PENGELOLAAN MASJID AGUNG AL KAUTSAR KENDARI

  • Muhammad As'ad Balai Litbang Agama
Keywords: Masjid Al Kautsar, Kendari, Fungsi Masjid

Abstract

Tulisan ini berangkat dari hasil penelitian tentang Masjid Agung Al Kautsar Kendari dan Pengelolaannya. Masjid ini merupakan asset keagamaan Pemda Propinsi Sulawesi Tenggara dan kepengurusannya ditetapkan olehnya. Anggaran pembangunannya didominasi olehnya dan sumbangan masyarakat kebanyakan untuk pengelolaannya. Masjid ini berlokasi pada tempat yang strategis di Kota Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara, peletakan batu pertamanya pada tahun 1985 dan dipakai pertama kali shalat berjamaah pada tanggal 01 Ramadhan 1987. Fungsi utama yang dilakukan masjid ini adalah di bidang ibadah dan dakwah; dan di bidang pendidikan sudah tampak meskipun masih terbatas; sedang di bidang sosial masih sangat kurang.

Kata Kunci: Masjid Al Kautsar, Kendari , Fungsi Masjid

References

Anonim. 2008 (a). Tipologi Masjid. Jakarta: Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama.
Anonim. 2008 (b). Pedoman Pembinaan Kemasjidan. Jakarta: Direktorat urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Departemen Agama.
Badan Pusat Statisti Kota Kendari. 2011. Kota Kendari dalam Angka 2011. Kendari: BPS Kota Kendari.
Heuken, Adolf SJ. 2003. Mesjid-Mesjid Tua di Jakarta. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka.
Mustafa, Mustari (ed.). 2007. Ulama, Masjid, Pesantren Sistem Pendidikan dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Cetakan I. Makassar: Sarwah Press.
Pengurus Masjid Agung Al Kautsar Kendari. 2009. Mengenal Masjid Agung Al Kautsar Kendari.
Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf. 2000. Pola Pembinaan Kegiatan Kemasjidan dan profil Masjid, Mushalla dan Langgar. Jakarta: Proyek Peningkatan Sarana Keagamaan Islam Zakat dan wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji.
Published
2013-01-20