Refleksi Sosio-Kultural Tradisi Ruwahan di Kota Pontianak dan Korelasinya dengan Ajaran Islam

  • M. Sufyan Tsauri Pascasarjana, IAIN Pontianak
  • Adiansyah Adiansyah Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, IAIN Pontianak
  • Pipit Widiatmaka Prodi Bahasa Arab, IAIN Pontianak
  • M. Fadhil Yarda Gafallo Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, IAIN Pontianak
Keywords: tradisi ruwahan, sosio-kultural, ajaran islam, Pontianak

Abstract

Ruwahan merupakan salah satu tradisi masyarakat muslim Jawa, Madura, Melayu, Bugis di Pontianak. Artikel ini mengkaji lebih dalam bentuk pelaksanaan tradisi Ruwahan di Kota Pontianak dan berbagai macam variablenya, mencakup aspek sosial, budaya, dan ekonomi serta melihat relevansinya dengan ajaran Islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan langsung pada informan. Data primer diperoleh melalui observasi di beberapa lokasi pelaksanaan tradisi Ruwahan meliputi masjid, mushalla, madrasah diniyah dan area pemakaman. Sedangkan wawancara diperoleh melalui informan meliputi tokoh agama, tokoh adat dan pedagang di 3 pasar. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka seperi buku, jurnal, dan penelitian yang relevan dengan objek penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan; pertama, Ruwahan di Pontianak tidak dapat dilepaskan dari peran masyarakat muslim dan telah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat. Kedua, tradisi Ruwahan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kota Pontianak. Ketiga, tradisi Ruwahan yang dilaksanakan di Pontianak tidak bertentangan dengan ajaran Islam, oleh karena tidak terdapat unsur-unsur yang bertentangan dengan ajaran Islam, dalam hal keyakinan, praktik ziarah kubur, sedekah Ruwahan dan praktik-praktik yang terdapat dalam tradisi Ruwahan. Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam menguatkan eksistensi tradisi Ruwahan di tengah-tengah masyarakat terutama yang berkaitan dengan isu bid’ah dan syirik dalam praktik Ruwahan yang kerap kali di tuduhkan oleh kelompok intoleran. 

References

Al-Baijuri, I. (2004) Tuhfah al-Murid bi Syarh Jauhar at-Tauhid. Beirut Lebanon: Dar al-Kutb al-Ilmiyah.

Al-Ghazali (2005) Ihya Ulumiddin. 4th ed. Beirut Lebanon: Dar al-Kutb al￾Ilmiyah.

Arieza, U. (2023) 12 Tradisi Sebelum Puasa di Jawa, Padusan hingga Megengan, Kompas.com. Available at: https://travel.kompas.com/read/20 23/03/08/195100027/12-tradisi￾sebelum-puasa-di-jawa-padusan￾hingga-megengan?page=all (Accessed: 21 June 2023).

Az-Zuhaili, W. (1986) Ushul Al-Fiqh Al-Islami. 1st edn. Suriah, Damaskus: Dar al Fikr.

Dongoran, M. (2023) Mengkhususkan Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan, Abudzar.sch.id.

Hamdani, D. (2023) Ruwahan, Tradisi Yang Tak Lekang Oleh Zaman Sambut Kedatangan Ramadan, Pontianak Post. Available at: https://pontianakpost.jawapos.com /features/09/03/2023/ruwahan￾tradisi-yang-tak-lekang-oleh￾zaman-sambut-kedatangan￾ramadan/ (Accessed: 21 June 2023).

Indana, N., Makmun, M.A. and Machmudah, S. (2019) ‘Tradisi Ruwah Desa dan Implikasinya Terhadap Pengetahuan Tauhid Masyarakat Dusun Ngendut Kesamben Ngoro Jombang’, Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 7(2), pp. 81– 104.

Isma’il, I. (2011) Islam tradisi: studi komparatif budaya Jawa dengan tradisi Islam: Islam Jawa, akulturasi budaya, tradisi daur hidup, tradisi kalenderial, tradisi pekanan. Tetes Publishing.

Manzila, D. (2013) Ruwahan, Kreasi Wali Songo, NU.or.id. Available at: https://nu.or.id/daerah/ruwahan￾kreasi-wali-songo-xjsqe.

Martopo, R.L. (2018) Tradisi Pahingan dalam Meningkatkan Tali Silaturahmi di Desa Sinar Rejeki Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Lampung.

Nabilah, K.D., Muhadiyatiningsih and Nurlaili, S. (2022) ‘Makna Simbolik Tradisi Ruwahan di Pura Mangkunegaran Surakarta’. FUD/AFI.

Niswah, C. (2018) ‘Tradisi Ruwahan Masyarakat Melayu Palembang Dalam Perspektif Fenomenologis’, Tamadun, 8(2).

Pratiwi, K.B. (2018) ‘Dari Ritual Menuju Komersial: Pergeseran Tradisi Ruwahan Di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten’, Haluan Sastra Budaya, 2(2), pp. 204–219.

Purwanti, R.S. (2014) ‘Tradisi ruwahan dan Pelestariannya di Dusun Gamping Kidul dan Dusun Geblagan Yogyakarta’, Indonesian Journal of Conservation, 3(1).

Rahmawati, N., Rospia Brata, Y. and Budiman, A. (2023) ‘Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Ruwahan Desa Sindangsari-Banjarsari Kabupaten Ciamis’, 10(2). Available at: https://doi.org/10.25157/ja.v10i2.1 2232.

Ramadhani, S.A.Z. and Abdoeh, N.M. (2020) ‘Tradisi Punggahan Menjelang Ramadhan (Studi Di Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang)’, Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(1), pp. 51–65. Available at: https://doi.org/10.31538/almada.v3 i1.495.

Safitri, Y. (2022) ‘Dinamika Pelaksanaan Tradisi Ruwahan di Dusun Padaan Ngasem Kabupaten Kulon Progo’. Sasmita (2019b) Internalisasi Islam Dalam Tradisi Ruwahan di Desa Dawas Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin. Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Sugiono (2020) Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taufik, R., Abas, P. and Mubarak, Z. (2022) ‘Nilai Filosofis Dalam Tradisi Ruwahan Di Desa Kasang Pudak’. UIN Sulthan Thaha Sayfuddin Jambi.

Windiatmoko, D.U. and Mardliyah, A.A. (2018) ‘Refleksi Kultural Dan Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Ruwahan Di Dusun Urung Urung’, Metapena, 1(2).

Yunus, M. (1973) kamus Arabindonesia. Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir al Qur’an.

Zaelani, A.Q. (2019) ‘Tradisi Nyorog Masyarakat Betawi dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Masyarakat Betawi di Kota Bekasi Jawa Barat)’, Al-Ulum, 19(1), pp. 215–238. Available at: https://doi.org/10.30603/au.v19i1. 697.
Published
2023-11-05