Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa New Normal
Abstract
Riset ini fokus untuk memahami kepemimpinan transformasional kepala madrasah untuk meluaskan mutu pendidikan pada lembaga pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar pada masa new normal. Riset menggunakan metode deskiptif kualitatif serta memilih pendekatan fenomenologi. Penulis mendapatkan data lapangan melalui wawancara pada pimpinan madrasah, kepala Tata Usaha, pendidik, tenaga kependidikan, serta peserta didik, sekaligus menggunakan observasi dan dokumentasi pada beberapa hal yang terkait dengan kepemimpinan. Analisis data yang dikumpulkan kemudian dianalisis melalui empat tahap yaitu analisa taksonomi, domain, komponensial dan tema kultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama kepala madrasah sebagai pemimpin yang transformatif memiliki empat dimensi yaitu: a) idealized influenced, seorang kepala madrasah mampu dijadikan panutan oleh seluruh stakeholder; b) inspirational motivation, seorang kepala madrasah mampu menginspirasi serta memberi motivasi terhadap seluruh stakeholder untuk mencapai tujuan madrasah yang bermutu; c) intellectual stimulation, memiliki kapabilitas mengembangkan ide dan gagasan seluruh stakeholder untuk memajukan madrasah; d) individualized consideration, seorang kepala madrasah menerima aspirasi serta masukan-masukan seluruh stakeholder untuk pengembangan madrasah yang dipimpinnya. Kedua terdapat upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yakni: a) Pembentukan tim kerja; b) menjalin dan memelihara komunikasi dengan berbagai pihak; c) melakukan MoU dengan berbagai instansi eksternal. Artikel ini merekomendasikan bahwa model kepemimpinan transformasional kepala madrasah sangat cocok diterapkan pada organisasi atau lembaga pendidikan termasuk antisipasi masa transisi dari masa normal menuju new normal. Riset kepemimpinan transformasional sekaligus dapat mereduksi gaya kepemimpinan transaksional.
References
Anderson, M. 2017. “Transformational Leadership in Education: A Review of Existing Literature.” International Social Science Review 93 (1).
Andini, Indri, Nur Afria Nanda Safitri, and Hendri Hendri. 2022. “Analisis Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen 2 (1).
Asdi, Ahmad. 2021. “PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU.” Journal of Counseling, Education and Society 2 (1). https://doi.org/10.29210/08jces131400.
Asmani, Ma’mur Jamal. 2012. Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah. Yogyakarta: Buku Biru.
Bashori. 2019. “Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 80.
Bass, B. M., Riggio, R. E. 2006. Transformational Leadership. 2nd ed. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Bass, Bernard. 2015. “Transformational Leadership Theory.” In Organizational Behavior 1: Essential Theories of Motivation and Leadership. https://doi.org/10.4135/9781412972017.n290.
Bass, Bernard M, and Bruce J Avolio. 1993. “Transformational Leadership: {A} Response to Critiques.” In Leadership Theory and Research: {Perspectives} and Directions.
“Becoming an Effective Leader.” 2020. Practice Nurse 50 (6). https://doi.org/10.4324/9780203028377-8.
Berkovich, Izhak, and Ori Eyal. 2021. “Transformational Leadership, Transactional Leadership, and Moral Reasoning.” Leadership and Policy in Schools 20 (2). https://doi.org/10.1080/15700763.2019.1585551.
Burnes, Bernard, Mark Hughes, and Rune T. By. 2018. “Reimagining
Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, Vol. 11, No. 1, 2023
115
Organisational Change Leadership.” Leadership 14 (2). https://doi.org/10.1177/1742715016662188.
Burns, J.M. 1978. Leadership. New York: Harper & Rows.
Dewi, I Gusti Ayu Manuati. 2009. “Model Kepemimpinan Efektif.” Piramida 5 (1).
Dewi, W. A. F. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 55–61.
Fadlun, Maros, Julian Elitear, Ardi Tambunan, and Ernawati Koto. 2016. “Penelitian Lapangan (Field Research) Pada Metode Kualitatif.” Penelitian Lapangan.
