Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Erau Kutai Kartanegara

  • Hadinata Hadinata Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • M. Helmi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rega Armella Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Wildan Syauqi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: nilai-nilai islam, erau, kutai kartanegara

Abstract

Nilai-nilai Islam adalah sebuah kumpulan dari prinsip hidup yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan, yang mengajarkan manusia tentang cara yang seharusnya ditempuh untuk menjalankan kehidupan di dunia ini berdasarkan tuntunan islam. Nilai-nilai islam akan selalu ditemukan di mana saja selama itu adalah pemaslahatan untuk umat. Tak terkecuali dalam acara adat Erau yang dilaksanakan di kabupaten Kutai Kartanegara. Erau Kutai Kartanegara adalah sebuah acara adat yang dilaksanakan rutin tiap tahun secara meriah dengan tamu dari berbagai negara. Penelitian ini akan membahas terkait nilai-nilai islam yang ditemui dalam acara Erau Kutai Kartanegara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai Islam apa saja yang bisa ditemui di dalam acara adat Erau. Penelitian ini menggunakan beberapa karya tulis ilmiah terkait budaya dan nilai-nilai Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Erau Kutai Kartanegara .... – Hadinata, Dkk. 288 Revisi II 05 November 2023 Disetujui 19 November 2023 Islam sebagai referensinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian perpustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang didapatkan berasal dari berbagai karya tulis ilmiah seperti artikel dan prosiding yang didapatkan di situs pencarian karya tulis ilmiah yaitu google scholar dengan menggunakan beberapa kata kunci, yaitu nilai nilai islam dan Erau Kutai Kartanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai Islam yang dapat ditemui di acara Erau yang beragam, di antaranya adalah nilai spiritual dan nilai etika dan moral. Masuknya Islam ke wilayah Kutai memberi dampak islamisasi dalam masyarakat Kutai yang dapat ditemui dalam hubungan sosial, aturan, kelembagaan dan budaya.

References

A. Samad, S. A. and Munawwarah, M. (2020) ‘Adat Pernikahan dan Nilai-Nilai Islami dalam Masyarakat Aceh Menurut Hukum Islam’, El-USRAH: Jurnal Hukum Keluarga, 3(2), p. 289. doi: 10.22373/ujhk.v3i2.7716.

Agus, S. (2018) ‘Pelaksanaan Festival Erau Di Kutai Kartanegara Tahun 2016 Dalam Perspektif Komunikasi Lintas Budaya’, eJournal Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 6(1), pp. 311–324.

Akhyar, K. et al. (2021) ‘Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Q . S . Luqman ayat 12-19 telaah Tafsir Al-Azhaar dan Al￾Misbah’, EDUMASPUL, 5(2), pp. 752–756.

Amirin, T. M. (2012) ‘Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia Contextual Implementation of Multicultural Education Approach Based on Local Wisdom’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), pp. 1–16.

Astiti, N. K. A. (2018) ‘SUMBER DAYA ARKEOLOGI KUTAI KARTANEGARA: Keragaman Budaya sebagai Identitas Budaya dan Daya Tarik Wisata (ARCHAEOLOGICAL RESOURCES OF KUTAI KARTANEGARA: Cultural Diversity as Cultural Identity and a Tourist Attraction)’, Naditira Widya, 12(1), p. 71. doi: 10.24832/nw.v12i1.254.

Asyhari, A. (2017) ‘Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam dan Budaya Indonesia’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al￾Biruni, 6(1), pp. 137–148. doi: 10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1584.

Azmi, M. (2022) ‘Islamisasi di Bumi Etam: Transformasi Politik, Agama dan Budaya Masyarakat Kutai’, Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), pp. 91–105. doi: 10.30872/langgong.v1i2.539.

Bali, M. M. E. I. and Susilowati, S. (2019) ‘Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), pp. 1–16. doi: 10.14421/jpai.jpai.2019.161- 01.

CRESWELL, J. W. (2014) Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th edn. SINGAPORE: SAGE Publications, Inc.

Dhia, T. and Azzuhdi, U. (2022) ‘Nilai Karakter dalam Tradisi Beseprah Adat Erau Kutai dan Implementasinya pada Pembelajaran PAI’, 2(1), pp. 87–97.

Dozan, W. and Fitriani, L. (2020) ‘Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung’, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–15. doi: 10.37985/murhum.v1i1.2.

Hamdani, A. (2016) ‘Kutai Kartanegara Melalui Film Erau Kota’, Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Melalui Film Erau Kota Raja Dalam Promosi Pariwisata, 4(3), pp. 320–332.

Hubaib, F. (2021) ‘Peran Festival Erau sebagai Penguatan Identitas Sosial Melalui Kearifan Lokal’, Representamen, 7(01). doi: 10.30996/representamen.v7i01. 5126.

