Pembelajaran Daring di Era COVID-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetisi, dan Model Pendidikan yang Manusiawi

  • Muhajir MA Mahasiswa Pascasarjana Tegnologi Pendidikan UNM
Keywords: Pembelajaran Daring, Kesenjangan Digital, Pendidikan, Sistem Kompetisi

Abstract

Pembelajaran daring (online learning) menjadi sistem pembelajaran alternatif di masa COVID-19. Tapi pembelajaran daring ternyata memunculkan banyak masalah dalam implementasinya. Pembelajaran daring tak hanya dipandang negatif oleh sebagian masyarakat, namun juga menunjukkan kesenjangan digital (digital divide) yang lebar di masyarakat. Kesenjangan tersebut akhirnya menghasilkan ketimpangan pendidikan. Siswa miskin dan mereka yang tinggal di daerah pedalaman dan terluar sulit mengakses pembelajaran daring karena ketiadaan sarana TIK dan kesulitan mendapatkan sinyal internet. Pendidikan di Indonesia yang sejak awal menganut sistem kompetisi berparadigma neoliberal, akhirnya menghasilkan persaingan yang tidak adil di dalam pembelajaran daring akibat kesenjangan digital. Tulisan ini hendak menunjukkan lebarnya jurang kesenjangan digital di Indonesia, yang kemudian menghasilkan ketimpangan dalam persaingan antar siswa. Tulisan ini sekaligus menjelaskan perlunya pemerataan infrastruktur telekomunikasi, penuntasan kesenjangan ekonomi, dan mengevaluasi sistem kompetisi dalam pendidikan yang selalu diskriminatif dan hanya menguntungkan sebagian orang saja, kemudian memikirkan ulang model pendidikan yang lebih manusiawi.

References

Adiputri, R. D (2019). Sistem Pendidikan Finlandia: Catatan dan Pengalaman Seorang Ibu. Jakarta:KPG

Darmaningtyas dan Subkhan, E (2012). Manipulasi Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta:Resist Book

Donga, C, Cao, S, dan Li, H (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118. 1-9, https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Kai, J (2012) The Origin and Consequences of Excess Competition in Education. Chinese Education & Society. 45(2) 8-20, http://dx.doi.org/10.2753/CED1061-1932450201

Keniston, K dan Kumar, D (2003). The Four Digital Divide. Delhi:Sage Publishers. https://www.academia.edu/29796703/The_four_digital_divides

Lutfia, S. Z (2020) Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi COVID-19. Dialektik. 2(2). 69-73. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/554

Nuryanto, M. A (2008). Mazhab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan. Yogyakarta:Resist Book

Putria, H, Maula, L.H, Uswatun, D.A (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Singh, V dan Thurman, A (2019) How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education. 33(4). 289-306.
https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082

Van Deursen dan Van Dijk (2010). Internet Skills and Digital Divide. Journal New Media and Society. Volume 13(6) 893–911

Walker, T. D (2017). Teach Like Finland: 33 Strategi Sederhana untuk Kelas yang Menyenangkan. Jakarta:Grasindo

Yamin, M (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

https://nasional.kompas.com/read/2020/10/30/07431111/hingga-29-oktober-kasus-covid-19-di-indonesia-ada-404048-kasus-aktif-60569?page=all

https://en.unesco.org/news/covid-19-educational-disruption-and-response

https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/5f0eb43f9be92/masyarakat-bawah-paling-terimbas-corona-ketimpangan-naik-pada-maret

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-39060857

https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/07/15/1744/persentase-penduduk-miskin-maret-2020-naik-menjadi-9-78-persen.html

https://katadata.co.id/agungjatmiko/berita/5ef47ac5cd60b/smrc-71-masyarakat-nilai-ekonomi-rumah-tangga-memburuk-saat-pandemi

https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534

https://lokadata.id/artikel/kesenjangan-sinyal-dari-indonesia-timur

https://www.vice.com/id_id/article/n7vvdk/tiga-pelajar-indonesia-bunuh-diri-diduga-depresi-akibat-pembelajaran-jarak-jauh-pjj

https://makassar.terkini.id/pembelajaran-daring-kembali-memakan-korban-mahasiswa-meninggal-jatuh-dari-menara-masjid/
Published
2020-12-16