PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA CARA WUDHU BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR

  • Muh Al amin Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
  • Muhammad Ikhsan Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulsel
  • Muhammad Salman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros
Keywords: Pengembangan, Android, Smart App, Creator, Media, Pembelajaran,, Wudhu

Abstract

Penerapan teknologi dalam pembelajaran abad 21 menjadi hal yang harus dilakukan oleh guru sehingga pembelajaran harus dilakukan secara interaktif, kreatif dan inovatif untuk mewujudkan pembelajaran yang tidak membosankan dan menjadi menarik. Guru harus mempunyai konsep pembelajaran dengan media yang selaras dengan pembelajaran abad 21, android merupakan salah satu alternatif konsep aplikasi untuk penerapan dalam media pembelajaran. Menguji, mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yang didesain untuk berjalan di sistem operasi android dengan bahan ajar tata cara wudhu merupakan tujuan dilaksanakannya penelitian ini. observasi dan studi pustaka merupakan proses pengumpulan data pada penelitian ini , waterfall dipilih menjadi metologi serta pemodelan Unified Modeling Language (UML) dalam tahap proses perancangan. Perancangan media pembelajaran tersebut menggunakan Smart Apps Creator. Dengan aplikasi tersebut diharapkan proses pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi android lebih praktis, meskipun tidak menggunakan kode program dan mengurangi biaya pembuatan. Setelah dilakukan pembuatan aplikasi, seluruh fungsi yang telah dibuat diuji menggunakan Black Box. Setelah melakukan pengembangan menggunakan aplikasi Smart Apps, penelitian ini menyajikan hasil yaitu sebuah aplikasi media pembelajarn interaktif android yang mudah digunakan, dengan sumber daya multimedia seperti gambar, video, audio, menyajikan tampilan antarmuka yang menarik, serta memberikan informasi dan konten yang familiar dengan pengguna yang mengakses aplikasi, sehingga siswa siswa mampu mengenal proses dan tata cara berwudhu dengan mudah dan mampu menyerap materi secara maksimal.

References

Anita Adesti, and Siti Nurkholimah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi.” Edutainment 8(1):27–38. doi: 10.35438/e.v8i1.221.

Cholifah, Wahyu Nur, Yulianingsih Yulianingsih, and Sri Melati Sagita. 2018. “Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap.” STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 3(2):206. doi: 10.30998/string.v3i2.3048.

Dr. Syarifuddin, M. P., and M. P. Eka Dewi Utari. 2022. MEDIA PEMBELAJARAN (DARI MASA KONVENSIONAL HINGGA MASA DIGITAL). Bening Media Publishing.

Magfirah, Titing, Riyadh Arridha, Sesilia Lanja, and Nuryanti Rumanama. 2022. “Android-Based English Teaching Material Application at State Polytechnic of Fakfak.” Sinkron 7(1):136–46. doi: 10.33395/sinkron.v7i1.11208.

Maiyana, Efmi, Managemen Informatika, Jln By, and Pass Simpang. 2018. “PEMANFAATAN ANDROID.” 1:54–67.

Makawoka, Natasya, Femmy M. .. Tulusan, and Very Londa. 2021. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Manado.” Jap VII(107):99–107.

Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8(2). doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.

Rauf, Alfira. 2022. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART APPS CREATOR (SAC) DI SMPN 12 BULUKUMBA.” Univeristas Muhammadiyah Makassar.

Suendri. 2018. “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan).” 6341(November):1–9. u-Smart Technology Co., Ltd. 2022. “Smart Apps Creator.” Retrieved (https://smartappscreator.com/).

Wulan Sari, Sarah, and Surya Rahmah Labetubun. 2022. “Efektivitas Pemanfaatan Media Kuis Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Smk Kartika Xx-1 Makassar.
Published
2022-11-25