Altruisme Islam, Transplantasi dan Donasi Organ: Pergumulan Agama dalam Wacana dan Praktiknya di Indonesia

  • Mahyuddin Mahyuddin Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Abd. Halim K Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Iskandar Iskandar Institut Agama Islam Negeri Parepare
Keywords: agama, altruisme islam, donasi organ, transplantasi

Abstract

Saat ini praktik tranplantasi sangatlah mendesak. Tranplantasi secara khusus donasi organ dibutuhkan untuk perpanjangan hidup. Karenanya, kebutuhan dan permintaan untuk transplantasi semakin meningkat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Studi ini bertujuan untuk menelaah peran lembaga agama dalam wacana dan praktik transplantasi di Indonesia. Penulis menganalisa fatwa ulama dan sikap masyarakat dalam merespons praktik transplantasi maupun donasi organ yang cenderung belum melembaga secara sosial. Penelitian menggunakan studi kepustaan dan menggunakan perspektif sosiologi agama dalam menjelaskan fenomena tersebut. Untuk melengkapi data yang ada, penulis menggali informasi dari penelitian-penelitian terdahulu baik melalui artikel jurnal maupun referensi buku yang merangkum Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) termasuk fatwa Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada ambivalensi dalam diskursus praktik transplantasi dan donasi organ di Indonesia. Lembaga agama telah menyokong umat untuk membantu orang lain dengan semangat altruisme Islam. Sebaliknya, keyakinan agama telah menghambat praktik transplantasi. Institusi agama memainkan peran signifikan dalam mendorong praktik transplantasi dan donasi organ untuk kemanusiaan, tetapi pada saat yang sama banyak dari kalangan umat Islam sendiri belum bersedia menerima tersebut, di mana pertimbangan agama merupakan alasan utama mengapa masyarakat Muslim menolak untuk berdonasi organ.

