MASJID AL-MARKAZ AL-ISLAMI IKON KAWASAN TIMUR INDONESIA: SISTEM PELAYANAN MASJID KOTA

  • Husnul Fahimah Ilyas Balai Litbang Agama
Keywords: masjid, Al-Markaz Al-Islami, kegiatan, pengelolaan, pelayanan

Abstract

Penelitian bergenre kebijakan ini bertujuan untuk mengetahui pengeloaan, fungsi, dan peran masjid Al-Markaz Al-Islami sebagai masjid kota Makassar, serta mendeskripsikan kondisi fisik dan sejarah pembangunan masjid tersebut. Penelitian kualitatif yang dilakukan berdasarkan pada wawancara, observasi, dokumen, dan pustaka. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa masjid Al-Markaz Al-Islami telah menjalankan fungsi pelayanan dengan baik melalui kegiatan dan pelayanan kegamaan, pendidikan, sarana dan prasarana yang lengkap, penyediaan perpustakaan, sosial dan kesehatan, ekonomi dan jasa, hubungan masyarakat, pembinaan keagamaan di tingkat remaja dan perempuan, serta penyiaran agama Islam melalui radio dan media cetak. Dengan demikian sistem pengelolaan dan pelayanan masjid Al-Markaz Al-Islami layak menjadi masjid percontohan di Kawasan Timur Indonesia.

Kata kunci: masjid, Al-Markaz Al-Islami, kegiatan, pengelolaan, pelayanan

References

Amidan. 1981. Pedoman Pembinaan Masjid. Jakarta: Departemen Agama Bimas Islam dan Urusan Haji, Direktorat Urusan Agama Islam, Proyek Pembinaan Sarana Keagamaan Islam.
Departemen Agama RI. 2007. Pedoman Pemberdayan Masjid (Melalui Aspek Idarah, Imarah, dan Ri’ayah). Jakarta: Direktorat urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah berekrjasama dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.
Departemen Agama RI. 2007. Tipologi Masjid. Jakarta: Direktorat urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah berekrjasama dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.
Departemen Agama RI. 2008. Buku Petunjuk Pengelolaan Keuangan Masjid. Jakarta: Direktorat urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah berekrjasama dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.
Puslitbang Kehidupan Beragama. 2003. Kompilasi Peraturan Perundang- Undangan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Edisi Tujuh. Jakarta.
Qadrawi, Yusuf. 2000. Tuntunan Membangun Masjid. Jakarta: Gema Insani.
Siswanto. 2005. Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Sumekar, Sri. 2012. Urgensi Pengelolaan Perpustakaan Masjid. Makalah yang disampaikan pada Acara Workshop Pengelolaan perpustakaan Masjid di Makassar, 6 April 2012 oleh Balai Litbang Agama Makassar.
Syahidin. 2004. Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang U No. 43 Th. 2007 Tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.
Published
2013-01-20