MASJID AGUNG KHAERA UMMAH KOLAKA DAN SISTEM PENGELOLAANNYA

  • La Sakka Balai Litbang Agama
Keywords: Great Mosque, Khaerah Umma, Kolaka

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui keadaan lingkungan, kondisi pisik dan infrastruktur,  sistem pengelolaan, serta peran fungsi dari masjid Agung Khaera Ummah Kolaka. Untuk menjaring data, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berkesimpulan bahwa masjid  Agung Khaera Ummah adalah masjid milik warga masyarakat Kabupaten Kolaka,  masjid  ini memiliki fungsi sebagai tempat pelaksanaan ibadah ritual shalat berjamaah dan hari-hari besar Islam. Walaupun  masjid ini milik masyarakat, namun dalam pengelolaannya, masjid ini dikelola oleh pemerintah kota kerjasama dengan masayarakat sebagai konsekwensi dari status masjid sebagai masjid Agung.

 

References

Ahmad, Kadir Abd. 2004. Masuknya Islam di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Departemena Agama. Makassar: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama.
Alhadza, Abdullah H. 2009. Sejarah Penyebaran Islam di Sulawesi Tenggara. Jakarta: CV. Shadra.
Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah. 2008. Tipologi Masjid. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Departemen Agama,
Geogle Earth.2012. Download Peta Lokasi Masjid Agung Khaera Ummah Kabupaten Kolaka.
Hafid, Anwar H. 2009. Sejarah Daerah Kolaka.Bandung: Humaniora.
Kementerian Agama Republik Indonesia. 2010. Rencana Strategis Kementerian Agama RI 2010 – 2014. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Mustafa, Mustari (ed.). 2007. Ulama, Masjid, Pesantren Sistem Pendidikan dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Cetakan I. Makassar: Sarwah Press.
Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan Wakaf. 2000. Pola Pembinaan Kegiatan Kemasjidan dan Profil Masjid, Mushallah dan Langgar. Jakarta: Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan Wakaf. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji.
Pemerintah Kabupaten Kolaka. 2012. Sejarah Singkat Terbentuknya Kabupaten Kolaka. Buku Panduan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-52 Kabupaten Kolaka.
Reimiangga@yahoo.com. 2012. Data Statistik Kependudukan dan Sosial Kemasyarakatan Masyarakat Kecamatan Kolaka.Via E-mail.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Published
2013-01-20