Karakteristik Ulama Penyiar Agama Islam di Palu

  • Haliadi Haliadi Universitas Tadulako
Keywords: ideologi, ilmu pengetahuan, islam, mitos

Abstract

Agama Islam yang masuk ke wilayah Palu Sulawesi Tengah di Indonesia dilakukan oleh ulama-ulama dari berbagai pelosok Nusantara. Ulama yang mengembangkan Islam di Palu berlangsung dalam tiga periode, yakni periode Islam mitologis, Islam Ideologis, dan Islam Ilmupengetahuan. Islam mitologis dilakukan oleh Abdullah Raqiy dari Minangkabau, Daeng Konda dari Mandar, dan Syekh Lokiya dari Donggala, sementara Islam ideologi dikembangkan oleh La Iboerahima Wartabone dari Gorontalo termasuk Ahmad Lagong dari Wajo, Yodo Rajalangi dari Mandar, Sayyed Aqil Al Mahdali dari Hadramaut, Sayyed Baharullah Al Aidid dari Cikoang Makassar, La Satande Dunia dari Tatanga Palu, Yojofuri dari Besusu Palu, Pue Lasadindi dari Enu. Kemudian Islam Ilmu pengetahuan dilanjutkan oleh Sayyed Idrus bin Salim Al Jufri dari Hadramaut, Imam Lapeo dari Mandar, Rusdi Toana dari Palu, dan Ambo Dalle dari Barru. Ulama-ulama Islam di Lembah Palu mengembangkan Islam secara Sufisme dan Syariat serta menjadi pemicu perjuangan Islam menentang Kolonialisme Belanda di Abad ke-20. Tulisan ini menggunakan metodologi sejarah.

References

Abubakar, J. (1999) Mengenal Khazanah Budaya dan Masyarakat Lembah Palu. Palu.

Alfian, T. I. (1992) Dari Babad dan Hikayat Sampai Sejarah Kritis. Yogyakarta: UGM Press.

Alfian, T. I. (2000) Disiplin Sejarah Merekonstruksi Masa Lampau untuk Menyongsong Masa Depan. Yogyakarta.

Azra, A. (2002) Islam Nusantara Jaringan Global dan Lokal. Bandung: Mizan.

Berkhofer Jr., R. F. (1969) Behavioral Approach to Historical Analysis. New York: The Free Press.

Garraghan, G. J. (1957) A Guide to Historical Method. New York: Fordham UP.

Henley, D. (2005) Fertility, Food and Fever; Population, Economy and Environtment in North and Central Sulawesi, 1600-1930. Leiden: KITLV Press.

Kambay, S. B. (1991) Perguruan Islam Alkhairat dari Masa ke Masa. Palu: PB. Al-Khairat.

Kutoyo, S. (2005) Sejarah Daerah 143 Sulawesi Tengah. Edited by S. Kutoyo and A. Gonggong. Palu: Disbudpar Sulawesi Tengah.

Li, T. M. (2001) ‘Relational Histories and the Production of Difference on Sulawesi’s Upland Frontier Author(s)’, The Journal of Asian Studies, Vol. 60, N, pp. 41–66. \

P.L., S. (1996) Laporan Penelitian Profil Seorang Ulama (Pendiri Alkhairat, Al-Habib Idrus bin Salim Al-Jufrie). Palu: Fakultas Ushuluddin IAIN.

Sadi, H. (2017) Islam Buton dan Buton Islam 1873-1938. Palu: Hoga.

Sadi, H. (2021) Biografi KH. Rustam Arsyad: Pendidik, Ulama, dan Politisi. Palu: Hoga.

Sadi, H. and Syamsuri (2016) Sejarah Agama Islam di Lembah Palu. Yogyakarta: Q-Media dengan PusSEJ UNTAD.

Sairin, M. (2012) ‘Dunia Maritim Teluk Palu Masa Prakolonial’, Midden Celebes, Vol. I No.

Sewang, A. M. (2005) Islamisasi Kerajaan Gowa. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Silimpole, B. R. Y. (no date) Sindue Tana Pamula. 1st edn.

Suhartono, S. (2004) Dasar-Dasar Filsafat. Yogyakarta: Al-Ruzz Media.

Syamsuri et al. (2015) Ajaran 9 Tokoh Ulama Pembawa dan Penganjur Agama Islam di Lembah Palu Sulawesi Tengah. Palu: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu.

Thahir, A. M. (no date) Sejarah Tanah Kaili dan Perkembangannya.

Tol, R. et al. (2009) Kuasa dan Usaha di Masyarakat Sulawesi Selatan. Edited by R. Tol, R. Tol, and R. Tol. Makassar: Inninawa dan KITLV.

Valentijn (1856) Oud en Nieuw OostIndien Deel I. Edited by S. Keyzer.

Vaughan, W. (1804) The Narrative of Captain Woodard and Four Seaman. London: S. Hamilton.Haliadi

Yanggo, H. T. et al. (2013) Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri Pendiri Alkhairat dan Kontribusinya Dalam Pembinaan Umat. Edited by H. A. W. A. Muhaimin. Palu: Yayasan Alkhairat.
Published
2021-05-30