DINAMIKA SEKOLAH INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • Baso Marannu Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
Keywords: Sekolah inklusi, difabel, disabilitas, autis

Abstract

Sekolah inklusi adalah pelayanan pendidikan di sekolah reguler bagi anak berkebutuhan khusus. Akan tetapi, di sekolah inklusi, anak berkebutuhan khusus tetap didampingi oleh guru pembimbing khusus. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini fokus kepada pelayanan pendidikan bagi anak autis di sekolah inklusi. Penelitian ini menemukan, sebagai berikut: (1) perlu adanya klasifikasi yang jelas anak berkebutuhan khusus yang dapat mengikuti pendidikan di sekolah inklusi; (2) sekolah inklusi bagi anak autis masih perlu ditingkatkan pengelolaannya, terutama pelayanan pendidikan agama yang cenderung masih pada tahap pemenuhan pendidikan dasar, terlebih lagi, Guru Pendamping Khusus (GPK) memang bukan berasal dari guru agama dan tidak secara khusus melayani pendidikan agama; (3) sebagian besar GPK belum mendapatkan pelatihan maksimal; (4) pengembangan keterampilan dan kemampuan guru cenderung kurang variatif, membosankan, sehingga membuat pembelajaran terlihat pasif. Di samping itu, pengetahuan GPK yang terbatas, terutama dari segi psikologis maupun medis, sehingga menyulitkan mereka jika muncul permasalahan di kalangan peserta didiknya.

References

Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan
Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730.

Ashari, D. A. (2021). Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677.

Azis, F., Mukramin, S., & Risfaisal, R. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4365

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2003). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia [The implementation of inclusive schools in Indonesia]. Prosiding KS:Riset & PKM, 2(2).

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). PELAKSANAAN SEKOLAH INKLUSI DI INDONESIA. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Dwitya Sobat Ady Dharma. (2020). Budaya Organisasi, Perilaku Prososial, Kinerja Guru dan Staf di Sekolah Inklusi. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2389

Hafiz, A. (2017). Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal As-Salam, 1(3).

Haromain, H. (2020). PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN SEKOLAH INKLUSI DI KOTA MATARAM. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2904

Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2755

JC., P. (2018). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Kadir, Abd. (2016). PENYELENGGARAAN SEKOLAH INKLUSI DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1). https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.1-22

Mansur. (2016). Hambatan Komunikasi Anak Autis. Al-Munzir, 9(1).

Muafiah, E., Puspita, A. R., & Wanda Damayanti, V. V. (2021). Gender Equality and Social Inclusion (GESI) Pada Dua Sekolah Inklusi Di Ponorogo. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 19(2). https://doi.org/10.14421/musawa.2020.192.141-156
Noya, J. E., & Ambarwati, K. D. (2020). Gambaran Interaksi sosial anak autis di Sekolah Inklusi Multi Talenta Samarinda. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(2). https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i2.2642

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November.

Puspa Wijayanti, T., Afita, W., & Wilantanti, G. (2019). Pengaruh Sekolah Inklusi terhadap Kepekaan Sosial Anak SD Slerok 2 Kota Tegal. Journal of Creativity Student, 2(2).

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Rahmatika, N., Ratrianasari, D., & Widodo, H. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH INKLUSI SEKOLAH DASAR INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1). https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18596

Rahmawati, P., & Saptandari, E. W. (2021). Peran Keterampilan Sosial-Emosional Guru terhadap Regulasi Emosi Siswa Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmu Perilaku, 4(2). https://doi.org/10.25077/jip.4.2.120-134.2020

Sandra, O. N., & Zuhroh, L. (2021). Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.557

Saputra, B. R. (2020). STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGUATKAN KESADARAN DISABILITAS DI SEKOLAH INKLUSI. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 3(2). https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n2.p40-44

Sari, A. N., Budiman, B., & Hadinata, E. O. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi SD Harapan Mandiri Palembang. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(1). https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i1.9266

Satwika, Y. W., Khoirunnisa, R. N., Laksmiwati, H., & Jannah, M. (2019). EFEKTIVITAS PELATIHAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA GURU SEKOLAH INKLUSI. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 13(2). https://doi.org/10.30587/psikosains.v13i2.763

Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan Dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan Abk Di Sekolah. Empati Bimbingan Dan Konseling UPGRIS Semarang, 5(1).
Sudarto, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p97-106

TIKA RIBBANY, E. (2016). Bullying Pada Pola Interaksi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Inklusif. Paradigma, 4(3).

Utami, M. N., & Putra, W. B. (2020). Fasilitas Ruang Khusus Pada Sekolah Inklusi Binar Indonesia (Bindo) di Bandung. Jurnal Arsitektur TERRACOTTA, 2(1). https://doi.org/10.26760/terracotta.v2i1.4289
Published
2022-11-05