PENERAPAN GOAL ORIENTED EVALUATION MODEL PADA PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Pelatihan modul ajar merupakan agenda penting dalam implementasi kurikulum merdeka. bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pelatihan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi yang mengadobsi metode yang dikembangkan oleh Tyler dengan langkah-langkah 1) Penetapan tujuan umum kegiatan, 2) Mengklasifikasikan tujuan, 3) Merumuskan Tujuan, 4) Menentukan waktu pencapaian tujuan, 5) Memilih dan mengembangkan teknik penilaian yang tepat, 6) Mengumpulkan data dan 7) Menganalogikan atau membandingkan data dengan tujuan. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokuemntasi dan pretest dan post-test, dan juga telaah dokumen terhadap modul ajar yang dihasilkan oleh para peserta kegitan. Adapun jumlah peserta terdiri dari 243 orang guru pendidikan agama Kristen yang dijadikan sebagai sample dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selamam proses pelatihan mulai 29 Juli – 03 Agustus 2022. Seluruh data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menyusun modul ajar. Dengan demikian disimpulkan bahwa pelatihan telah berhasil dilaksanakan karena peserta mampu menghasilkan modul ajar pada akhir kegiatan sesuai dengan ketentuan Kemendikbud
References
Ambarita, J., & Siahaya, A. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Multimedia Interaktif. Jurnal Leecom, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37715 /leecom.v2i2.1595
Ambarita, J., & Yuniati, E. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Dengan Metode Syncronous Dan Asyncronous. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 64–82.
Ambarita, J., Yuniati, E., & Sinaga, N. (2020). Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia Terhadap Pembelajaran Online Di Tengah Covid-19 Dan Era Industri 4.0. Jurnal Shanan, 4(2), 1689–1699.
Anas Sudijono. (2005). Prinsip-Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Bumi Aksara.
Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.624
Bagya. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka.
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019
Dewi, N. N. (2021). Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 355. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.35 5-366.2021
Dirjen GTK Kemdikbud. (2020). Peraturan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan No. 6565/B/GT/2020 tentang Model Kompetensi dalam Pengembangan Profesi Guru. 021.
Dunggio, M. (2013). Semangat Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 523–533.
Fransina. (2021). Coaching Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Tual.
Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis selama Masa Pandemi Covid- 19 dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1784
Jusuf, D. I. (2022). Analysis of Consumer Behavior on Buying Decision at the Online Shop, Easy Shopping Indonesia. Majalah Ilmiah UNIKOM, 19(2), 97–104. https://doi.org/10.34010/miu.v19i2.63 89
Kemdikbud.go.id. (2021). Program Sekolah Penggerak. Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://sekolah.penggerak.kemdikbud. go.id/programsekolahpenggerak/
Kemdikbud.go.id. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Https://Kurikulum.Gtk.Kemdikbud.Go .Id/. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/
Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Www.Kemdikbud.Go.Id, 022651, 9. https://www.kemdikbud.go.id/main/bl og/2020/08/kemendikbud-terbitkankurikulum-darurat-pada-satuanpendidikan-dalam-kondisi-khusus
Khaerunnisa, & Suryanti, R. (2020). Evaluation of Jajar Legowo Super System Field School using Tyler Method. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 15(2), 44–55. https://doi.org/10.51852/jpp.v15i2.455
Khairi, M. Y. (2021). Evaluasi Learning Penyelenggaraan Pelatihan Jarak Jauh Tata Naskah Dinas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Oleh Balai Diklat Keagamaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan. https://ejournal.kompetif.com/index.ph p/diklatreview/article/view/539
Kompas.com. (2019). Naskah pidato sesuai pengucapan Presiden Joko Widodo di depan Sidang Paripurna MPR RI. Kompas.Com. https://jeo.kompas.com/naskahlengkap-pidato-presiden-joko-widododalam-pelantikan-periode-2019-2024
Made. (2021). Guru Harus Miliki Kesadaran Profesional. Kompas Com. https://edukasi.kompas.com/read/2009 /10/07/1852268/~Edukasi~News
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/ bintang
Mahanal, S. (2017). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1(September 2014), 1–16.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.
Martono, S. (2022). Pembukaan Pelatihan Penyusunan Modul Ajar. Teh Obeng Channel.
Miles, M. B., & A Michael Huberman. (2010). Analisis Data Kualitatif. UI Press. Mulyana, A., Hidayat, S., & Sholih, S. (2013). Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 315. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.29 1
Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8.
Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1 .1644
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Rahman, F. (2022). Pengelolaan Pelatihan Yang Ramah Lingkungan. Journal Educandum, 8(1), 156. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/706
Restanti, D. K. (2022). Wawancara Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka.
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107– 117.
Seran, Y. (2022). Wawancara Pelatihan Penyusunan Modul Ajar.
Setyaningsih, S. B. D. (2019). Nadiem Makarim Sampaikan Pidato Hari Guru Nasional 2019 Melalui Video di Kemendikbud. Tribun News.Com. https://www.tribunnews.com/pendidik an/2019/11/25/nadiem-makarimsampaikan-pidato-hari-guru-nasional- 2019-melalui-video-di-kemendikbudsimak-pesannya
Siahaya, A., & Ambarita, J. (2021). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 67–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.327 29/edukasi.v19i1.851
Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk SDM Berkualitas. Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109–114.
Stapleton, S. R. (2021). Teacher participatory action research (TPAR): A methodological framework for political teacher research. Action Research, 19(2). https://doi.org/10.1177/147675031775 1033
Sujanem, R., Sutarno, E., & Aris Gunadi, I. G. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi Phet. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 11. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.174 85
Sylvia, I. L. A. (2022). Kurikulum Merdeka. Tukloy, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Tyler, R. (1950). Models of Teaching. Englewood Cliffs.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14. (2005). UNDANGUNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005.
Yunus, Y., Sefriani, R., Radyuli, P., Informatika, T., & Padang, U. P. I. Y. (2021). Pelatihan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Plk Fkip UPI Yptk Padang. 1(2), 68–72.
Yusri, Rosida, A., Jufri, & R, M. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. 2(2), 77–82.
Zega, I. (2022). Pelaksanaan kegiatan penyusunan modul ajar