Diskursus antara Islam and Catholicism dalam Perspektif Moderasi Beragama Onadio Leonardo dan Da’i Habib Husein Ja’far pada Podcast Youtube
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap hal-hal terkait bagaimana pemahaman umat non-muslim terhadap agama Islam, atas apa yang ia lihat dan ia dengar di media sosial, yang kita temukan melalui sebuah konten podcast Kanal Youtube Deddy Corbuzier yang didalamnya Ada Habib Husein Ja’far sebagai cendekiawan muslim yang memberikan pengetahuan bagaimana sebenarnya agama Islam itu kepada Onadio Lenardo yang beragama Katolik, atas pertanyaan-pertanyaan yang diungkapkan Onad terhadap pemahaman yang ia ketahui mengenai Islam di kehidupan nyata dengan bagaimana sebenarnya ajaran agama Islam yang semestinya. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, kami sebagai penulis mengungkapkan apa yang kami temukan dalam Konten Podcast Login anatara Habib Husein Ja’far dengan Onadio Leonardo pada Kanal Youtube Deddy Corbuzier. Podcast menjadi salah satu media yang tepat dalam rangka diskursus pemahaman agama, yang penting untuk dilakukan saat ini. Podcast merupakan salah satu bentuk dari perwujudan konten media sosial yang menjadi representasi bentuk metode dakwah mujadalah yang sebagaimana diajarkan dalam Al-Qur’an, yang dapat beradaptasi dengan fenoimena islam populer. Kata Kunci: Diskursus Pemahaman Agama, Podcast, Habib Husein Ja’far
References
Al-haq, A. F. (2016). Pembagian Negara dalam Islam. Al Qisthâs; Jurnal Hukum Dan Politik, 7(1), 80–101.
Andika, A. (2022). Agama Dan Perkembangan Teknologi Di Era Modern. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 129. https://doi.org/10.22373/arj.v2i2.1 2556
Arif, S. (2020). Religious Moderation in the Islamic State Discourse: KH. Abdurrahman Wahid’s Thought. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 73– 104.
Ariyanto, P. P. (2021). Podcast Sebagai Media Dakwah Era Pandemi. Academic Journal of Da’wa and Communication, 2(1), 105–120. https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1. 3286
Baihaki, E. S. (2020). Islam dalam Merespons Era Digital. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 3(2), 185–208. https://doi.org/10.20414/sangkep. v3i2.1926
Creswell, J. (2016). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Metode Campuran. Pustaka Pelajar.
Dra. Audah Mannan, M. Ag. (2021). Strategi Pengembangan Dakwah. In Alauddin University Press (1st ed., Issue Dakwah).
Fabriar, S. R., Fitri, A. N., & Fathoni, A. (2022). Podcast: Alternatif Media Dakwah Era Digital. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.34001/annida.v14i1.3212
Faizin, M. (2022). Empat Strategi Dakwah di Era Digital menurut Lembaga Dakwah PBNU. NU Online. https://www.nu.or.id/nasional/emp at-strategi-dakwah-di-era-digitalmenurut-lembaga-dakwah-pbnutLTJ4
Farisi, L. Al. (2020). (Retracted) Menimbang Dakwah Dalam Kubur Sebagai Dakwah Inovatif Di Era Milenial. Jurnal Dakwah Tabligh, 21(1), 122. https://doi.org/10.24252/jdt.v21i1. 11695
Fata, A. K. (2018). Teologi Pluralisme Agama Di Indonesia. Miqot, XLII(1), 105–128.
Filfarodis, N. C. (2023). Konten “Login” Habib Jafar x Onad, Deddy Corbuzier: Intinya Tidak untuk Islamisasi. Lensanesia. https://www.lensanesia.com/hibur an/9848286076/konten-loginhabib-jafar-x-onad-deddycorbuzier-intinya-tidak-untukislamisasi?page=2
Hafniati. (2021). Konsep Media Dakwah Digital Dalam Membangun Karakter Generasi Milenial. Jurnal IAI Al-Ghurabaa, 1, 1–14.
Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v2 7i1.8191
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202– 225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2. 1586
Kementerian Agama RI. (2015). AlQuran dan Terjemahannya. Lajnah Pentashihan Mushaf AlQuran Kementerian Agama RI.
