PEMANFAATAN MEDIA ICT QUIZIZZ DALAM ASESMEN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Kasmawati Kasmawati SMA Muhammadiyah Sungguminasa
  • Emy Saelan Malewa UPTD SDN 65 Barru
Keywords: Media ICT, aplikasi, quizizz, Asesmen, Hasil Belajar

Abstract

Media ICT berbasis aplikasi quizizz adalah salah satu hasil inovasi dalam media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan asessmen pembelajaran. Tujuan penelitain ini berfokus pada upaya peningkatan nilai hasil belaajr peserta didik pada mata pelajaran PAI & BP melalui penggunaan media ICT berbasis aplikasi quizizz pada kegiatan asesmen di kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Sungguminasa. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap refleksi. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas 12 IPS yang berjumlah 22 orang dengan jumlah peserta 6 orang dan 16 peserta didik di SMA Muhammadiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Triangulasi sumber data dan metode adalah validitas data yang digunakan, sedangkan untuk analisis datanya memakai analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfataan media ICT berbasis aplikasi quiziz pada kegiatan asesmen dapat meningkatkan hasil belajar berdasarkan dua siklus I dan II, yang dibuktikan sebelum pemanfaatan media ICT berbasis aplikasi quizziz, nilai rata-rata hasil belajar yakni 65,09 meningkat menjadi 72,81. Sementara, yang terjadi pada siklus II, kenaikan rata-rata nilai hasil belajar dari 72,81 menjadi 85,72.

References

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Edisi kedua.Jakarta: Bumi Aksara.

Citra, C.A. dan Rosy, B. 2020. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizzz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Peserta didik Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(2): 261- 272.

Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru dari Pra-jabatan, Induksi, ke Professional Madani. Jakarta: Prenada Media.

Djamarah, S. B. 2006, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Herlina Pusparani : Media Quizizzz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI di SDN Guntur Kota

Cirebon Hasan.M.I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya

Kemendikbudristek, (2022), Panduan Pembeljaran dan Assesmen Pendidikan anak usia Dini, pendidikan dasar dan Menengah.

Muslich Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mundir, (2012). Statistik Pendidikan. Jember : STAIN Jember Press

Nana Sujana, (2019) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya).

Noor, S. 2020. Penggunaan Quizizzz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. 6(1): 1-7.

Priatna, T. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: CV. Insan Mandir.

Wibawa, R.P., Astuti, R.I., dan Pangestu, B.A. 2019. Smartphone-Based Application “quizizzz” as a Learning Media. Jurnal Dinamika Pendidikan. 14(2): 244-253.

Wulan Sari, Sarah, 2022, Efektifitas Pemanfaatan Media Kuis Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Kartka XX-1 Makassar. Jurnal Educandum Volume 8 Nomor.1 hal. 38 Yudhi Munadi, (2012), Media Pembelajaran, (Jakarta:GP Press)
Published
2022-11-25