Naskah Ajaran Puasa Dalam Syarh Minhaj al-Talibi

  • Syarifuddin Amir Balai Litbang Agama
Keywords: Naskah, Kritik Teks, Syarh} Minha>j al-T{a>libi>n

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis suntingan teks terhadap teks Kita>b Al-S{iya>m Naskah Syarh} Minha>j al-T{a>libi>n Karya Jalaluddin al-Mah{alli>. Masalah pokok yang dikemukakan dalam tesis ini adalah bagaimana suntngan teks Kita>b Al-S{iya>m Naskah Syarh} Minha>j al-T{a>libi>n Karya Jalaluddin Al-Mah{alli. Untuk mengurai lebih jauh dari pokok permasalahan, digunakan pendekatan kodikologi dan suntngan teks. Tujuan pendekatan ini yaitu menganalisis teks Kita>b Al-S{iya>m Naskah Syarh} Minha>j al-T{a>libi>n Karya Jalaluddin Al-Mah{alli untuk menghasilkan teks edisi kritik yang layak terbit. Dalam mengumpulkan data, digunakan wawancara untuk menggali data yang berkaitan dengan Naskah Syarh} Minha>j al-T{a>libi>n Karya Jalaluddin Al-Mah{alli. Selanjutnya, dilakukan penelusuran data kepustakaan. Pada tahap berikutnya, data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan pendekatan kodikologi dan kritik teks.

 

References

al-Bagawi>, Abu> Muhammad al-H{usayn ibn Mas’u>d. Al-Tahz\i>b fi> Fiqh al-Ima>m al-Sya>fi”i, Juz III. Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1997.
Baried, Siti Barorah et. al., Pengantar Teori Filologi. Yoyakarta: Badan Penelitian dan Publikasi Fakultas Seksi Filologi Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada, 1994.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, “Mazhab” Ensiklopedi Islam, Jilid 3. Cet. III; Jakarta: Ikhtiar Van Hoeve, 1994.
al-Gaza>li>, Muhammad ibn Muhammad. Al-Wasi>t} fi al-Maz\hab, Juz II. Kairo: Da>r al-Sala>m, 1997.
Kah}a>lah, Umar Rid}a>. Mu’jam al-Mu’allifi>n: Tara>jum Mus}annifi> al-Kutub al-‘Arabiyyah. Damaskus: Muassasah al-Risa>lah, t.th.
al-Kura>ni>, Abdul H{ami>d ibn S{a>lih}. Minha>j al-T{a>libi>n li al-Ima>m al-Nawawi>: Ahammiyyatuh wa Manzilatuh wa Manhajuh wa Syuru>h}uh. Multaqa> al-Maz\a>hib al-Fiqhiyyah, t.th.
Lubis, Naskah, Teks dan Metodologi Penelitian Filologi. Cet. IV; Jakarta Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2007.
al-Mah}alli>, Jalaluddin. Syarh} al-Minha>j al-T{a>libi>n. Manuskrip. Makassar: Disimpan oleh Syarifuddin, .t.th.
al-Ma>wardi>, Abu> al-H{asan Ali ibn Muhammad al-Syahi>r. Al-Iqna>’ fi> al-Fiqh al-Sya>fi’i t.p., t.th.
al-Muzanni>, Ismail Ibn Yahya Abu> Ibrahi>m. Mukhtas}ar al-Muzanni>, Juz VIII. Beirut: Da>r al-Ma’rifah, 1990.
Published
2013-01-20