References

Abercrombie, N., Hill, S., & Turner, B. S. (2010). Kamus Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad, C. (2012, February). Fatwa MUI: Cangkok Organ Tubuh, Boleh. Republika. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita /duniaislam/fatwa/12/02/15/lzfbemfatwa-mui-cangkok-organ-tubuh-
Al-harthi, H. A., & Alzahrany, O. A. (2015). Perceptions and Attitudes of Saudi Adult Population Toward Organ Donation , Taif , Saudi Arabia. International Journal of Medical Science and Public Health, 4(8), 1113–1120. https://doi.org/10.5455/ijmsph.201 5.28042015235
Albar, M. (2012). Organ Transplantation: A Sunni Islamic Perspective. Saudi Journal of Kidney Diseases and Transplantation, 23(4), 817.
Ali, M., & Maravia, U. (2020). Seven Faces Of A Fatwa: Organ Transplantation And Islam. Religions, 11(2), 99.
Arbour, R., AlGhamdi, H. M. S., & Peters, L. (2012). Islam, Brain Death, and Transplantation: Culture, Faith, and Jurisprudence. AACN Advanced Critical Care, 23(4), 381–394.
Arif, M. (2017). Filantropi Islam Fikih untuk Keadilan Sosial. Yogyakarta: Magnum.
Baidhawy, Z. (2002). Ambivalensi Agama Konflik & Kekerasan. Yogyakarta: LESFI.
Bellah, R. . (1993). Evolusi Agama. In Agama dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis (Terjemahan, p. 330). Jakarta: Raja 16 Grafindo Persada.
Bintoro, A. (2016). Memahami Nilai Etika Dan Moral Donasi Organ. Jurnal Orientasi Baru, 25(1).
Dalal, A. R. (2015). Philosophy of Organ Donation: Review of Ethical Facets. World Journal of Transplantation, 5(2), 44.
Damayanti, F. N. (2018). Paradigma Penegakan Hukum Transplantasi Organ Berbasis Transedental. Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Hukum Transendental.
Dewi, M. (2017). Kebijakan Transplantasi Ginjal di Indonesia. Makassar.
Ebrahim, A. F. M. (2007). Fikih Kesehatan (Terjemahan). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Elsa Adelia Nurrachma, Budhi Haryanto, N. H. S. (2018). Intention to Donate Kidney In Indonesia: The Role of Financial Incentive, Perceived Risk, and Altruism. Manajemen, Jurnal Ilmiah, 8(3), 463–476.
Firmansyah, Y., Sylvana, Y., & Wijaya, H. (2021). Transplantasi Organ Tubuh Manusia Dalam Perspektif Hukum Positif Indonesia. Jurnal Medika Hutama, 2(02), 524–532.
Hamdy, S. (2012). Our Bodies Belong To God: Organ Transplants, Islam, And The Struggle For Human Dignity In Egypt. London: Univ of California Press.
Hanani, S. (2011). Menggali Interelasi Sosiologi dan Agama. Bandung: Humaniora. Bandung: Humaniora.
Hantoro, J. (2019, June). MUI Keluarkan Fatwa Soal Transplantasi Organ Tubuh. Tempo. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/121 6150/mui-keluarkan-fatwa-soaltransplantasi-organ- tubuh/full&view=ok
Hasan, A. (2000). Masail Fiqhiyah Al- Haditsah Pada Masalah-Masalah Kontemporer Hukum Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hassan Chamsi-Pasha, F., & Albar, M. A. (2017). Islamic Medical Jurisprudence Syllabus: A Review in Saudi Arabia. Med J Malaysia, 72(5), 279.
Herani, I. (2017). Organ Donation? Why Not Keputusan Untuk Mendonor Organ Tubuh. Psikovidya, 21(2), 1–13.
Hidayati, F. (2016). Konsep Altruisme dalam Perspektif Ajaran Agama Islam. Psikoislmika, 13(1), 59–63.
Hussain, Y. Bin. (2018). Studi Komparatif Antara Yusuf Qardhwi dan Masjfuk Zuhdi Mengenai Hukum Donor Organ Tubuh Bagi Pendonor yang Masih Hidup. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jamaa, L. (2017). Kontribusi Muhammadiyah terhadap Dinamika Pemikiran Hukum Islam Kontemporer di Indonesia. AlIhkam, 12(1), 128. https://doi.org/10.19105/alihkam.v11i2.779
Johnson, R. J., Bradbury, L. L., Martin, K., & Neuberger, J. (2014). Organ Donation and Transplantation in The UK—The Last Decade: A Report from The UK National Transplant Registry. Transplantation, 97, S1–S27.
Laki, Y. A. (2015). Tindak Pidana Perdagangan Organ Tubuh Manusia Menurut Ketentuan Hukum Positif Indonesia. Lex et Societatis, 3(9).
Morad, Z. (2013). The New Legislation on Transplantation in Malaysia: How it Emerged and Problems 17 Encountered During the Process. In Conference Proceedings of the (p. 77).
Muhammadiyah, M. T. (1990). Tanya Jawab Agama. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Pers Suara Muhammadiyah.
MUI, T. K. F. (2006). Ijma Ulama Keputusan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa Se Indonesia III Tahun 2006. Jakarta: Majelis Ulama Indonesia.
MUI, T. K. F. (2019). Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2019 tentang Transplantasi Organ dan/atau Jaringan Tubuh Untuk Diri Sendiri. Jakarta.
Mustika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Penerbit Pers Suara Muhammadiyah.
Oliver, M., Woywodt, A., Ahmed, A., & Saif, I. (2011). Organ Donation, Transplantation and Religion. Nephrology Dialysis Transplantation, 26(2), 437–444.
Organization, W. H. (2010). WHO guiding principles on human cell, tissue and organ transplantation. Transplant Journal of Australasia, 19(2), 26–30.
Padela, A. I., & Auda, J. (2020). The Moral Status of Organ Donation and Transplantation Within Islamic Law: The Fiqh Council of North America’s Position. Transplantation Direct, 6(3).
Rachmawati, F. (2019). Kepastian Hukum Tranplantasi Organ yang Mencerminkan Nilai Kemanusiaan. Jurnal Hukum Media Bhakti, 3(1).
Robbitha, Rizka Asnenia & Herani, I. (2018). Peran Emosi Positif dan Emosi Negatif terhadap Altruisme Donor Organ pada Mahasiswa Alturisme Islam, Transparansi dan Donasi Organ .... –Mahyuddin, dkk. Fakultas Kedokteran di Kota Malang. Psikoislmika, 22(2), 126– 134.
Rohmah, L. (2018). Kontekstualisasi Hadis tentang Transplantasi. Hikmah, XIV(2), 105–131.
Rudge, C., Matesanz, R., Delmonico, F. L., & Chapman, J. (2012). International Practices of Organ Donation. British Journal of Anaesthesia, 108(suppl_1), i48– i55.
Saifullah. (2016). Transplantasi Organ Tubuh; Perspektif Hukum Islam, Hukum Positif dan Etika Kedokteran. Al-Murshalah, 2(1), 1–12.
Sari, M. (2020). Transplantasi Organ dalam Al-Quran Perspektif Tafsir Al- Maqasidi. Substantia, 22(April), 61–72.
Shiddiq, M. (2017). Transplantasi Organ Tubuh Manusia Perspektif Fatwa Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama. Universitas Islam Indonesia.
Sinaga, U. M. (2007). Peran dan Tanggung Jawab Masyarakat dalam Masalah Pengadaan Donor Organ Manusia. Medan.
Syaiban, M. (2010). Transplantasi Organ Tubuh Orang Muslim kepada Orang Non Muslim Menurut Hukum Islam (Studi Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Syaukani, A. Z. (2015). Fatwa-Fatwa Kesehatan dan Kedokteran Majelis Ulama Indonesia Tahun 20052010. Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Undang-undang Kesehatan (1992). Indonesia.
Weber, M. (2012). Sosiologi Agama A Handbook (Terjemahan). Yogyakarta: IRCiSoD.
Zahro, A. (2004). Tradisi Intelektual NU: Lajnah Masa’il 1926-1999. Yogyakarta: LKis Pelangi Aksara.
Published
2021-05-30
Section
Articles