Strategi Program Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Pemustaka MTsN Luwu Utara

  • Fikar Muasbin Madrasah Tsanawiyah Negeri Luwu Utara
  • Husnul Husnul Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
  • Salma Harun Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Makassar
  • Nasrullah Nasrullah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar
Keywords: strategi, perpustakaan, minat baca

Abstract

Perpustakaan memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan budaya baca pada sebuah institusi pendidikan. Pada hakikatnya, perpustakaan setidaknya dalam setiap fase mampu memaksimalkan perannya dalam peningkatan minat baca pemustaka pada institusi pendidikan seperti Madrasah. Perpustakaan madrasah diharapkan mampu menjadi urat nadi dari setiap aktivitas proses pembelajaran yang salah satunya meningkatkan minat baca pemustaka. Khususnya di MTsN Luwu Utara, minat baca masih tergolong rendah, disebabkan karena kurangnya upaya perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca pemustaka. Dengan kehadiran teknologi informasi yang semakin berkembang, tampaknya menjadi angin segar bagi pengelola perpustakaan untuk melakukan terobosan baru dengan memperbarui perpustakaan jenis konvensional menjadi pelayanan digital di MTsN Luwu Utara. Perkembangan teknologi tersebut memberikan peluang bagi perpustakaan untuk melakukan strategi dalam rangka mendongkrak minat baca siswa Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca pemustaka di lingkungan MTsN Luwu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung dengan pengguna perpustakaan MTsN Luwu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka mengharapkan adanya upaya dari perpustakaan untuk mendorong semangat minat baca di MTsN Luwu Utara. Adapun strategi yang dilakukan perpustakaan MTsN Luwu Utara dalam rangka meningkatkan minat baca pemustaka yakni dengan melakukan pembaruan jenis perpustakaan, pembuatan program wajib kunjung perpustakaan, dan pemanfaatan teknologi informasi mellaui penyediaan e-book berbasis website dan applikasi perpustakaan serta pemanfaatan media sosial.

References

Adi Alpian, Hikmatu Ruwaida .(2022 ). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan MinatBaca Siswa di Sekolah Dasar [online]. 2 (2), PP. 1660-1617 Available. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363
Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori dan Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
C .Larasati Milburga. (2001). Membina PerpustakaanSekolah.Yogyakarta:Kanisius.
Devega Efita (2017), “TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos”. Jakarta: Kominfo.
Faisal Sanapiah (2010). Format- Format Penelitian Sosial, Jakarta: Rajagrafindo Persada
Galliant Rahardian, dkk. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. 2. (1):27-36
Herlina, Abdul Haris. (2022) Implementasi Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kab. Bone. 8 (.2) :299-307
Kartika, Ika, Dan Ratna Purwati. 2020. “Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.” Edubase : Journal Of Basic Education 1(1):65. Doi: 10.47453/Edubase.V1i1.46.
Nasrullah. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa SMP dan SMA di Bosowa School Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 8 (1)
Prastowo, Andi (2016).Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta : Ar- Ruzz Media
Rodin, Rhoni. 2013. “Peluang Dan Tantangan Penerapan Otomasi Perpustakaan Di Indonesia..” Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan1(1):73.Doi:10.24198/Jkip.V1i1.9613.
Subair, M. 2014. “Standarisasi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Gorontalo 2 (1) : 3
Sudaryono, Instrumen dkk. (2013). Penelitian Pengembangan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sulistyo- Basuki (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia
Suwarno,Wiji (2010). Pengetahuan Dasar Kepustakaan, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Sutarno,NS (2006). Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Sagung Seto
Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Umar, Touku. 2013. “Perpustakaan Sekolah Dalam Menanamkan Budaya Membaca.” Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 1(2):127
Wiryodijoyo, Suwaryono. (1989). Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta
Published
2023-06-16