Khairani, Z. (2022). Strategi Komunikasi pemasaran Online. In UIN Ar-Raniry (Issue 8.5.2017).
Kusnandar, V. B. (2021). RISSC: Populasi Muslim Indonesia Terbesar di Dunia. Kata Data. https://databoks.katadata.co.id/dat apublish/2021/11/03/risscpopulasi-muslim-indonesiaterbesar-di-dunia
Mahmuddin, M., & Kusnadi, K. (2021). Pemanfaatan Video Dalam Berdakwah (Studi Metode Dakwah Uas). Jurnal Dakwah Tabligh, 22(1). https://doi.org/10.24252/jdt.v22i1. 18993
Muhammad, H., Anwar, K., & Elizabeth, M. Z. (2015). Diskursus Deradikalisasi Agama: Pola Resistensi Pesantren Terhadap Gerakan Radikal. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 23(1), 197–222. https://doi.org/10.21580/ws.23.1.2 30
Nurdin, M. (2023). Konten Ramadhan Log In di Close The Door Deddy Corbuzier Menuai Banyak Pujian, Habib Jafar: Tidak Hanya Tontonan tapi Tuntunan. Suara Bandung. https://bandung.suara.com/read/20 23/04/13/160500/kontenramadhan-log-in-di-close-thedoor-deddy-corbuzier-menuaibanyak-pujian-habib-jafar-tidakhanya-tontonan-tapi-tuntunan
Nursalikah, A. (2020). Muslim di Era Digital-Global. Khazanah Republika. https://khazanah.republika.co.id/b erita/qfg02b366/muslim-di-eradigitalglobal
Pare-Pare, H. I. (2019). Umat Islam Hidup di Era Digital yang Tidak Mungkin Ditolak. IAIN Pare-Pare. https://pmi.iainpare.ac.id/2019/10/ umat-islam-hidup-di-era-digitalyang.html
Rahman, M. F., Suma, M. A., Ferdiansyah, H., & Irsyadi, M. M. (n.d.). Kontra narasi ekstremisme online melalui media islam moderat di Indonesia. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Rohman, D. A. (2019). Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 121–133. https://doi.org/10.38075/tp.v13i2. 19
Rumata, F. ’Arif, Iqbal, Muh., & Asman, A. (2021). Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama dikalangan pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 172–183. https://doi.org/10.21580/jid.v41.2. 9421
Saidil Mustar. (2015). Kepribadian Dai Dalam Berdakwah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 87–113.
Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar kebaikan tanpa diskrimasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173–190.
Sumartono. (2019). Laporan Hasil Penelitian Internal. 0307036802, 1–26.
Taufiq, T. T., Royanulloh, R., & Komari, K. (2022). Tren Hijrah Muslim Perkotaan di Media Sosial: Konstruksi, Representrasi dan Ragam Ekspresi.
Fikrah, 10(2), 355. https://doi.org/10.21043/fikrah.v1 0i2.14212 Tegal, H. S. K. (n.d.). Transformasi Dakwah Islam di Era Digital dan Media Sosial. Setda Kabupaten Tegal. http://setda.tegalkab.go.id/2023/03 /22/transformasi-dakwah-islam-diera-digital-dan-media-sosial/
Ummah, A. H., Khairul Khatoni, M., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. Komunike, 12(2), 210–234. https://doi.org/10.20414/jurkom.v 12i2.2739
Ummah, I. I. (2021). Urgensi Syiar Moderasi dalam Bingkai Kerukunan Beragama melalui Media Sosial. Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri, 4(1), 147–168.
Utomo, D. P., & Adiwijaya, R. (2022). Representasi Moderasi Beragama dalam Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar pada Konten Podcast Noice “Berbeda Tapi Bersama.” Pusaka, 10(1), 212– 223. https://doi.org/10.31969/pusaka.v 10i1.675
Wulandari, V., Rullyana, G., & Ardiansah, A. (2021). Pengaruh algoritma filter bubble dan echo chamber terhadap perilaku penggunaan internet. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 98–111. https://doi.org/10.22146/bip.v17i1 .423
Yahya, Y. K., Untung, S. H., & Fajari, I. A. (2020). Da’wah di Youtube: Upaya Representasi Nilai Islam oleh Para Content-Creator. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 20(1), 1–22. https://doi.org/10.15575/anida.v20 i1.8888