MEMBANGUN BUDAYA LITERASI SISWA MELALUI GERAKAN SATU ANAK SATU AKSI (GASAK) DENGAN PENDEKATAN INSPIRATIF
Abstract
Gerakan Satu Anak Satu Aksi (GASAK) adalah gerakan literasi sesuai potensi siswa dengan pendekatan inspiratif dari pendidik dan tenaga kependidikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan budaya literasi siswa melalui program GASAK dengan pendekatan inspiratif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk menemukan, atau mencari kebenaran dari sebuah dugaan dalam proses pembelejaran yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program GASAK dapat menumbuhkan budaya literasi siswa dengan pendekatan inspiratif, yang juga berdampak pada prestasi siswa SDN 45 di Kota Parepare. Impilikasi praktis dengan diimplementasikanya GASAK dibutuhkan program tindak lanjut yang akan dilaksanakan untuk mengoptimalkan pencapaian budaya literasi siswa secara derastis, meminimalisasi kendala yang muncul, menularkan program ini kepada sekolah lain yang memiliki masalah yang sama, dan mempromosikan gerakan satu anak satu aksi sampai pada tahap meningkatkan percaya diri siswa tampil di depan umum.
References
Abd. Samad Baso, Syamsuriah. Manajemen perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur‟an Al-Imam Ashim Makassar. (Educandum: Volume 8 Nomor 1 Juni 2022)
Habibi Muhammad. 2009. Cerdas dan Cergas Merancang Sukses Diri. Jakarta: PT. Tiga Serangkai.
Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press N
Jone Stoke, 2012. Inspirasi Sukses (terjemahan) . Yogyakarta: Bentang
Lansing, Easth .2014. Nonformal Education and Rural Development : Michigan State University
Mushaf Maghfirah Qs Al alaq ; 1 2006
Tarigan, Henry, Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dan Budaya Literasi di Sekolah KepmendikbudRistek No. 162 Tahun 2021. Program Sekolah Penggerak sebagai model satuan pendidikan bermutu adalah program Kemendikbud dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
Siti Partimah Fakar, Ummul Khair. 2019. “Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup.” ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia 2(2): 113.
Sutaryono, Sutaryono, and Fitria Dwi Prasetyaningtyas. 2020. “Penanaman Sikap Inspiratif Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(2): 179–86.
Windayana, Husen. 2015. “Action Research.” Peneltian Tindakan Sekolah 28(5): 311.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Ekspoloratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.
-------- (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wulandari, R. (2015). Kompilasi super cerita motivasi : 146 kisah inspiratif untuk membangkitkan semangat hidup. Yogyakarta: Mitra Buku.
Siti Partimah Fakar, Ummul Khair. 2019. “Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup.” ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia 2(2): 113.
Sutaryono, Sutaryono, and Fitria Dwi Prasetyaningtyas. 2020. “Penanaman Sikap Inspiratif Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(2): 179–86.
Windayana, Husen. 2015. “Action Research.” Peneltian Tindakan Sekolah 28(5): 311.