Tradisi Suju’ Tilawa: Studi Living Hadis Dalam Lingkungan Pesantren As’adiyah Sengkang

  • Muhammad Alwi Nasir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Asri Nasir MTs Negeri Bantaeng
Keywords: suju’ tilawa, surah as-sajdah, pondok pesantren as’adiyah

Abstract

Pondok Pesantren As’adiyah Pusat Sengkang merupakan salah satu pondok tertua yang ada di Sulawesi Selatan dan memiliki beberapa tradisi ibadah yang rutin dilaksanakannya dari tahun ke tahun. Salah satu tradisi yang dilaksanakan sejak dahulu sampai sekarang adalah Suju’ Tilawa yang dilakukan dengan membaca surah as-Sajdah. Tradisi ini merupakan amalan yang turun- temurun. Amalan ini adalah sunnah yang termaktub dalam hadis Nabi SAW. Penelitian ini membincangkan aspek praktik tradisi suju’ tilawa dan pemaknaanya. Pelaksanaan Suju’ Tilawa dilakukan dengan membaca surah as-Sajdah pada shalat subuh Jumat yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di lingkungan Pondok Pesantren As’adiyah Pusat Sengkang. Penelitian ini menggunakan teori living hadis dan teori fenomenologi untuk mengamati prosesi pelaksanaan tradisi suju’ tilawa yang dilakukan pada setiap shalat subuh Jumat di lingkungan Pondok Pesantren As’adiyah serta memahami subtansi dari dalil hadis Nabi SAW digunakan sebagai landasan pengamalan sunnah ini. Adapun praktik Suju’ Tilawa dilakukan dengan membaca surah al- Fatihah dan surah as-Sajdah dan melakukan suju’ tilawa setelah membaca ayat 15 pada surah as-Sajdah. Adapun pemaknaan yang ada di balik pelaksanaan Suju’ Tilawa adalah: 1) meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT; 2) mengamalkan sunnah sesuai dengan yang tertuang di dalam hadis Nabi SAW; 3) melatih keistikamahan; dan 4) melestarikan tradisi lama yang dilakukan oleh para pengasuh Pondok Pesantren As’adiyah terdahulu.

References

Al- Sya’rawi, M. (2007). Tirulah Shalat Nabi: Jangan Asal Shalaat. Mizania.
Alfatih Suryadilaga, M. (2016). Aplikasi Penelitian Hadis dari Teks ke Konteks. Kalimedia.
Ar- Rahbawi, A. Q. (1944). Salat Empat Mazhab. P.T. Intermasa.
Hajar al- Asqolani, I. (2002). Fathul Barri Syarah: Shahih Bukhari. Pustaka Azzam.
Husniah, F. (2017). Representasi Tradisi Pesantren Dan Tantangan Di Era Global Dalam Novel Indonesia. FKIP e-Proceeding.
Ismail. (2011). Penafsiran Filsafat Mistis Ayat Sajdah (Kajian Pemikiran Ibnu ’Arabi). Religia, 4.
Jazuli, Moh. (2020). Ayat- Ayat Sajdah dalam Al-Quran Perspektif Fenomenologi. Institut Ilmu Keislaman Annuqasyah (INSTIKA) Sumenep, 3.
Kaharuddin. (2015). Pesantren As’adiyah Sengkang Pada Masa Kepemimpinan K.H. Muhammad Yunus Martan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.
Mubarok, N. (2019). Optimalisasi Penerapan Tradisi Pesantren Salaf Bagi Santri Kalong. Al- Wijdan : Journal Of Islamic Education Studies, 4.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15.
Mustam, A. (2017). Pesantren Dalam Dinamika Studi Pada Peranan As’adiyah Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Studi Pendidikan, 15.
Nazir, Moh. (2003). Metodologi Penelitian (Cet. 3). Ghalia Indonesia.
Nindito, S. (2005). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi Tentang Konstruksi Makna Dan Realitas Dalam Ilmu Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2.
Salmiah Dahlan, S. (2015). Rihlah Ilmiah AGH. Muhammad As’ad (Dari Haramain Ke Wajo Celebes). Rabbani Press.
Soehadha, Moh. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama. Suka Press.
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al- Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 8.
Zuhri, S., & Kusuma Dewi, S. (2018). Living Hadis: Praktik, Resepsi, Teks, dan Transmisi. Q-Media.
Published
2023-06-16