https://blamakassar.e-journal.id/educandum/issue/feed EDUCANDUM 2024-03-31T07:41:53+00:00 Asnandar Abubakar, asnandaraja@gmail.com Open Journal Systems <p>Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan adalah jurnal yang menerbitkan hasil penelitian bidang pendidikan agama dan keagamaan yang awalnya hanya diterbitkan satu kali dalam setahun, sejak dimulai terbitnya pada tahun 2015.</p> <p>Namun setelah melakukan penyesuaian administrasi dan pembenahan struktur, maka Sejak tahun 2018, Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan Telah Terbit dua kali dalam setahun, yakni Pada Bulan Juni dan November setiap Tahunnya. &nbsp;</p> <p>Secara tipikal artikel ini terdiri dari kategori pesantren,madrasah,dan pendidikan agama di sekolah umum.&nbsp;</p> <p>Email: jeducandum@gmail.com</p> https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1049 IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF UNTUK ANAK USIA DINI 2024-03-31T07:25:16+00:00 Susilawati Muharram susilawatimuharram709@gmail.com Raodatul Jannah raodha_15@yahoo.co.id Darmawati Darmawati darmawati@iainpare.ac.id <p>Semakin canggihnya teknologi, memudahkan adanya akses terhadap berbagai hal, termasuk diantaranya adalah budaya dari berbagai Negara yang memungkinkan adanya pertukaran informasi dan kemampuan untuk mengadopsi teknologi dan pengetahuan dari Negara tersebut. Salah satu aspek penting untuk mendukung hal ini adalah Bahasa. Untuk menguasai suatu bahasa dapat diwujudkan melalui kebiasaan khususnya bagi anak usia dini. Sebab pada usia tersebut merupakan usia yang prima untuk perkembangan intelektual dan perkembangan kepribadian anak. Pada masa ini otak anak-anak akan mengingat berbagai informasi, terutama akan hal yang mereka sukai, termasuk diantaranya dalam hal belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana metode pembelajaran bahasa Arab efektif dalam proses belajar siswa pada Raudhatul Athfal Fatayat NU Parepare. Tujuan dari penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga metode pembelajaran (metode hafalan, metode permainan, dan metode nyanyian) yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru Raudhatul Athfal Fatayat NU terbukti efektif dalam mengembangkan pengetahuan anak. Hasil itu tercemin dari kemampuan siswa menghafal mufradat, kelancaran melafalkan huruf Arab, meningkatnya daya ingat, dan semakin tingginya kemampuan untuk berkreasi. Selain itu, metode ini dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar lebih banyak.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1048 PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN: MINAT PEREMPUAN ACEH KULIAH DI PERGURUAN TINGGI 2024-03-31T07:33:43+00:00 Meri Andani mery2304muis@gmail.com <p>Artikel ini mengkaji tentang minat perempuan Aceh kuliah di pendidikan perguruan tinggi. Selama ini perempuan dipandang rendah dalam hal intelektual dibanding laki-laki. Tetapi dewasa ini adanya peningkatan dan keunggulan perempuan di perguruan tinggi menunjukkan hal sebaliknya, bahwa perempuan secara intelektual lebih unggul dibanding laki-laki. Penelitian ini fokus kepada mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri yang memiliki jumlah mahasiswi lebih banyak dibanding mahasiswa. Selain jumlah, mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri secara kualitas intelektual juga lebih unggul dibanding mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan adalah pendekatan kualitatif naratif. Penulis melakukan observasi dan wawancara terhadap 5 mahasiswi STIT HAFAS dari berbagai kelas dan semester. Adapun rinciannya 2 orang dari semester III dan 3 orang dari semester V, alasan peneliti memilih semester III dan V yang kuliah di jurusan PAI, karena terhitung partisipan sudah lebih dari setahun kuliah kemudian data yang didapat dianalisis dengan pendekatan feminis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingginya minat perempuan Aceh untuk berkuliah di perguruan tinggi disebabkan oleh tiga faktor, pertama untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih mapan, kedua, melanjutkan pendidikan ketiga upaya untuk meninggikan derajat perempuan terdidik di tengah masyarakat. Hal ini yang mendorong perempuan lebih giat belajar di perguruan tinggi dibanding laki-laki.