MASJID JAMI’ TUA PALOPO

  • Muhammad Ali saputra Balai Litbang Agama
Keywords: Masjid Jami, Tua, Arkeologi, Palopo

Abstract

Penelitian-penelitian arkeologi terhadap masjid-masjid kuno di Indonesia memperlihatkan arsitektur dan gaya yang berbeda dengan masjid-masjid di Timur Tengah. Masjid-masjid kuno di Jawa  mendapat pengaruh dari arsitektur pra-Islam (Hindu-Buddha) dan arsitektur lokal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan arsitektur Masjid Jami’ Tua Palopo yang berada di Sulawesi Selatan, sebuah wilayah yang tidak memiliki akar pengaruh agama Hindu-Buddha. Data dikumpulkan lewat observasi, wawancara dan laporan-laporan penelitian terdahulu tentang subjek yang sama, lalu dianalisis dengan metode analisis artefak. Hasil penelitian menunjukkan beberapa aspek arsitektur dan gaya  bangunan masjid tersebut memiliki kesamaan dengan beberapa masjid kuno di Jawa dan bangunan candi Hindu-Buddha di sana.

 

Kata Kunci: Masjid Jami’ Tua, Arkeologi, Palopo

References

Aboebakar, H..1955. Sedjarah Mesjid dan Amal Ibadah di dalamnya. Jakarta: Banjarmasin Fa. Toko Buku Adil.
Ambary, Hasan Muarif. 2001. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Haris, Tawalinuddin. “Mesjid Luwu: Sebuah Tinjauan Arsitektur”, Pertemuan Ilmiah Arkeologi (PIA),. IV, Cipanas 3-9 Maret, 1986. (I. Evolusi Manusia, Lingkungan Hidup, dan Teknologi). Jakarta: Proyek P3 Depdikbud, 1986.
Mahmud, M.Irfan. 2003. Kota Kuno Palopo Dimensi Fisik, Sosial, dan Kosmologi, Makassar: Masagena Press.
Mattata, Sanusi Daeng. 1967. Luwu Dalam Revolusi. Makassar: Bhakti Baru.
Muhaeminah. 1996. Arsitektur Masjid Kuna Palopo. Laporan Penelitian, Puslit Arkenas Balai Arkeologi Ujungpandang. Ujungpandang: Balai Arkeologi Ujungpandang.
Muttalib, M.Abdul. 1987. Masjid Tua Palopo. Ujungpandang: Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Sulawesi Selatan.
Nawir. 1997. Sejarah Islam di Luwu. Ujungpandang: Balai Kajian sejarah dan Nilai Tradisional Sulawesi Selatan Depdikbud.
Pawiloy, Sarita. 2002. Ringkasan Sejarah Luwu. Palopo: Proyek Pelestarian Sejarah dan Budaya Luwu Pemda Kab. Luwu.
Pijper, G.F., “Mesjid-Mesjid di Pulau Jawa”, dalam: Tudjimah (Penerjemah). 1984. Penelitian Tentang Agama Islam di Indonesia 1930-1950, Jakarta: Penerbit UI Press, h.14-66.
Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional. 2008. Metode Penelitian Arkeologi. Jakarta: Puslitbang Arkenas, Cetakan Kedua.
Sumalyo, Yulianto. 2000. Arsitektur Masjid dan Monumen Sejarah Muslim. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Syukur, Syamzan. 2009. Islamisasi Kedatuan Luwu Pada Abad XVII. Jakarta: Badan Litbang & Diklat Puslitbang Lektur Keagamaan Departemen Agama R.I.
Tjandrasasmita, Uka. 2000. Penelitian Arkeologi Islam Di Indonesia Dari Masa ke Masa, Kudus: Menara Kudus.
Tjandrasasmita, Uka. 2009. Arkeologi Islam Nusantara. Jakarta: Kepustakaan Gramedia Populer (KPG).
Published
2013-01-20