PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) YPAC KOTA MANADO

  • Muhammad Ali Saputra Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
Keywords: Pelaksanaan pembelajaran, SLB YPAC Manado, kompetensi pengajar PAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SLB YPAC Manado serta faktor-faktor yang berpotensi mendukung maupun menghambatnya. Penelitian yang dilakukan pada 2013 ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik wawancara dengan Guru PAK serta observasi di ruang kelas maupun analisis dokumen. Pembelajaran PAK di SLB YPAC Manado pada dasarnya merupakan pembelajaran PAK di sekolah normal dengan materi lebih disederhanakan sesuai dengan kebutuhan siswa SLB. Perencanaannya mengacu pada kurikulum Depdikbud tahun 2006. Kurikulum, sumber belajar, maupun metode pembelajaran antara kelas tunarungu dan tunagrahita umumnya sama, dengan kekhususan penggunaan bahasa isyarat pada siswa tunarungu dan teknik bernyanyi diiringi gerakan tangan pada siswa tunagrahita. Yang perlu diperhatikan juga adalah kompetensi guru pengajar PAK, sarana dan prasarana belajar, kapasitas daya ingatan,  dan daya serap pelajaran siswa serta kedisiplinan mereka.

References

Eva, Nur. 2015. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Gearhart, B.R. 1981. Learning Disabilities: Educational Strategies. British: Amazon.

Gusti, N. (2021). “Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Setting Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat”. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 532-544.

Hamner, T.J., & Turner, P.H.,.1996. Parenting in Contemporary Society. (Third Edition). Boston: Allyn & Baco.

Latifah, Ibdaul. 2020. “Pendidikan Segregasi, Mainstreaming, Integrasi, dan Inklusi, Apa Bedanya?”. JURNAL PENDIDIKAN Volume 29, No.2, Juli,101-108.

Miles, M.B, Huberman, A.J., & Saldana J. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. 3rd Ed. CA: SAGE Publication.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Nuraeni. 1997. Intervensi Dini Bagi Anak Bermasalah. Jakarta: Rineka Cipta.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka.

Smith, M. B., Ittenbach, R. F. & Patton, J.R. 2002. Mental retardation. 6th ed. New Jersey: Merrill Prentice Hal.
Published
2022-11-05