KISAH TANGGUH ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MASA PANDEMI

  • Rukiana Novianti Putri Dosen Unismuh Makassar
Keywords: Anak berkebutuhan khusus, slow learner, restadasi mental

Abstract

Ulasan ini merupakan studi kasus tiga subjek menyangkut pendampingan selama sekolah dari rumah di masa pandemi. Ketiga subjek dimaksud adalah tiga orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus berupa slow learner dan restadasi mental yang kerap mendapatkan stigma keliyanan dikarenakan berbeda.Uraian data-data didasarkan melalui proses wawancara kepada tiga subjek selama menjalani masa pembelajaran dari rumah. Kajian utama menyangkut studi kasus ini adalah bagaimana resiliensi/ketangguhan orangtua dalam dan setelah mengalami masa sulit menghadapi anak berkebutuhan khusus, terutama di saat melakukan proses pembelajaran dari rumah selama masa pandemi. Temuan penelitian ini menunjukkan, ketiga orangtua memiliki resiliensi atau ketangguhan berupa kekuatan, kegigihan, dan optimisme di tengah keadaan yang menganggap anak mereka berbeda dan diberlakukan lain oleh sekolah dan lingkungannya.

References

American Psychological Association. (2020). Building your resilience. Online.
https://www.apa.org/topics/resilience

Campbell-Sills, A. & Stein, M. B. Psychometric analysis and refinement of the Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) validation of a 10- Item Measure of Resilience. Jurnal of Traumatic Stress. 20 (6), 1019-1028.

Coyle, James. 2011. Resilient Families Help Make Resilient Children. Journal of Family Strenghts.11 (5). 412-427.

Efendi, M.. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Kampus Baru UI, Depok.

Rahmawati, Sri W. 2012.. “Penanganan Anak Tunagrahita (Mental Retardation) dalam Program Pendidikan Khusus. Psiko Utama. 1 (1). 1-12.

Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: Seven Essential Skill For Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York: Broadway Books.

Sarafino, E. P., Timothy W. Smith. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Inc.

Somantri, S. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Grafika Aditama.

Yu, Xiaonan & Zhang, Jianxin. 2007. Analysis and Psychometric Evaluation of the Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) with Chinese People. Journal Social Behavior And Personality, 35 (1). 19-30. Cina: Society for Personality Research (Inc.)
Published
2021-12-06