Standarisasi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Gorontalo

  • Muhammad Subair Balai Litbang Agama
Keywords: Standarisasi, Standar Nasional Perpustakaan, Pengelolaan Perpustakaan, Madrasah Aliyah, Gorontalo

Abstract

Seiring semakin bertambah banyaknya madrasah di tanah air, madrasah pun semakin dituntut untuk menghadirkan kualitas pendidikan yang lebih baik bagi masyarakat. Karena itu, dukungan terhadap program pengembangan madrasah pun harus semakin ditingkatkan. Demi terciptanya madrasah yang dapat menjalankan fungsi pendidikan secara lebih optimal, termasuk fungsi perpustakaan sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan. Fungsi madrasah dalam penyelenggaraan perpustakaan tersebutlah yang menjadi sasaran dalam penelitian ini, dengan menggali fakta-fakta keberadaan perpustakaan yang ada di sekolah Madrasah Aliyah Kabupaten Gorontalo, dan mengungkap pengelolaannya melalui pendekatan deskreptif kualitatif berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan RI (SNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ke 14 perpustakaan Madrasah Aliyah di Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo tidak satu pun yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan RI. Tidak ada perpustakaan yang mempunyai tenaga perpustakaan yang dipersyaratkan minimal alumni dari diploma ilmu perpustakaan. Selain itu, pengadaan persyaratan untuk berdirinya suatu perpustakaan madrasah tidak ada yang sesuai dengan SNP, yang berarti pengelolaannya secara otomatis berada di bawah standar. Bahkan terdapat dua madrasah yang belum memiliki perpustakaan.

References

Daftar Pustaka Ana Mariana. 2011. The Effectiveness Learning of Listen-ing Material on Student‟s Listen-ing Comprehension at Second Grade of Madrasah Alfalah Limboto Barat. Gorontalo: Skripsi IAIN Sultan Amai Gorontalo. Badan Litbang dan Diklat. 2010. Rencana Strategi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama
2010-2014. Kementerian Agama RI. Badruzzaman. 2013. Elektabilitas Satuan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Makassar: Lembaga Penerbit Universitas Hasanuddin. Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan. Kebijakan Otonomo Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT.RajaGrafindo. Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Memba-ngun Peradaban Bangsa. Sura-karta: Yuma Pustaka. Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Se-tia. Rimbarawa, Kosam. 2001. Peranan Perpustakaan Dalam Pembinaan Minat Baca Dan Menulis. AlMaktabah, Jurnal Komunikasi Informasi Perpus Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol. 3 No.2. Rahayunignsih, F., [ed]. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Jogjakarta: Graha Ilmu. Shaleh, Abdul Rachman. 2006. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada. Tilar, H.A.R dan Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. Yusuf, Pawit M., dkk.. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Per-pustakaan Sekolah. Jakarta: Prenada Media.
Published
2014-01-20