EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI MTs NEGERI 1 MAKASSAR

  • Zulfikah Nur Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar
Keywords: efektivitas pembelajaran, media online, teknologi dan imformasi

Abstract

Perubahan suasana dan kondisi pembelajaran pasca pandemi covid-19 menarik untuk dikaji dan sekaligus menjadi bahan evaluasi pembelajaran. Aktivitas sosial masyarakat mulai normal, termasuk dunia pendidikan. Lembaga pendidikan mulai manata kembali kurikulum menuju kodisi seperti sediakala sebelum pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran efektivitas pembelajaran pasca pandemi covid-19 di Madrsah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dan wawancara mendalam. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Makassar. Analisis data meliputi pengorganisasian data, kategorisasi data, dan menginterpretasi sesuai dengan pemaknaan. Efektivitas pembelajaran pada MTs Negeri 1 Makassar tidak terlepas dari kemampuan guru dalam memberikan pembelajaran dan mengelola kelas, serta dukungan media online. Pelaksanaan belajar bagi peserta didik dan tugas-tugas belajar masih menggunakan aplikasi whatsapp grup  dan e-learning madrasah. Pembelajaran dilakukan dengan memberikan  tema besar  dan dijelaskan secara umum kemudian siswa diberikan keleluasaan  untuk mengembangkan melalui buku cetak atau dukungan media online (pembelajaran tertentu). Pembelajaran ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan nalar dan kreativitas siswa. Penilaian yang dilakukan oleh guru untuk melihat efektivitas pembelajaran, meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

References

Agustin, Tirza Luthfia Lailitsani. 2020. “DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DENGAN WHATSSAPP GROUP PADA PRILAKU KREATIF SISWA (Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas IV SD Terangmas Undaan Kudus).”
Bilfaqih, Yusuf, and M Nur Qomarudin. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring: Panduan Berstandar Penyusunan Materi Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish.
Chaeruman, Uwes Anis. 2017. “ALUR BELAJAR: MENINGKATKAN INTERAKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING.” In Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi, 1–10.
Darmawan, James, Irwan Harnoko, and Mario Alvine. 2020. “MENILIK METODE PEMBELAJARAN DARING DARI HUNGARIA YANG MENGHASILKAN KARYA POSTER KARAKTER AUGMENTED.” JTD: Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Desain Institut Sains Dan Tekonologi Pradita 1 (2): 55–63.
Firmansyah, Yudi, and Fani Kardina. 2020. “PENGARUH NEW NORMAL DITENGAH PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGELOLAHAN SEKOLAH DAN PESERTA DIDIK.” Jurnal Buana Ilmu 4 (2): 99–112.
Firyal, Rifa Afiva. 2020. “Pembelajaran Daring Dan Kebijakan New Normal Pemerintah.”
Hermawati, Yekti. 2018. “Kontribusi Fasilitas Studi Rumah, Pembelajaran Motivasi Dan Pendidikan Orang Tua Pada Hasil Belajar Siswa Matematika Sekolah Menengah.” Wiyata Darma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 6 (2): 187–94.
Herwanto, Sri, and Dwi Hatmo. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11 (2): 115–22.
Hikmah, Afroh Nailil, and Ibnu Chudzaifah. 2020. “Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84.
Irhandayaningsih, Ana. 2020. “Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal ANUVA 4 (2): 231–40.
Kahfi, Martin, Yeli Ratnawati, Wawat Setiawati, and Asep Saepuloh. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (1): 84–89. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1636.
KHAYAT, ZAENAL. 2021. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MTs NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1 (1): 1–10. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.162.
Kusumadewi, Rida Fironika, Sari Yustiana, and Khoirotun Nasihah. 2020. “MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI DAMPAK COVID-19 DI SD.” JRPD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 2 (2): 7–13.
Lakoriha, Rizki Pietres, Hans F Wowor, and Sary D E Paturusi. 2019. “Pengembangan Sistem Pengelolahan Pembelajaran Daring Untuk Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Teknik Informatika 14 (1): 1–6.
Mastur, Muhammad, Mohammad Afifulloh, and Lia Nur Atiqoh Dina. 2020. “UPAYA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19.” JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2 (3): 72–81.
Megawanti, Priarti, Erna Megawati, and Siti Nurkhafifah. 2020. “PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PJJ PADA MASA PANDEMI COVID 19.” Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7 (2): 75–82.
Mustakim. 2020. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA.” Al Asma: Journal of Islamic Education 2 (1): 1–12.
Novitasari, Dian. 2016. “Pengeruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 02 (02): 8–18.
.
Pudyastuti, Aruming Tias, and C. Asri Budiningsih. 2021. “Efektivitas Pembelajaran E-Learning Pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1667–75. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873.
Puspitasari, Euis. 2016. “Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3 (1): 25–40. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/324.
Rahayu, Setyani Budi. 2016. “PENGEMBANGAN MODEL DIKLAT GURU SOSIOLOGI SMA TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY BERBANTUAN CD INTERAKTIF.” Jurnal Kelola 3 (1): 131–47.
Ridwan. 2020. “Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK.” JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan 3 (1): 36–49.
Rimbarizki, Rimbun, and Heryanto Susilo. 2017. “PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C VOKASI DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ( PKBM ) PIONEER KARANGANYAR.” EJournal UNESA, 1–12.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6 (1): 214–24.
Santika, I Wayan Eka. 2020. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” IVCEJ: Indonesian Values and Character Education Journal 3 (1): 8–19.
Sukarni, Sukarni. 2018. “Kontribusi Pembelajaran Disiplin Belajar , Fasilitas Belajar Di Rumah , Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Ilmu Pengetahuan Alam.” Wiyata Darma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 6 (1): 92–101.
Tayibu, Nur Qalbi, and Andi Nurul Faizah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10 (1): 117–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728.
Widyanti, Tyas, and Irdhan Epria Darma Putra. 2020. “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SENI BUDAYA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 PADANG.” EJurnal Sendratasik 9 (1): 15–21.
Yakobus. 2020. “STRATEGI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MULTIMEDIA DI SMA NEGERI 1 MENJALIN KABUPATEN LANDAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT.”
Pamungkas, Aan Subhan, Ihsanudin Ihsanudin, Novaliyosi Novaliyosi, and Indhira Asih Vivi Yandari. 2018. “Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (2): 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705.
Puspitasari, Euis. 2016. “Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3 (1): 25–40. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/324.
Published
2022-08-02