PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) & SMA DI KABUPATEN WAJO, PROVINSI SULAWESI SELATAN

  • Muhammad Ali Saputra Pusat Riset Agama dan Kepercayaan Badan Riset dan Inovasi Nasional
Keywords: Pemahaman, moderasi beragama, guru PAI, Kabupaten Wajo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman moderasi beragama Guru PAI di Kabupaten Wajo. Secara rinci, ada tiga aspek yang ingin diketahui: pemahaman/sikap dalam melihat keragaman suku, agama, dan kelompok minoritas di Indonesia, pandangan terhadap relasi Islam dan negara, serta pandangan terhadap terhadap hubungan agama dan tradisi/budaya di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilakukan dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi terhadap sejumlah guru PAI di SMA/SMK/MA di kabupaten Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, para guru PAI di Kabupaten Wajo memiliki pemahaman moderasi beragama yang cukup baik. Mereka mampu menerima dan menghargai keragaman agama dan suku, menjunjung tinggi NKRI dan tidak setuju dengan bentuk negara di luar kesatuan, serta menghargai tradisi/budaya sepanjang sejalan dengan ajaran agama. Namun, mereka juga masih antipati dengan kelompok Islam minoritas seperti Syiah dan Ahmadiyah. Direkomendasikan, agar Pihak Kemenag RI lebih giat lagi mensosialisasikan program moderasi beragama ini kepada para guru, baik PAI maupun non PAI.

References

Azra, A. (2021). Islam Wasathiyah: Moderasi Islam Indonesia. In A. Arif Subhan (Ed.), Konstruksi Moderasi Beragama: Catatan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah. PPIM UIN Jakarta.
Bayat, A. (2011). Pos Islamisme. LKiS.
Geertz, C. (1973). The Interprertation of Culture. Basic Books.
Hanafi, M. (2012). Moderasi Beragama. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Hayat, B. (2012). Mengelola Kemajemukan Umat Beragama. PT Sa’adah Cipta Mandiri.
Kementerian Agama RI. (n.d.). Buku Saku Tanya Jawab Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI.
Mahmudah, S. (2018). Islamisme: Kemunculan dan Perkembangannya di Indonesia. JURNAL AQLAM Journal of Islam & Plurality, 3(1), 1–16.
Nasuhi, Hamid, & A. (2020). Pelita Yang Meredup Keberagamaan Guru Sekolah Madrasah di Indonesia. PPIM UIN Jakarta.
Shihab, Q. (2019). Wasathiyah; Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati.
Sila, M. A. (2017). Kerukunan Umat Beragama di Indonesia: Mengelola Keragaman dari Dalam. In & dkk Fauzi, Ihsan Ali (Ed.), Kebebasan, Toleransi, dan Terorisme: Riset dan Kebijakan Agama di Indonesia. Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina.
Spradley, J. (1997). Metode Etnografi. Tiara Wacana.
Sumbulah, U., & Nurjanah. (2013). Pluralisme agama: Makna dan lokalitas pola kerukunan antarumat beragama. In Pluralisme Agama Makna dan Lokalitas Pola Kerukunan Antarumat Beragama.
Syafruddin, Didin, & dkk (Ed.). (2018). Menguak Alam Pikir Guru Agama tentang Toleransi dan Islamisme di Makassar. In Potret Guru Agama: Pandangan Tentang Toleransi dan Isu-isu Kehidupan Keagamaan. Prenada Media Group.
Published
2023-11-29