Peran Media Sosial dalam Menyebarkan Pesan Agama dan Perubahan Sosial

  • Juniarti Iryani Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
  • Nurwahid Syam Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
Keywords: Islam, Media Sosial, Perubahan Sosial, Opini Publik

Abstract

Media sosial sekarang ini merupakan hal yang sudah menyatu dengan keseharian sebagian besar masyarakat di Indonesia. Media sosial masuk dalam berbagai jenjang usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Pengaruh media sosial ini sangat beragam baik dalam aspek agama maupun aspek sosial. Penelitian ini terfokus pada beberapa aspek yakni peran media sosial dalam menyebarkan pesan agama, dampak perubahan sosial dan dampak media sosial dalam pembentukan opini publik. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif atau literature review dengan cara membaca, mempelajari, dan menganalisis dari jurnal, buku, artikel, prosiding, dan ma kalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Teknologi digital dan media sosial telah mengubah cara agama disebarkan dan diakses oleh individu. Mereka membuka peluang untuk mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan keterlibatan aktif, dan meningkatkan efisiensi dalam penyebaran ajaran agama. Dengan demikian, media sosial memainkan peran kunci dalam penyebaran agama di era kontemporer. 2) Peran media sosial dalam perubahan sosial juga berdampak pada perubahan gaya dan pola hidup masyarakat. Dari perspektif interaksi sosial, perubahan sosial dalam masyarakat disebabkan oleh kemudahan manusia berinteraksi melalui media sosial. Akibatnya, interaksi sosial dalam dunia nyata dapat mengalami penurunan. Manusia tidak perlu lagi bertemu langsung untuk berkomunikasi, yang akhirnya dapat menghasilkan masyarakat yang lebih tertutup. Oleh karena itu, media sosial telah mengubah berbagai aspek struktur sosial dan budaya dalam masyarakat, dengan dampak positif dan negatif yang signifikan. 3) Media sosial bukan hanya alat komunikasi,tetapi juga merupakan alat pengaruh yang kuat dalam membentuk pandangan dan perilaku politik serta dalam menyebarkan berbagai informasi kepada masyarakat. 

References

Alim, Muhammad. (2011). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anshari, Endang Saifuddin. (2004). Wawasan Islam Pokok-Pokok Pikiran tentang Paradigma dan Sistem Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Cahyono, Anang Sugeng. (2016). "Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia." Publiciana Volume 9 Nomor 1: 140-157.

Eko, S. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar kebaikan tanpa diskrimasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173-190.

Ilham Maulana, Dkk. (2018). "Dakwah Media Sosial." Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 3 Nomor 3: 258- 274.

Kaplan, Andreas M, and Michael Haenlein. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons.

Nata, Abuddin. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Prektik).

Widya Puspita. Novia, Washilatun. (2020). "Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang." Hanifiya: Jurnal Studi Agama￾Agama Volume 3 Nomor 2: 100- 106.

Qadri, Muhammad. (2020). "Pengaruh Media Sosial dalam Membangun Opini Publik." Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara Volume 1 Nomor 1: 49- 63.

Rafiq, A. (2020). "Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat." Global Komunika Volume 1 Nomor 1: 18-29.

Rakhmawati, Istina. (2016). "Dakwah dan Media Sosial." AT￾TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 173-190.

Sarkawih, Dahlia. (2016). "Perubahan Sosial dan Budaya Akibat Media Sosial." Jurnal Administrasi Kantor 307-338. Soekanto, Soerjono. (2009). Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsuriah. (2020). "Peran Media dalam Berdakwah di Era Modern." Jurnal Ilmiah Islamic Resources 47-55.

Syarifuddin, Ahmad Ihsan. (2021). "Fenomena Islam dan Media Sosial di Indonesia." AlMuaddib 6 Nomor 2: 185-198.
Published
2023-11-05