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1050 PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ZAKAT DI UPTD SD NEGERI 65 BARRU 2024-03-31T07:34:19+00:00 Emi Saelan Malewa Emisaelanmalewa.s.pdi74@gmail.com Muh. Al Amin daeng.ngawing@gmail.com <p>Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik kelas VI di UPTD SD NEGERI 65 Barru dengan menggunakan aplikasi Wordwall. PTK ini terdiri atas 2 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan; a) Pada siklus I, pemanfaatan aplikasi Wordwall, peserta didik belum terkategorikan dalam standar ketuntasan dalam pembelajaran. Rata rata nilai dari hasil pembelajaran adalah 70% dan ketuntasan klasikal 60%, setelah menggunakan aplikasi Wordwall, dan b) Siklus 2 terjadi peningkatan terhadap aktivitas peserta didik, dimana 18 orang dengan kategori aktif dalam proses pembelajaran dengan perolehan skor ratarata 90% dengan klasikal baik sekali, dan 20 orang peserta didik dengan ratarata skor 85% dan 90%. Adapun peserta didik dalam menjawab pertanyaan dengan kategori keaktifannya berada pada klasikal baik dengan rata-rata skor 75% atau 15 orang peserta didik. Sehingga implementasi dari aplikasi Wordwall mampu memberikan peningkatan pada minat belajar khususnya materi zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1051 EVALUASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR: APAKAH BERDAMPAK BURUK? 2024-03-31T07:34:47+00:00 Alamsyah Agit alamsyahagit@gmail.com Mujahidin Mujahidin didingmujahidin9@gmail.com Nurdiati Amiruddin nurdiatiamiruddin@gmail.com <p>Perkembangan teknologi yang cepat mendorong manusia untuk beradaptasi lebih cepat. Penggunaan teknologi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, membutuhkan penguasaan agar dapat digunakan dengan optimal. Transformasi digital terus terjadi, terutama selama pandemi COVID-19, yang memperkenalkan media pembelajaran baru dan mengharuskan guru dan murid beradaptasi dengan perubahan cara belajar. Selain itu, mudahnya akses teknologi, seperti melalui smartphone, memiliki dampak positif dan negatif, terutama dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan teknologi berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis asosiatif, yang berfungsi untuk melihat hubungan penggunaan teknologi dan efektivitas belajar, lokasi penelitian ini adalah MTs Ma’Had DDI Sidenreng Rappang, dengan jumlah partisipan sebanyak 27 orang yang merupakan guru pada sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi di satu sisi menjadikan siswa lebih kreatif, dan lebih mandiri serta lebih kritis dalam belajar, namun penggunaan teknologi yang berlebihan berdampak kondisi fisik siswa, yakni terdapat beberapa siswa yang kerap mengantuk dan tidak fokus belajar akibat begadang, dan gejala lainnya menunjukkan beberapa siswa yang terkesan mengalami masalah dalam interaksi sosial. Dengan demikian untuk memaksimalkan efektivitas penggunaan teknologi dalam proses belajar, sangat penting bagi guru dan orang tua murid untuk berperan aktif dalam mengarahkan anak untuk menggunakan teknologi dengan lebih baik dan terarah. Hal ini dilakukan agar siswa tidak terkena dampak negatif yang berpotensi untuk ditimbulkan dari penggunaan teknologi yang berlebihan.&nbsp;</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1052 PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SMPN 2 TAKALAR 2023-06-30T03:57:55+00:00 Abdul Haris abdharis.rm17@gmail.com Herlina Herlina herlinaijmal393@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan mengenai peran guru khususnya guru pendidikan agama Islam di SMPN 2 Takalar dalam mengatasi perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian menjelaskan tindakan bullying ini bukan saja berdampak untuk satu sisi, melainkan berdampak terhadap para korban bullying dan juga sangat berdampak kepada pelaku bullying. Salah satu akibat dari tindakan bullying adalah gangguan mental. Adapun jenis dari bullying yang terkait, yakni traditional bullying serta cyberbullying. Tindakan ini adalah tindakan yang sangat merugikan orang lain, Tindakan ini dilakukan berulang kali antara satu orang dengan lainnya yang dapat terlihat kekuatannya tidak seimbang. Poin-poin yang dianggap penting dari tindakan prevensi dan intervensi yang kaitannya dengan bullying adalah: (1) Kenal dan sadar akan adanya permasalahan yang dihadapi, (2) Penyusunan berbagai program intervensi yang akan dijadikan menangani kasus/ masalah yang terjadi, (3) Menciptakan suasana yang baik, (4) Peranan orang tua sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah bullying.