MASJID AGUNG NURUL YAQIN WAISAI KABUPATEN RAJA AMPAT

pusaka

  • Idham bodi Balai Litbang Agama
Keywords: Masjid Agung Waisai, pengelolaan masjid, Masjid Raja Ampat

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui: pengelolaan, fungsi, dan kondisi pisik dari masjid Agung Nurul Yaqin Waisai Kabupaten Raja Ampat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, studi dokumen, dan pustaka. Data yang terhimpun dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa: 1) Pengelolaan masjid Agung Waisai Kabupaten Raja Ampat masih menggunakan manajemen tradisional, 2) Fungsi masjid Agung Waisai masih sebatas ibadah ritual (lima waktu, shalat ‘idain), dakwah dan edukasi melalui khatib dan ceramah di hari-hari besar Islam), dan fungsi sosial (buka puasa bersama di bulan Ramadhan, pengelolaan zakat, pengumpulan/penyembelihan hewan qurban, dan 3) Kondisi fisik masjid Agung Waisai masih dalam tahap pembangunan.

 

References

Al Qur’an Al Karim.
Gaman, Gaman (Mantan lurah dan tokoh adat).Wawancara di rumahnya pada tanggal 25 Maret 2011.
BPS. 2011. Raja Ampat Dalam Angka (Raja Ampat In Figures 2011). Waisai Raja Ampat: Badan Pusat Statistik Kabupaten Raja Ampat.
Direktorat Urusan Agama Islam dn Pembinaan Syariah. 2008. Tipologi Masjid. Jakarta: Direktporat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama.
Fauziah. 2008. Pemberdayaan Umat Melalui Manajemen Masjid pada Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. Dalam Harmoni (jurnal Multikultural dan Multireligius, Vol. Oktober-Desember, No. 28, h. 115-135.
Wairoy, H. Abdul Rahmahn (Pembina Pembangunan Masjid Agung Waisai, mantan ketua pembangunan), Wawancara di Kantor Bupati Raja Ampat pada tanggal 23 Maret 2012.
Hafidhuddin, Didin. 2002. Manajemen Syariah dalam Praktik.Jakarta: Gema Insani Press.
Jomardi. 2012. Manajemen Masjid Secara Modern dan Profesional. Dalam Jurnal Koordinat Vol. V, Edisi Januari-Februari 2012.
Kementerian Agama Republik Indonesia. 2010. Rencana Strategis Kementerian Agama RI 2010-2014. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Laporan panitia pembangunan yang tertuang dalam proposal permintaan dana tahun 2010.
Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf.2000.Pola Pembinaan Kegiatan Kemasjidan dan profil Masjid, Mushalla dan Langgar.Jakarta: Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji.
Shihab, Quraish. 1996. Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat.Bandung: Mizan.
Malak, Stepanus. 2007. Kapitalisasi Tanah Adat. Bandung: Yayasan Bina Profesi Mandiri.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, h. 59

al-Nawawi>, Muhyiddin Abu> Zakariyya> Yah{ya> ibn Syaraf. Daqa>iq al-Minha>j. Lebanon: Da>r Ibn H{azm, t.th.
--------, Al-Majmu>’ Syarh} al-Muhaz\z\ab, Juz VI. Jeddah: Maktabah al-Irsya>d, 2003
--------, Raud}ah al-T{a>libi>n, Juz II. Riyadh: Da>r ‘Am al-Kutub, 2003.
--------, Minha>j al-T{a>libi>n wa ‘Umdah al-Mufti>n. Cet. I; Beirut: Da>r al-Minha>j, 2005.
al-Ra>fi’i, Abu> al-Qa>sim Abdul Kari>m Ibn Muhammad. Al-Syarh} al-Kabi>r, Juz III. (Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1997.
al-Z|ahabi>, Muhammad Husain. Al-Tafsi>r wa al-Mufassiru>n. Jilid 1. Cet. VII. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.
Published
2013-01-20