OPTIMALISASI FUNGSI DAN PENGELOLAAN MASJID ISLAMIC CENTER KALIMANTAN TIMUR

  • Muhammad Subair Balai Litbang Agama
Keywords: Pengelolaan, Masjid Islamic Center, Samarinda Kaltim

Abstract

Menjamurnya masjid-masjid megah dan besar di Indonesia membawa konsekwensi perlunya model pengelolaan masjid dalam melayani jamaahnya. Untuk itu, penelitian masjid ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui penjaringan data wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan masjid Islamic Center Kaltim dikendalikan oleh Badan Pengelola dan Badan Pelaksana Pengelola. Peran dan fungsi yang dimainkan oleh masjid Islamic Center Kaltim selain sebagai tempat untuk pelaksanaan ibadah utamanya shalat, masjid ini juga berperan sebagai tempat untuk penyiaran agama Islam dan sebagai lembaga pendidikan.

 

 

References

An-Nur, 2002. Pengelolaan Masjid, Bulletin Dakwah, Edisi Jum’at IV/ Muharram 1423 H/ 5 April.
Departemen Agama RI, 1997. Al-Qur`an dan Terjemah, Surabaya : CV. Jaya Sakti.
Direktorat Urusan Agama Islam dn Pembinaan Syariah. 2008. Tipologi Masjid. Jakarta: Direktporat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama.
Kementerian Agama Badan Litbang dan Diklat Tahun 2010, Rencana Strategi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama 2010-2014.
Kementerian Agama Republik Indonesia. 2010. Rencana Strategis Kementerian Agama RI 2010-2014. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Miftah Thoha, 2003. Pembinaan Organisasi, Cet.IV; Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mustafa, Mustari (ed.). 2007. Ulama, Masjid, Pesantren Sistem Pendidikan dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Cetakan I. Makassar: Sarwah Press.
Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf. 2000. Pola Pembinaan Kegiatan Kemasjidan dan profil Masjid, Mushalla dan Langgar. Jakarta: Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji.
Shihab, M. Quraish, 2005. Wawasan Alqur’an, Cet. XVI ; Bandung : Mizan.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitan Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Yunan, Nasutiom, 1998. Islam dan Problema-Problema Kemasyrakatan, Cet. I; Jakarta :PT. Bulan Bintang
Published
2013-01-20