IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA SD KATOLIK MUDER TERESA KOTA KUPANG

  • Gaspar Tokan Kementerian Agama Provinsi NTT
Keywords: Pendidikan Karakter,, Moderasi, Agama,, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan karakter berbasis moderasi beragama padaanak harus dimulai sejak awal pada usia emas, karena usia dini adalah masa yang tepat untuk memberikan landasan karakter moderat. Penelitian ini membahas mengenai kondisi di SD Katolik Muder Teresa serta perannya dalam memberikan pendidikan karakter mengenai moderasi beragama di lingkungan instansi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan sedikit penggambaran bahwa pengajaran tentang moderasi beragama dapat dimulai sejak anak masih berusia dini. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan tinjauan pustaka. Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik yang terhimpun dari berbagai agama dapat dijadikan perantara pemberian pendidikan karakter khususnya terkait moderasi beragama. Pihak sekolah sadar bahwa pengajaran yang paling efektif adalah melalui pembiasaan. Peserta didik yang terbiasa dengan perbedaan dalam keyakinan beragama dapat menghargai pilihan masing-masing pribadi. SD Katolik Muder Teresa dapat dikatakan berhasil dalam memberikan pendidikan karakter pada Anak Usia Dini mengenai kebebasan untuk memeluk agama dan menjalankan ibadah ataupun perayaan sesuai ketetapan agama yang dianutnya tanpa mengganggu proses sosialisasi, aktualisasi diri, dan asimilasi dalam hidup bermasyarakat. 

References

Abidin, A. Z. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik 2(5), 729-736.

Agung, & Maulana, M. A. (2022). Revitalisasi Pengembangan Moderasi Beragama pada Era Digital di Indonesia. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1), 524-529.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak 6(2), 203-213.

Darmayanti, & Maudin. (2021). Pentingnya Pemahaman dan Implementasi Moderasi Beragama dalam Kehidupan Generasi Milenial. Syattar 2(1), 40-51.

Estini, D. G. (2015). Aktualisasi Pemikiran Jean Piaget dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Suatu Kajian Teoritis). Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V (pp. 113-117). Buleleng: Universitas Pendidikan Ganesha.

Fadilla, R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Thomas Lickona pada Anak Usia Dini. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Farmawaty, W. (2021). Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Educating for Character Karya Thomas Lickona untuk Menumbuhkan Karakter Religius. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al￾Ta'dib 8(2), 50-69.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini 7(2), 49-57.

Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling. Konferensi Pendidikan Nasional "Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital" (pp. 109-114). Bantul: Universitas Mercubuana Yogyakarta.

Idris, M. (2019). Pendidikan Karakter : Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(1), 77-102.

Kamal, A. (2022). Politik Moderasi Beragama di Indonesia di Era Disrupsi: Menuju Dialog Spiritual￾Humanis. Moderate El-Siyasi 1(1), 40-57.

Prasetio, D. E., & Huda, M. A. (2022). Urgensi Pembelajaran Moderasi Beragama Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Yaspira Ngambon Bojonegoro Jawa Timur. JSG: Jurnal Sang Guru 1(1), 28-34.

Rahma, A., & Marhumah. (2019). Metode Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Darajat dan Thomas Lickona). J-Sanak Jurnal Kajian Anak 1(1), 111-123.

Salam, A., Ikhwanuddin, & Jamilah, S. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pelangi 4(1), 72-82.

Saputera, A. R., & Djauhari, M. S. (2021). Potret Pengarusutamaan Moderasi Gaspar Tokan 228 Beragama di Gorontalo. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama 1(1), 41-60.

Sari, A. K., Siregar, A. R., Suratna, A. A., Safitri, D., Nugraha, F. M., & Harahap, E. W. (2021). Moderasi Beragama dalam Menjaga Keragaman Budaya Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(4), 91-95.

Siagaian, F. (2022). Ucapan Yesus tentang "Berbahagialah" dalam Matius 5:1- 12 sebagai Spirit Moderasi Beragama. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 8(1), 243-251.

Suparno, P. (2001). Psikologi Perkembangan Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak 1(1), 1-10. Tomas Lastari Hatmoko, Yovita Kurnia Mariani Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK), Vol. 22 No. 1, April 2022

Zubaidah. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Madaniyah 2(11), 260-275.

Zulkarnain. (2015). Pendidikan Kognitif Berbasis Karakter. Tasamuh 12(2), 189-203.
Published
2022-11-25