Gates, Bill. 2020. “Responding to Covid-19 — A Once-in-a-Century Pandemic?” New England Journal of Medicine 382 (18). https://doi.org/10.1056/nejmp2003762.
Ghufron, Ghufron. 2020. “Teori-Teori Kepemimpinan.” Fenomena 19 (1). https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i1.34.
Hajaroh, Mami. 2010. “Paradigma, Pendekatandan Metode Penelitian Fenomenologi.” Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Hanik, Fauziyah. 2017. “Manajemen Kepemimpinan Transformasional Di Bidang Pendidikan Terhadap Kedisiplinan Mutu Pendidikan.” Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 15 (1).
Harrison, Christian. 2018. Leadership Theory and Research. Leadership Theory and Research. https://doi.org/10.1007/978-3-319-68672-1.
Hidayat, Muhamad Taufik, Wahid Hasim, and Amir Hamzah. 2020. “Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi Atau Masalah Baru Dalam Pembelajaran?” Journal Civics & Social Studies 4 (2). https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.918.
Howell, Joshua L., Kim E. Bullington, Dennis E. Gregory, Mitchell R. Williams, and William L. Nuckols. 2022. “Transformational Leadership in Higher Education Programs.” Journal of Higher Education Policy and Leadership Studies 3 (1). https://doi.org/10.52547/johepal.3.1.51.
Hoy, Wayne. Miskel, Cecil G. 2013. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: McGraw Hill.
Humphrey, Ronald H. 2017. Effective Leadership: Theory, Cases, and Applications. Effective Leadership: Theory, Cases, and Applications. https://doi.org/10.4135/9781544308524.
Intan, S. M., Aan, K., Abubakar. 2016. “Kepemimpinan Tranformasional
Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah .... – Syawal Kurnia Putra,, Dkk.
116
Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan 23 (2): 177.
Irawati, Dwi. 2011. “Perkembangan Teori Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Pustaka.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis, no. 1.
Izzaty, Rita Eka, Budi Astuti, and Nur Cholimah. 1967. “Metode Observasi.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
J, Salusu. 2000. Pengambilan Keputusan Strategic: Untuk Organisasi Publik Dan Organisasi Nonprofil. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Jailani, M. Syahran. 2013. “Ragam Penelitian Qualitative (Ethnografi, Fenomenologi, Grounded Theory, Dan Studi Kasus).” Edu-Bio 4.
Kartono, Kartini. 2010. Pemimpin Dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Jakarta: Raja Grafindo.
Kemdikbud. 2021. “Kamus Besar Bahasa Indonesia,” in Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Khalim Zainal. 2008. “Memahami Tingkah Laku Remaja Bermasalah Dari Perspektif Teori Tingkah Laku, Humanistik, Psikoanalitik & Tret Personaliti.” Jurnal Pengajian Umum 9.
Kuswari, Iwa. 2016. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah.” Jurnal Tarbawi 2 (2): 2.
Leni, N., Bach, Y.C. 2019. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 13–24.
Lutahns, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. 10th ed. Yogyakarta: Andi.
Mariana, O., Desri, K. S. 2016. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah.” A Journal Of Language, Literature, Culture, and Education 12 (1): 2–3.
Meilina, Bustari. 2010. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi.” In Konferensi Internasional Manajemen Pendidikan (Iccmal). Yogyakarta: UNY.
Moralista, R. B., Oducado, R. M. F. 2020. “Faculty Perception Toward Online Education in a State College in The Philippines During the Coronavirus Disease 19 (Covid-19) Pandemic.” Universal Journal Of Educational Research 8 (10): 4736–42.
Mouton, Nico. 2019. “A Literary Perspective on the Limits of Leadership: Tolstoy’s Critique of the Great Man Theory.” Leadership 15 (1).
Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, Vol. 11, No. 1, 2023
117
https://doi.org/10.1177/1742715017738823.