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1053 MODERASI BERAGAMA SEBAGAI KERANGKA PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN 2024-03-31T07:36:50+00:00 Muhammad Suryadi moehammadsoeryadi09@gmail.com <p>Banyaknya kasus kekerasan yang mengatasnamakan agama di Indonesia adalah sebab munculnya program Moderasi Beragama. Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Agama melakukan transformasi besar-besaran di semua lembaga naungan Kementerian Agama terutama pada sektor pendidikan Islam. Pendekatan desk-study dalam tulisan ini mengelaborasi fakta, data, informasi dan kebijakan Kementerian terkait program Moderasi Beragama pada sektor pendidikan. Hasil dan pembahasan dalam tulisan ini menemukan bahwa sektor pendidikan dimaksudkan menjadi sasaran utama penerapan program Moderasi Beragama. Dalam implementasinya, buku dan kurikulum didesain untuk dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan yang memuat landasan, nilai, materi, dan indikator moderasi beragama. Kelompok Kerja (Pokja) yang telah dibentuk merupakan tim khusus dalam rangka mengevaluasi efektivitas program di lapangan tak terkecuali pada sektor pendidikan. Sejak menjadi program utama nasional pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Kementerian Agama tidak bekerja sendirian. Kementerian Agama telah melakukan upaya berupa sinergitas dan kolaborasi bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Dalam Negeri. Terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri adalah indikator keberhasilan sekaligus menjadi legitimasi bagaimana menguatkan program Moderasi Beragama sebagai kerangka pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1054 KESIAPAN PESERTA DIDIK MELAKSANAKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK NEGERI ENDE 2024-03-31T07:37:30+00:00 Alsin Pare alsinpare@gmail.com <p>Peningkatan kasus yang melibatkan anak di Indonesia menjadi indikasi terjadinya penurunan kualitas pendidikan di Indonesia. Pemerintah melalui kemendikbud menginisiasi penerapan kurikulum merdeka belajar dan penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur persentase kesiapan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri Ende. Metode yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh antara lain peserta didik Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri Ende siap dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila namun perlu peningkatan pada kesiapan kemampuan kognitif. Hal ini dapat dilihat dari hasil kesiapan fisik, mental dan emosional yang memiliki tingkat kesiapan tinggi, Pada kesiapan kemampuan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek peserta didik Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri Ende berada pada kategori tinggi, sedikit berbeda dengan kesiapan kemampuan dasar dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dimana peserta didik kelas X berada pada kategori sedang dan kelas XI dan XI berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kesiapan kemampuan kognitif tingkat kesiapan peserta didik berada pada kategori sangat rendah pada kelas X dan XII sedangkan pada kelas XI berada pada kategori rendah.