Optimalisasi Tata Kelola Kearsipan Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan

  • I Gst. Ayu Uik Astuti Kementerian Agama Kota Makassar
  • Asnianti Asnianti Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: optimalisasi, tata kelola, kearsipan, efektif, efesien

Abstract

Tulisan ini membincangkan pentingnya penyelenggaraan kearsipan dalam administrasi perkantoran pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, yang mempunyai nilai informatif bagi organisasi. Arsip dipandang penting oleh karena dapat menyajikan informasi yang terkait dengan bukti kegiatan organisasi termasuk hubungan sosial yang terjadi pada organisasi. Namun pada faktanya, penyelenggaraan kearsipan pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan belum menunjukkan adanya standarisasi pengelolaan arsip yang handal, termasuk sarana dan prasana terkait penataan arsip aktif. Pengkajian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan menyajikan fakta secara deskriptif analitis. Tulisan ini bertujuan untuk menemukan fakta yang sesungguhnya yang menjadi problem sekaligus menemukan solusi yang terkait pada penyelenggaraan kearsipan pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil kajian menunjukkan bahwa, secara institusional penyelenggaraan kearsipan merupakan bagian dari tata kelola kearsipan yang harus dilakukan sesuai dengan kaidah kearsipan yang bersifat dinamis. Secara khusus penyelenggaraan kearsipan pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan memmiliki tantangan dalam tiga hal, yaitu dalam aspek kebijakan, pengelolaan arsip, dan pembinaan sumber daya manusia kearsipan. Hasil kajian juga menunjukkan bahwa tata kelola kearsipan juga dapat mempengaruhi capaian tujuan organisasi. Optimalisasi tata kelola kearsipan dilakukan melalui penguatan kapasitas pelaksanaan sistem kearsipan dengan ruang lingkup penyelenggaraan kearsipan secara menyeluruh yang didasarkan pada kebijakan, pengelolaan, serta pembinaan sumber daya manusia kearsipan.

References

Ahyar, J., Z. Z., M. I. , & K. R. (2021). Optimalisasi Digitalisasi Arsip pada Kantor Mahkamah Syar’iyah. Asia-Facific Journal of Public Policy, 7(1), 49–67.
Bahar, H. and Mathar, T. (2015) ‘Upaya Pelestarian Naskah Kuno di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan’, Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.24252/kah.v3i1a8.
Fitriyah, R.N. (2019) ‘Penyusutan Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen Arsip Di Balai Diklat Keagamaan Semarang’, Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), pp. 76–87. Available at: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i2.27422.
Fathurahman, M. (2018). Pentingnya arsip sebagai sumber informasi. JIPI(Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 3(2), 215–225.
Handayani, T. (2018). Inovasi Sebagai Solusi pada Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Kearsipan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 2(4), 413–428.
Jahari, J., & Prayoga, A. (2019). Tata Kelola Kearsipan Di Kantor Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. In Alfiyan Paramudita Kariman (Vol. 07).
Keagamaan, A. et al. (no date) Perjanjian Internasional Sebagai Perwujudan Arsip Terjaga: Studi Kasus Treaty Of London Dan Treaty Of Waitangi ‘The Real Me’ In Archives: Unravelling The Personal Archives Of Hazeu Rusmiatiningsih Volume 12 Nomor 1, Juni 2017 Grand Design Pembangunan Pusa.
https://inspektorat.sumbarprov.go.id/details/news/9153
Meirinawati, M., & P. I. (2015). (2015). Manajemen Kearsipan untuk Mewujudkan Tata Kelola Administrasi Perkantoran Yang Efektif dan Efesien. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran.
Muttaqin, R. (2018). Akuntabilitas Sistem Informasi Manajemen Kearsipan dan E-Dokumen. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 264–271.
Sufa’ah, A., & C. L. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Arsip Dinamis Melalui Pembinaan Kearsipan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, Dan Pembembangan Daerah Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(3), 141–150.
UU Nomor 43 Tahun 2009. (n.d.).
Wardah, M. (2017). Pengelolaan Arsip Dinamis. Libria, 8(1).
Published
2023-06-16