Nafrin, Irinna Aulia, and Hudaidah Hudaidah. 2021. “Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3 (2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324.
Netolicky, Deborah M. 2021. Future Alternatives for Educational Leadership. Future Alternatives for Educational Leadership. https://doi.org/10.4324/9781003131496.
Nuryatin, S. 2020. “Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal.” In OSF Preprints.
Payne, Phillip G. 2006. “Environmental Education and Curriculum Theory.” Journal of Environmental Education. https://doi.org/10.3200/JOEE.37.2.25-35.
Pemerintah, Peraturan. 2022. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022.
Potter, David, and Jens Starke. 2022. “Transactional and Transformational Leadership.” In Building a Culture of Conscious Leadership. https://doi.org/10.4324/9781003272793-5.
Poutiatine, Michael I. 2009. “What Is Transformation?: Nine Principles toward an Understanding Transformational Process for Transformational Leadership.” Journal of Transformative Education 7 (3). https://doi.org/10.1177/1541344610385249.
Price, William H. 2001. “Book Reviews: The Leadership Pipeline: How to Build the Leadership-Powered Company.” Journal of Leadership Studies 8 (2). https://doi.org/10.1177/107179190100800213.
Putra, Purwanto, and Renti Oktaria. 2021. “Menyikapi Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Tatanan Budaya Yang Berubah: Penjangkauan Dan Adaptasi Pembelajaran Online Bagi Anak Didik.” Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies 1 (1). https://doi.org/10.24042/jwcs.v1i1.9279.
Rafles, Efri Bobby, and Meyzi Heriyanto. 2012. “Watak, Kebebasan Berpolitik, Kesempatan Untuk Maju, Dan Kepuasan Kerja.” Administrasi Pembangunan 1.
Rismawidiawati, Rismawidiawati, and Andi Maryam. 2021. “Peran Guru Pada Proses Belajar Dari Rumah Selama Covid-19 Di SMPN 1 Sungguminasa Gowa Sulawesi Selatan.” PUSAKA 9 (1).
https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i1.479.
Saboowala, R., Manhirmalani-mishra, P. 2020. “Perception Of In-Service Teachers Towards Blended Learning as the New Normal in Teaching-Learning Process Post Covid-19 Pandemic.” Research Square, 1–16.
Safitri, Andriani, Fannia Sulistiani Putri, Hafni Fauziyyah, and Prihantini Prihantini. 2021. “Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Penerapan Kurikulum 2013.” Jurnal Basicedu 5 (6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1631.
Saugi, Wildan, Suratman Suratman, and Kurniati Fauziah. 2022. “Kepemimpinan Kiai Di Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” PUSAKA 10 (1). https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.671.
Schuh, Sebastian C., Xin an Zhang, and Peng Tian. 2013. “For the Good or the Bad? Interactive Effects of Transformational Leadership with Moral and Authoritarian Leadership Behaviors.” Journal of Business Ethics 116 (3). https://doi.org/10.1007/s10551-012-1486-0.
Septyan, F. B., Musadieq, M. Al., Mukzam, Mochammad Djudi. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Dan Kinerja: Studi Pada Karyawan Cv. Jade Indopratama Malang.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 53 (1): 81–88.
Setiawan, Bahar Agus. 2013. Transformational Leadership Ilustrasi Di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sudarwan, Danim. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah; Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi, and Aulia Anshari. 2022. “PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PTPN IX BATUJAMUS.” Jurnal Publikasi Manajemen Informatika 1 (1). https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i1.243.
Syahril, Sulthon. 2019. “TEORI-TEORI KEPEMIMPINAN.” Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 4 (02). https://doi.org/10.32332/riayah.v4i02.1883.
Winardi, Rijath Djatu. 2018. “Metode Wawancara.” Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, no. September 2018.
Yukl, Gary. 1994. Kepemimpinan Dalam Organisasi, Terj. Yusuf Udaya. Jakarta: Prenhalindo.
Yukl, Gary A. 2013. Leadership in Organizations (Global Ed.). Essex: Pearson.