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1055 INOVASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW 2024-03-31T07:38:07+00:00 Arsyil Waritsman arsyil.waritsman@gmail.com Frida Afryanti fridaafryanti3215@gmail.com <p>Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dengan tahapannya meliputi antara lain Tahap Identifikasi, Tahap penyaringan, Tahap Kelayakan; Tahap Inklusi. Hasil temuan dari analisis sistematis dan komprehensif yang dilakukan, ditemukan beberapa hal antara lain: (1) Inovasi pembelajaran memiliki variasi yang cukup banyak atau begitu beragam pada masa pandemi covid19; (2) Aspek penelitian terkait inovasi mencakup tiga hal antara lain aspek implementasi, pengembangan dan keefektifan; (3) Pendekatan penelitian yang dilakukan terkait dinamika inovasi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 bervariasi meliputi studi literatur, deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, kuasi eksperimen, Penelitian pengembangan dan penelitian tindakan kelas; dan (4) Inovasi pembelajaran pada memberikan beragam manfaat pada dunia pendidikan. Secara keseluruhan, kontribusi utama artikel ini adalah penelitian inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di Indonesia penting dan menjanjikan. Lebih lanjut, studi literatur ini memberikan warna baru terkait bagaimana tren dari inovasi pembelajaran itu sendiri, dan diharapkan menjadi pendorong untuk dilakukan kajian lebih lanjut tentang inovasi pembelajaran dalam cakupan yang lebih luas, mengingat artikel ini hanya mengkaji dalam cakupan inovasi pembelajaran di Indonesia saja.&nbsp;</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1056 ANALISIS KEBUTUHAN MODUL CAREER INFORMATION PROCESSING (CIP) BAGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI MEDIA PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK 2024-03-31T07:38:37+00:00 Nur Wafia Nur nurwafianur@gmail.com Akhmad Harum akhmad_harum@unm.ac.id Agrianur Rahman ag.agrianur@gmail.com <p>Pendidikan di sekolah tidak akan terlepas dari berbagai masalah peserta didik yang sangat beragam. Permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik biasanya pada ranah pribadi, karir, sosial dan belajar. Salah satu masalah yang banyak dialami peserta didik ada pada bidang karir terutama pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data tingkat pengambilan keputusan dan kebutuhan pengembangan modul career information processing (CIP) guru BK sebagai media pengambilan keputusan karir peserta didik. Jenis penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan desain sequential explanatory yang dilaksanakan dengan melakukan penelitian kuantitatif terlebih di awal, kemudian dilanjutkan dengan melakukan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Wawancara digunakan untuk memperoleh data kualitatif dan angket digunakan untuk memperoleh data kuantiatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebutuhan akan pengembangan modul CIP sangat tinggi baik dari guru maupun peserta didik. Salah satu bentuk pemberian layanan BK di sekolah adalah dengan layanan klasikal yang merupakan harapan bentuk pelaksanaan modul CIP. Gambaran pentingnya pengadaan modul CIP sebagai bentuk signifikansi berada dikategori sangat dibutuhkan, yang menggambarkan tingkat kebutuhan baik guru maupun peserta didik pada sebuah modul atau panduan baru yang sistemik untuk membantu pemberian layanan BK dalam pengambilan keputusan karir siswa.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1057 STRATEGI PENGEMBANGAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMK NEGERI 1 TANATORAJA 2024-03-31T07:39:12+00:00 Sudarmin Tandi Pora ammy.mkl79@gmail.com <p>Toleransi beragama merupakan hal mutlak dalam menjalani kehidupan bernegara di Republik Indonesia. Hal ini perlu ditunjang dengan adanya strategi untuk tetap menjaga kondusifnya proses keagamaan di lingkungan manapun kita berada termasuk di lingkungan sekolah. Riset ini bermaksud menelusuri faktor interen dan faktor eksteren, menyusun strategi, dan merumuskan keutamaan strategi prioritas dalam mengembangkan toleransi beragama di SMK Negeri 1 Tana Toraja. Riset ini menerapkan metode deskriptif analitis kualitatif yang menggunakan instrumen observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, diagram SWOT. Proses penyusunan strategi pengembangan toleransi beragama di SMK Negeri 1 Tana Toraja dilakukan melalui 3 tahapan analisa yakni tahapan input, tahapan penyelarasan, serta tahapan kesimpulan. Temuan riset menjelaskan yakni pengutamaan strategi bagaimana pengembangan toleransi beragama di SMK Negeri 1 Tana Toraja yaitu memaksimalkan program penguatan keagamaan yang sarat dengan moderasi dan toleransi beragama. Kesimpulan