MASJID RAYA MAMUJU

  • Paisal Paisal Balai Litbang Agama
Keywords: Pengelolaan, Masjid raya, Mamuju

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian mencoba melihat sistem pengelolaan yang diterapkan di Masjid Raya Su’ada Mamuju, Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, studi dokumen, dan pustaka. Data yang terhimpun dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa: Dari segi planning program kegiatan masjid sudah cukup bagus, namun dalam aktualisasinya kurang terealisasi dengan baik. Masjid Raya Su’ada Mamuju mempunyai fungsi utama sebagai tempat ibadah. Selain itu, masjid ini juga mempunyai fungsi pendidikan dengan dibentuknya lembaga TPQ dan Madrasah Diniyah. Dalam bidang sosial mempunyai Lembaga Amil Zakat dan juga mengakomodasi kegiatan-kegiatan social keagamaan baik yang dilaksanakan oleh masjid raya sendiri maupun oleh berbagai lembaga agama dan lembaga sosial masyarakat lainnya.

 

References

BPS Kabupaten Mamuju. 2011, Mamuju Dalam Angka 2011. Mamuju
Direktorat Urusan Agama Islam dn Pembinaan Syariah. 2008. Tipologi Masjid. Jakarta: Direktporat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama.
Kementerian Agama Kabupaten Mamuju. 2011. Data Penamas 2011.
Mustafa, Mustari (ed.). 2007. Ulama, Masjid, Pesantren Sistem Pendidikan dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Cetakan I. Makassar: Sarwah Press.
Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf. 2000. Pola Pembinaan Kegiatan Kemasjidan dan profil Masjid, Mushalla dan Langgar.Jakarta: Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji.
Published
2013-01-20