MODEL PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI SANTRI DI PESANTREN

  • Sitti Radhiyah Ilyas S. MTs As'adiyah Puteri 1 Sengkang-Kementerian Agama Kab. Wajo
  • Husnul Fahimah Ilyas Badan Riset dan Inovasi Nasional
Keywords: Pesantren Al-Ikhlash Lampoko, pemberdayaan usaha ekonomi, pembinaan dan keterampilan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menarasikan model pemberdayaan usaha ekonomi di pondok pesantren. Pola Pemberdayaan yang dilakukan mencakup dua hal yaitu: pertama pemberdayaan penguatan ekonomi internal untuk menopang dan menunjang keberlangsungan pesantren; kedua pembekalan bagi santri memasuki dunia usaha setelah tamat di pesantren. Lokus penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash (PPMA) Lampoko, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Jenis studi ini bersifat kualitatif dengan mendeskripsikan data primer dan data sekunder yang dikumpulkan kemudian dinarasikan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan stake holder Kementerian Agama, tokoh masyarakat, tenaga pengajar, pelaku usaha ekonomi yang menjadi mitra PPMA, melakukan observasi dan dokumentasi, serta studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa program yang dilakukan di PPMA yang menekankan pada program pemberdayaan usaha ekonomi santri pada soft skill, life skill, dan hard skill. Penguatan soft skill yang dilakukan bertujuan memberikan peluang kepada santri untuk mengembangkan keterampilan intra dan inter personalnya yang dapat mengembangkan dan memaksimalkan kinerjanya. Penguatan life skill bertujuan bagaimana mereka beradaptasi dan menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi di dunia usaha sehinga tetap survive, dan hard skill adalah keterampilan yang diajarkan dan dikembangkan melalui pendidikan formal yang terintegrasi dengan mata pelajaran tertentu, kemudian di kembangkan dalam pelatihan dan praktik di tempat unit usaha yang dimiliki PPMA. Ketiga penguatan ini penting diajarkan agar menjadi bekal santri PPMA setelah tamat dan dapat mendirikan usaha serta membuka peluang tenaga kerja.

References

Alma. 2000. Panduan Kuliah Kewirausahaan. Bandung: Alvabeta.
Anwar, Ali. 2011. Pembaruan Pendidikan Di Pesantren Lirboyo Kediri. Jogjakarta: Pustaka pelajar dan IAIT Press.
Asrohah, Hanun. 1999. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kalimah.
Azra, Azyumardi. 2001. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Ciputat: Penerbit Kalimah.
Badan Litbang dan Diklat Kemenag, 2012. Pergeseran Orientasi Pendidikan Pesantren di Indonesia. Jakarta. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
--------------. 2012. Dinamika Pendidikan Pesantren di Indonesia. Jakarta Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Badruzzaman. 2012. “Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Pada PPM Al-Ikhlash” dalam Spektrum Pendidikan Agama & Keagamaan. Makassar: Kreatif Lenggara.
Bakri, Masykuri. 2009. Dekonstruksi Jalan Terjal Pembangunan Negara Dunia Ketiga, Perspektif Pendidikan, Pemberdayaan Dan Pelayanan Publik. Surabaya: Visipress Media.
Damihartini dan Jahi. 2005. “Peranan Kelembagaan dalam Pengembangan Agribisnis”, Pamator, Volume 2 Nomor 1. 2005.
Data base PPM Al-Ikhlash tahun 2014.
Dhafier. 1994. Tradisi Pesantren Study Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
TM, Fuaduddin. Edukasi, Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Volume 5, Nomor 4. Oktober-Desember 2007.
Haedari, HM. Amien. 2010. Pesantren dan peradabn Islam. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Huda, Miftahul. 2007. Aspek Ekonomi dalam Syariat Islam. Mataram: LKBH.
Huraira. 2008. Pengorganisasi Dan Pengembangan Masyarakat: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerarakyatan. Bandung:Humaniora.
Kadir, Shaifuddin. 2008. Membelah Ombak, Menembus Gunung. Polman Sulbar: Yayasan Pendidikan Pesantren Al-Ikhlash Lampoko-Campalagian.
Kusnadi. 2006. Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung:Humaniora. Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Santri (LPES) Pusat diakses Juni 2012.
Madjid, Nurcholis. 2010. Tanpa Tahun. Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta: Dian Rakyat dan Paramadina.
Maimun dan Subki. 2007. “Modernisasi Pengelolaan Pendidikan Pesantren (Studi Kasus di Pondok pesantren Nurul Haramain Putri Narunda” dalam Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 3, No. 2. Juni 2007.
Mansyur dan Junaedi, Mahfud. 2005. Rekonstruksi Sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Departemen Agama Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Mastuhu. 2006. Reposisi Madrasah Dalam Konteks Pasar Global. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan keagamaan Balitbang dan Diklat Departemen Agama RI.
Masykuri. 2009. Dekonstruksi Jalan Terjal Pembangunan Negara Dunia Ketiga, Perspektif Pendidikan, Pemberdayaan Dan Pelayanan Publik. Surabaya: Visipress Media.
Murtado wib.http:/www.balitbag_diklat. Kemenag.go.id. diakses 15 Juni 2014.
Profil Singkat Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash 2014.
Qomar, Mujamil. 2010. “Pengembangan Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Perubahan Sosial” dalam Jurnal Edukasi Volume 8, Nomor 1, Januari – April. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Renstra Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Tahun 2010-2014.
Rimbawan, Yoyok. 2012. “Pesantren Dan Ekonomi Kajian Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Darul Falah Bendo Mungal Krian Sidoarjo Jawa Timur” dalam Makalah Conference Proceedings Annual Internasional Conference on Islamic Studies (AICIS XII).
Soetomo. 2013. Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sriharini. 2003. “Pondok Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat” dalam Jurnal PMI Media pemikiran Pengembangan Masyarakat.
Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Supa’at. “Paradigma Baru Pengelolaan Madrasah” dalam Jurnal; Kependidikan Islam Vol. 3 No. 1. Januari-Juni 2008.
Suratul Ilmiyah, diakses Juni 2014.
Umiarso dan Nur Zazin. 2011. Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: Rasail.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.
Wahid, Abdurrahman. 2007. Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan. Jakarta: The Wahid Institute.
Zubaedi. 2004. Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-08-02