggunakan Interactive model technique. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) platform yang digunakan dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar adalah e-learning dengan variasi whatsapp, e-learning madrasah, google classroom, google form, google meet, dan zoom meet; (2) kesulitan akses signal dan penguasaan TIK merupakan masalah utama yang dihadapi siswa, orang tua, dan guru; (3) solusi yang diambil dalam pemecahan masalah adalah dengan penerapan blended learning. Untuk itu, agar pembelajaran di masa dan pasca pandemi bisa lebih efektif disarankan untuk menerapkan blended learning.
References
Alghizzawi, M., Habes, M., Salloum, S. A., Ghani, M. A., Mhamdi, C., & Shaalan, K. 2019. The effect of social media usage on students’e-learning acceptance in higher education: A case study from the United Arab Emirates. Int. J. Inf. Technol. Lang. Stud, 3(3), 13-26.
Astini, N. K. S. 2020. Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255
Garner, R., & Scott, G. M. (2013). Doing qualitative research: designs, methods, and techniques. Pearson Education.
Kemenkes. 2020. Panduan pelayanan kesehatan balita pada masa tanggap darurat COVID-19. Kemenkes. Kemenkes RI
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No. 01/KB/2021, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.01 /Menkes/363/2020, dan No. 440-882 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di masa Covid-19
LPPKS. 2020. Panduan Kerja Kepala Sekolah Dimasa Pandemi COVID-19 Buklet.Kemdikbud.
Pusptasari, Dewi. 2020. Praktik Baik Pembelajaran di Rumah bagi Guru dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Inggris (e-book). Jakarta: Kemdikbud.
Sawitri. 2020. Penggunaan google meet untuk work from home di era pandemic coronavirus disease 2019 (COVID-19). Medan: Teknik Informatika Univesitas Harapan. http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161
Subhi. 2020. Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid 19. Edification Journal Pendidikan Agama Islam. http://www. https://jurnal.staibsllg.ac.id/
Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka Pencegahan Penye-baran Covid-19
Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI No 3 Tahun 2020 tanggal 9 Maret 2020 tentang instruksi pencegahan korona di satuan pendidikan.
Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: B-686.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/030/2020, 24 Maret 2020, tentang Mekanisme Pembelajaran dan Penilaian Madrasah Masa Darurat Pencegahan Penyebaran Covid-19
Utami, L. 2020. Implementasi E-Learing Sebagai Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di MAN 1 Karanganyar, Jurnal Pendidikan Waskita, 1(1), 54-63
World Health Organization. 2020. Modes of transmission of virus causing COVID-19: implications for IPC precaution recommendations: scien-tific brief, 27 March 2020 (No. WHO/2019-nCoV/Sci Brief/Transmis sion modes/2020.1)