Pembelajaran Daring di Era COVID-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetisi, dan Model Pendidikan yang Manusiawi
Abstract
Pembelajaran daring (online learning) menjadi sistem pembelajaran alternatif di masa COVID-19. Tapi pembelajaran daring ternyata memunculkan banyak masalah dalam implementasinya. Pembelajaran daring tak hanya dipandang negatif oleh sebagian masyarakat, namun juga menunjukkan kesenjangan digital (digital divide) yang lebar di masyarakat. Kesenjangan tersebut akhirnya menghasilkan ketimpangan pendidikan. Siswa miskin dan mereka yang tinggal di daerah pedalaman dan terluar sulit mengakses pembelajaran daring karena ketiadaan sarana TIK dan kesulitan mendapatkan sinyal internet. Pendidikan di Indonesia yang sejak awal menganut sistem kompetisi berparadigma neoliberal, akhirnya menghasilkan persaingan yang tidak adil di dalam pembelajaran daring akibat kesenjangan digital. Tulisan ini hendak menunjukkan lebarnya jurang kesenjangan digital di Indonesia, yang kemudian menghasilkan ketimpangan dalam persaingan antar siswa. Tulisan ini sekaligus menjelaskan perlunya pemerataan infrastruktur telekomunikasi, penuntasan kesenjangan ekonomi, dan mengevaluasi sistem kompetisi dalam pendidikan yang selalu diskriminatif dan hanya menguntungkan sebagian orang saja, kemudian memikirkan ulang model pendidikan yang lebih manusiawi.
References
Darmaningtyas dan Subkhan, E (2012). Manipulasi Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta:Resist Book
Donga, C, Cao, S, dan Li, H (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118. 1-9, https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
Kai, J (2012) The Origin and Consequences of Excess Competition in Education. Chinese Education & Society. 45(2) 8-20, http://dx.doi.org/10.2753/CED1061-1932450201
Keniston, K dan Kumar, D (2003). The Four Digital Divide. Delhi:Sage Publishers. https://www.academia.edu/29796703/The_four_digital_divides
Lutfia, S. Z (2020) Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi COVID-19. Dialektik. 2(2). 69-73. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/554
Nuryanto, M. A (2008). Mazhab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan. Yogyakarta:Resist Book
Putria, H, Maula, L.H, Uswatun, D.A (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Singh, V dan Thurman, A (2019) How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education. 33(4). 289-306.
https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082
Van Deursen dan Van Dijk (2010). Internet Skills and Digital Divide. Journal New Media and Society. Volume 13(6) 893–911
Walker, T. D (2017). Teach Like Finland: 33 Strategi Sederhana untuk Kelas yang Menyenangkan. Jakarta:Grasindo
Yamin, M (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
https://nasional.kompas.com/read/2020/10/30/07431111/hingga-29-oktober-kasus-covid-19-di-indonesia-ada-404048-kasus-aktif-60569?page=all
https://en.unesco.org/news/covid-19-educational-disruption-and-response
https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/5f0eb43f9be92/masyarakat-bawah-paling-terimbas-corona-ketimpangan-naik-pada-maret
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-39060857
https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/07/15/1744/persentase-penduduk-miskin-maret-2020-naik-menjadi-9-78-persen.html
https://katadata.co.id/agungjatmiko/berita/5ef47ac5cd60b/smrc-71-masyarakat-nilai-ekonomi-rumah-tangga-memburuk-saat-pandemi
https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534
https://lokadata.id/artikel/kesenjangan-sinyal-dari-indonesia-timur
https://www.vice.com/id_id/article/n7vvdk/tiga-pelajar-indonesia-bunuh-diri-diduga-depresi-akibat-pembelajaran-jarak-jauh-pjj
https://makassar.terkini.id/pembelajaran-daring-kembali-memakan-korban-mahasiswa-meninggal-jatuh-dari-menara-masjid/