penelitian ini terbagi atas 2 (dua) yakni adanya faktor interen yaitu komitmen tinggi Kepala Sekolah untuk penguatan toleransi beragama di lingkup di SMK Negeri 1 Tana Toraja serta kesadaran yang tinggi dari semua pihak terhadap pentingnya toleransi. Faktor eksternalnya adalah dukungan komite sebagai perwalian siswa atas setiap kegiatan keagamaan dan respon positif dari kalangan pemerintah setempat dan masyarakat terhadap berbagai kegiatan dan perayaan keagamaan tanpa membeda-bedakannya. Yang kedua adalah prioritas strategi utama adalah memaksimalkan program penguatan keagamaan yang sarat dengan moderasi dan toleransi beragama serta saling memberi ruang antar individu dengan individu lainnya yang tidak harus melihat agama bahkan kepercayaan.&nbsp;&nbsp;Strategi<br>Pengembangan,<br>Toleransi Beragama,<br>Tana Toraja</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1058 PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN DENGAN METODE DRILL BERBASIS APLIKASI SALAAM SISWA SMKN 1 WAJO 2024-03-31T07:39:49+00:00 Nurfaida Nurfaida nurfaidaibdah121@guru.smk.belajar.id <p>Signifikansi peran guru dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran sangat menentukan kualitas suatu pembelajaran yang akan berimplikasi pada peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa, oleh sebab itu guru seharusnya mampu memilih dan menggunakan metode, model dan pendekatan yang variatif sesuai dengan kemampuan minat dan tipe belajar siswa demi tercapainya pembelajaran yang bermakna, apalagi ketika mengajarkan materi Al-Qur’an diperlukan metode khusus dan sebaiknya dipadukan dengan teknologi digital sebagai teman setia siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengulas penerapan metode drill berbasis aplikasi Al-Qur’an digital yang bernama SALAAM dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktek. Analisis data kualitatif menggunakan data statistik deskriptif dan analisis data kuantitatif diperoleh dari perhitungan nilai praktek, mean, presentase ketuntasan dan selisih. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus 1 terdapat 15 siswa dengan persentase 78,95% yang mendapatkan nilai KKM dan 4 siswa dengan persentase 21,05% yang belum mencapai nilai KKM, sedangkan Hasil pada siklus 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu terdapat 19 siswa dengan persentase 94,74% yang mencapai KKM dan 1 siswa belum mencapai dengan persentase 5,26%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill berbasis aplikasi Salaam dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XII OTKP 2 SMKN 1 Wajo.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1059 ANALISIS FAKTOR MINAT BACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO 2024-03-31T07:40:22+00:00 Muh. Nurdin A.N Muhammadnurdin901@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat menumbuhkan minat baca siswa, di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Gerakan Literasi Madrasah(GLM) membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, dinilai masih kurang efektif penerapannya dalam upaya menumbuhkan budi pekerti dan minat baca siswa. Selain itu, dalam penelitian ini ditemukan sembilan faktor yang dapat memengaruhi upaya menumbuhkan minat baca siswa yakni, (1) Leader atau guru, (2) alokasi waktu untuk membaca, (3) jenis bacaan, (4) tempat membaca atau perpustakaan, (5) ketersediaan buku bacaan, (6) finansial atau ekonomi siswa, (7) dukungan orang tua, (8) toko buku, (9) motivasi untuk meningkatkan minat baca.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1060 MPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALEF EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA HIMPUNAN DI MTs AS’ADIYAH ULOE 2024-03-31T07:41:05+00:00 Nurbiah Nurbiah sahirahnur88@gmail.com Ahmad Syafi’i ahmadsyafii312@gmail.com Fahril Fahril fahrilbaha@gmail.com <p>Tulisan ini bertujuan untuk menegaskan bahwa implementasi model PBL berbantuan Alef Education mampu meningkatkan hasil belajar Matematika tema Himpunan di kelas VII B MTs As’adiyah Uloe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menyajikan data dalam bentuk tabel/grafik, perhitungan rata-rata, dan persentase menggunakan Ms. Excel. Adapun standar/KKMnya ialah 73. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I ialah 75. Siswa yang tuntas ada 19 orang dengan persentase 61%, sedangkan yang tidak tuntas ada 12 orang dengan persentase 39%. 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II ialah 84. Jumlah siswa dengan kriteria tuntas ialah 31 orang atau 100%. Artinya, tindakan pada siklus II yaitu implementasi PBL berbantuan Alef Education pada materi Himpunan di kelas VII B dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.&nbsp;</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1061 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK 2024-03-31T07:41:27+00:00 Nurhaydah Nurhaydah nurhaydah22@admin.sd.belajar.id Kasmawati Kasmawati kasmawati92@guru.sma.belajar.id <p>Penelitain ini dilakukan dalam rangka meningkatan kapasitas siswa dalam membaca-menulis Al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam &amp; Budi Pekerti dengan memakai card sort di kelas IV A SDN Bontokamase Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian Tindakan Kelas dalam tulisan ini adalah kuantitatif dan kualitatif, dan tersebut terbagi ke dalam dua siklus dan di dalamnya siklus terdapat 4 langkah yaitu: melaksanakan, merencanakan, mengamati, dan merefleksikan. Sasaran dalam riset ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Bontokamase Sungguminasa sebanyak 34 orang dengan komposisi laki-laki 20 orang dan perempuan 14 orang. Prosedur akumulasi data yang dipakai dalam riset ini yaitu: dokumentasi, observasi, dan tes kemampuan membaca Al-Qur’an. Dalam menganalisis data, teknik yang dipakai adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penggunaan card sort mampu meningkatkan kapasitas membaca-menulis Al-Qur’an bagi siswa Kelas IV A SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa. Pada siklus I, sebelum implementasi card sort, diperoleh nilai presentase siswa mampu membaca Al-Qur’an sebesar 66,17, predikat kurang dan setelah menggunakan metode card sort, rata-rata nilai siswa mampu membaca Al-Qur’an meningkat menjadi 72,58, predikat baik. Demikian halnya pada siklus II, perbandingannya dengan siklus I terjadi kenaikan nilai kemampuan membaca al Qur’an dari 72,58 menjadi 83,41, predikat baik sekali.</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1062 PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KURIKULUM DI MTsN 1 MAKASSAR 2024-03-31T07:41:53+00:00 Hafiluddin Hafiluddin hafiluddin5555@gmail.com Wahyudin Wahyudin wahyudinrachman001@gmail.com <p>Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi standar nasional, sangat penting untuk berkonsentrasi pada pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan masyarakat luas. Investigasi kami bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan perubahan kurikulum di MTs Negeri 1 Makassar. Untuk penelitian ini, kami menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa sistem pendidikan sangat bergantung pada kurikulum untuk meningkatkan kualitasnya. Komponen kurikulum berikut menggambarkan pentingnya: 1) menetapkan tujuan pendidikan bermanfaat bagi guru dan siswa karena memberikan jalur yang jelas dan pasti untuk mencapai tujuan tersebut, 2) menentukan konten pembelajaran membantu siswa dengan mengidentifikasi apa yang harus mereka pelajari di berbagai tingkat pendidikan , dan 3) kurikulum juga berpotensi menentukan daya saing peserta didik berdasarkan kemampuannya. Di MTsN 1 Makassar, penggunaan kurikulum mandiri memainkan peran penting dalam memajukan kualitas pendidikan dengan mengembangkan keterampilan yang diperlukan siswa. Kurikulum ini dirancang khusus untuk mengintegrasikan pemikiran kritis, kreativitas, analisis, dan kerja sama tim dengan pembelajaran mereka, menghasilkan nilai-nilai sosial dan moral yang diperkuat dan pengalaman siswa yang diperkaya. Penekanan kurikulum pada nilai-nilai sosial dan moral membantu pemahaman siswa dan internalisasi nilai-nilai yang diperlukan untuk masa depan yang sejahtera. Rasa tanggung jawab, saling menghormati, dan kerja keras adalah beberapa nilai yang menjadi contoh yang sangat baik.&nbsp;</p> 2023-06-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##