PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 4 WAJO

  • Hasnawati Hasnawati AGPAII Sulsel
  • Netti Netti AGPAII Sulsel
Keywords: Pembelajaran, Berdiferensiasi,, Kreativitas Siswa

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan tindakan yang dilakukan guru di kelas yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan setiap siswa, sehingga kebutuhan setiap anak dapat terpenuhi secara menyeluruh, karena pembelajaran dikaitkan dengan minat, profil belajar dan kesiapan siswa sehingga tercapai peningkatan kreativitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kreativitas dengan menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran PAI setelah penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi di SMAN 4 Wajo serta langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif fenomenologi yang data-datanya diperolah melalui observasi, wawancara dan dokumen. ditemukan seperti data tulisan, lisan dari informan serta observasi dari prilaku-prilaku yang diamati, Hasil penelitian menunjukkan; terdapat peningkatan kreativitas pada siswa, saat belajar pendidikan agama Islam setelah diterapkannya strategi pembelajaran berdiferensias, karena terbukti siswa memiliki kemampuan berfikir kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat dan daya imajinasinya tinggi Adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu, 1) mendefinisikan tujuan pembelajaran dengan jelas, 2)memenuhi kebutuhan murid dengan melakukan pemataan kebutuhan murid sebelum membuat RPP, 3)menciptakan lingkungan belajar yang mengundang siswa untuk belajar, 4)manajemen kelas yang efektif, 5)penilaian dilaksanakan secara berkelanjutan 

References

Andi Darma Wati. (2022). Literasi Sekolah Penggerak Pendidikan Indonesia. Makassar: Sofia CV Loe.

Banggur, M. D. (2020). Blended Learning: Solusi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3, No.1, 22-29.

Campbell, D. (2017). Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Educandum: Volume 8 Nomor 2 November 2022 241 Mangunhardjana. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Dewi, S. S. (2018). Kecerdasan Emosional dalam Tradisi Upa-Upa Tondi dapa Etnis Mandaling. Jurnal Antropologi Sosial Budaya, https://jurnal.unimed.ac.id/2012/ind ex.php/antrophos/article/view/10039 Fahruddin, F. (t.thn.).

Fahruddin, F. (2021). Pengembangan Daya Kreatif melalui Dunia Sekolah. Jurnal pendidikan ISSN: 2548-5105, Jurnal Pendidikan ISSN: 2548-5105. Vo https://search. yahoo.com/search?fr= mcafee&type=E210US885G91369 &p=Pengembangan+Daya+Kreatif+ Melalui+Dunia+Sekolah%E2%80% 9D .

Hasnawati, (2021) Pola Penerapan Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Dididk Di SMAN 4 wajo" Parepare IAIAN Parepare

Hermawan, H. (2006). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV. Citra Praya.

Kebudayaan, K. P. (2020). Mmenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembeajaran Berdiferensiasi di Sekolah. Padang: PLB FIP UNP.

Maryam, A. S. (2021, Februari 9). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Guru Berbagi. Dipetik Agustus 11, 2022, dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.g o.id: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.g o.id/artikel/stategi-pelaksanaanpembelajaran-berdiferensiasi/

Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 141-147.

Natalia, K., & Sukraini, N. (2021). Pendekatan Konsep “Merdeka Belajar” Dalam Pendidikan. (hal. 22-34). Palangkaraya: Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya.

Sinurat, T. (2021). Buku Pelajaran Daya Kreativitas. JFakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan, http: //digilib.unimed.ac.id/421/1/Fulltext .pdf. Tingkos Sinurat. (t.thn.). Buku Pelajaran Daya Kreativitas. Tomlinson dalam modul Guru Pengerak. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud.

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in MixedAbility Classrooms. Upper Saddle River NJ: Pearson Education. Triatna, C., & Kharisma, R. (2008). EQ Power Panduan Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Bandung: CV. Citra Praya.

Sarah Wulan Sari, Surya Rahma Labetun, (2022) Efektifitas Pemanfaatan Media Kuis Kahoot dalam meningkatkam Hasil Belajar di SMK Kartika XX-1Makassar, Educandum Volume 8 edisi I, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/6 96 Sulaeha, (2022)Strategi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT AR-Rahmah, Educandum: Volume 8 Nomor 1 , Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, file:///C:/Users/Master%20Com/Do wnloads/699-Article%20Text-989- 1-10-20220802%20(1).pdf
Published
2022-11-25