PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSI: ARGUMENTASI DAN TANTANGAN DI ERA MODERN

  • Mirza Mahbub Wijaya Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang
  • Supriyono Supriyono Universitas Wahid Hasyim, Semarang
Keywords: pendidikan inklusi, disabilitas, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Ada sebagian manusia yang memiliki keterbatasan sejak lahir. Keterbatasan tersebut berkaitan dari segi fisik maupun dari segi mentalnya. Bahkan ketika siswa penyandang disabilitas membutuhkan pendidikan, belum banyak lembaga pendidikan menyesuaikan kurikulum mereka dengan penyandang disabilitas.  Maka dapat ditemukan rumusan masalah, bagaimana konsep pendidikan inklusi dan relevansinya dalam Islam. Penelitian ini pada dasarnya berjenis riset kepustakaan (library research), di mana kajiannya berfokus pada literatur dalam negeri juga literatur asing. Kajian Pustaka berbeda dengan field research yang mengandalkan data-data lapangan. Kajian ini fokus pada penelusuran literatur yang membicarakan persoalan disabilitas.  Hasil dari kajian literatur menemukan bahwa konsep pendidikan inklusi memerlukan usaha berupa sekolah ramah disabilitas dan pembentukan paradigma Islam rahmatal lil alamin. Sekolah ramah disabilitas ditunjang dengan membangun aksesibilitas fisik dan komunikasi di sekolah, perangkat teknologi bantu, dan merekrut guru dengan disabilitas. Dengan adanya aksesibilitas yang menunjang peserta didik yang mengalami disabilitas, mereka dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan nyaman. Terlebih lagi telah didukung dengan lingkungan sekolah berparadigma Islami.

References

Ainscow, M., & Susie, M. (2009). Developing Inclusive Education Systems: How Can We Move Policies Forward. Manchester: University of Manchester.
Al-Aoufi, H., Al-Zyoud, N., & Shahminan, N. (2012). Islam and the cultural conceptualisation of disability. International Journal of Adolescence and Youth, 17(4), 205–219. https://doi.org/10.1080/02673843.2011.649565
Anjarsari, A. D., Efendy, M., & Sulthoni. (2018). Penyelengaraan Pendidikan Inklusi Pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104
Bazna, M. S., & Hatab, T. A. (2005). Disability in the Qur’an: The Islamic Alternative to Defining, Viewing, and Relating to Disability. Journal of Religion, Disability & Health, 9(1), 5–27. https://doi.org/10.1300/J095v09n01_02
Daimah. (2018). Pendidikan Inklusif Perspektif QS. Al-Hujurat Ayat 10-13 Sebagai Solusi Eksklusifisme Ajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1837
Delport, D. H. (2021). There is More Than Meets the Eye: Success Stories of a Visually Impaired Student and a Lecturer. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 8(1), 14.
Hayes, A. M., & Bulat, J. (2017). Disabilities Inclusive Education Systems and Policies Guide for Low- and Middle-Income Countries. Triangle Park: RTI Press. https://doi.org/10.3768/rtipress.2017.op.0043.1707
Husnizar. (2007). Konsep Subjek Didik Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Raniri Press.
Imaniah, I., & Fitria, N. (2018). Inclusive Education for Students with Disability. SHS Web of Conferences, 42(39), 00039. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200039
Kahveci, G. K. (2016). School Counseling and Students with Disabilities. International Online Journal of Primary Education, 5(2), 15–21.
Laila, Q. N. (2018). Problematika Pendidikan Inklusi di Sekolah (hlm. 17). Dipresentasikan pada The 3rd Annual International Conference on Islamic Education, Mojokerto: STITNU Al Hikmah Mojokerto.
Maftuhin, A. (2017). Hambatan Inklusi Mahasiswa Difabel Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 24.
Maragustam. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Spiritualitas Keagamaan dan Cinta Tanah Air dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.22373/jie.v4i1.7122
Nisa, U. (2021). Stigma Disabilitas di Mata Orang Tua Anak Difabel di Yogyakarta. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 8(1), 75. https://doi.org/10.14421/ijds.080106
Rahma, U., Hikmiah, Z., & Firmanda, T. H. (2022). Pemetaan Kebutuhan Pendampingan Konseling: Study of Psychological Wellbeing, 9(1), 24.
Sæbønes, A.-M. (2015). Towards a Disability Inclusive Education. Dalam EDUCATION FOR DEVELOPMENT. Oslo.
Smith, J. D. (2006). Inklusi Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Nuansa.
Sukadari. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pendidikan Inklusi. Elementary School, 7(2).
Syaltout, M. (1996). Al-Islam Aqidah Wa Syar’iah. Cairo: Dar Al-Qolam.
Uhbiyati, N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam II. Bandung: CV Pustaka Setia.
Wijaya, M. M. (2021). Islamic Education Model in Madrasah in The Perspective of Islamic Education Philosophy. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 8(1), 91–101.
Published
2022-11-05