Indriani, N. et al. (2022) ‘Warisan Budaya Tradisi Lisan Di Era Modernisasi Sebagai Potensi Wisata Di Desa Kedang Ipil Kabupaten Kutai Kartanegara’, Sebatik, 26(2), pp. 866–872. doi: 10.46984/sebatik.v26i2.2010.

Istiawan, B. et al. (2022) ‘KAJIAN INDEKS PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, Vol. 11, No. 2, 2023 297 KABUPATEN’, 16(1), pp. 24– 44.

Janah, U. (2016) ‘MENELUSURI SEJARAH ASAL MULA BALIKPAPAN MELALUI PERAYAAN ERAU BALIK DELAPAN Sebuah Kajian Budaya dan Folklor’, Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(01), pp. 52–77. doi: 10.25273/pe.v2i01.47.

Kartika, T. and Edison, E. (2019) ‘Masyarakat Baduy Dalam Mempertahankan Adat Istiadat Di Era Global’, Proceeding International Conference 2019, pp. 56–62.

Marwiah, M. and R, R. (2022) ‘Internalisasi Makna dan Nilai Budaya pada Cerita Rakyat Pangeran Barasa melalui Pendekatan Sosiologi Sastra’, Jurnal Konsepsi, 10(4), pp. 396–406. Available at: https://www.p3i.my.id/index.p hp/konsepsi/article/view/146.

Muafi, M. and Ghofur, A. (2023) ‘Tradisi Silaturrahmi di Kalangan Nahdiyyin’, Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1), pp. 13– 24.

Mubarak (2017) ‘Wawasan Budaya Islam Kutai (Budaya Islam dalam Adat, Seni dan Sastra Masyarakat Kutai dalam Tinjauan Etnografi￾Deskriptif)’, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), pp. 86–97.

Muhammad, A. (2022) ‘Urgensi Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Al-Qur’an’, Jurnal Pilarr : Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1), pp. 67–87.

Muthia, C., Effendi, R. and HMZ, N. (2021) ‘Nilai-Nilai Agama Islam dalam Budaya dan Adat Masyarakat Aceh’, Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), pp. 52–60. doi: 10.29313/jrkpi.v1i1.170.

Nastiti, A., Fiqriyah, R. and Mada, U. G. (2022) ‘PENDAPATAN ASLI DAERAH (ERAU TRADITIONAL CEREMONY PRESERVATION IN THE KUTAI KARTANEGARA REGENCY : A VIEW FROM THE REGIONAL INCOME ) terhadap bidang kebudayaan yang lebih luas daripada tahun 1950-an . dapat mandiri . Tercantum di dalam Undang￾Undang Nomor’, Jurnal Riset Pembangunan, 5, pp. 45–55.

Nirwani Jumala, N. J. and Abubakar, A. (2019) ‘Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami Dalam Kegiatan Pendidikan’, Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), p. 160. doi: 10.32672/si.v20i1.1000.

Nurafifah Astria (2021) ‘Pendidikan Sabar dan Syukur Dalam Qs. Al-Baqarah ayat 152-153 dan Qs. Ibrahim ayat 5-7’, Pendidikan Sabar; Pendidikan Syukur; Surah Al-Baqarah ayat 152-153;Surah Ibrahim ayat 5- 7. Available at: http://repository.uinjkt.ac.id/ds pace/handle/123456789/54687.

Posangi Said, S. (2020) ‘Landasan Kurikulum Pendidikan Islam’, Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), pp. 1–11. Available at: Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Erau Kutai Kartanegara .... –

Hadinata, Dkk. 298 http://ineusintiawati.blogspot.c o.id/2012/03/pengertianlandasan.html.

Rubini, R. (2019) ‘Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam’, AlManar, 8(1), pp. 225–271. doi: 10.36668/jal.v8i1.104.

Samsir, S. (2019) ‘Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Kerajaan Kutai Kartanegara’, Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 3(02), p. 30. doi: 10.32332/riayah.v3i02.1318.

Sarip, M. and Nandini, N. (2021) ‘Islamisasi Kerajaan Kutai Kertanegara Abad Ke-16: Studi Historiografi Naskah Arab Melayu Salasilah Kutai’, Yupa: Historical Studies Journal, 5(1), pp. 33–45. doi: 10.30872/yupa.v5i1.573.

Siregar, A. and Manurung, I. D. (2021) ‘Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam’, Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), pp. 40–53. doi: 10.30596/intiqad.v13i1.5722.

Wulandari, S. and Saepudin, A. (2022) ‘Implikasi Pendidikan dari Q.S An-Nisa Ayat 1 tentang Silaturahim terhadap Pendidikan Sosial’, Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), pp. 57–65. doi: 10.29313/bcsied.v2i1.2077.
Published
2023-11-05