Refleksi Budaya Wakatobi dalam CeritaWaindho-Indhodhiyu

  • Abdul Aziz Balai Pelestarian Nilai Budaya MakassarKementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Keywords: Tula-tula, refleksi budaya, nilai

Abstract

Tula-tula merupakan salah satu genre folklor lisan di Wakatobi yang menyimpan berbagai nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam Tula-tula Waindho-indhodhiyu. Sejalan dengan tujuan tersebut, penulis menerapkan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui studi pustaka dan lapangan. Studi pustaka berupa kajian literatur dan studi lapangan berupa observasi dan wawancara terhadap masyarakat Wakatobi.Tulatula Waindho-indhodhiyu merupakan data inti dalam penelitian ini ditambah dengan hasil observasi dan wawancara masyarakat Wakatobi. Berdasarkan hasil analisis, dinyatakan bahwa Tula-tula Waindho-indhodhiyu mengandung berbagai nilai budaya, antara lain: (a) sabar, (b) tabah, (c) kerja keras dan (d) semangat. Nilai-nilai budaya tersebut merujuk pada sikap positif manusia dalam menjalani kehidupan duniawi yang patut dikembangkan dan diwariskan kepada generasi muda.

References

Baswar, Azkiyah. 2013. Kawin Lari (Studi Kasus Kawin Lari di Kelurahan Limbung Kec. Bajeng Kabupaten Gowa).Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Imbasadi (ikatan mahasiswa, bahasa, dan sastra Indonesia). ht.th.ps://imbasadi wordpress.com/agenda/data-karyailmiah-bebas/unhas/makna-siri-napacce-dimasyarakat-bugis-makassarfriskawini/, di akses, tanggal 4 Februari 2015. Koengtjaraningrat. 1967. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Marzuki, Laica. 1995. Siri‟ Bagian Kesadaran Hukum Rakyat BugisMakassar. Edisi ke-1.Hasanuddin University Press. Makassar. Mattulada. 1975. Kebudayaan Bugis Makassar. Jakarta: Jambatan. Salemuddin, Rezki. 2013. Perempuan sebagai Lambang Siri‟ (Studi Kasus Silariang di Desa Bangkalaloe Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto).Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Said, Nasir, Muh. 1962.Siri Dan Hubungannya Dengan Perkawinan Masyarakat Mangkasara Sulawesi Selatan.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar. Rahim, Rahman. 1995. Hasil Penelitian : Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis Makassar. Lembaga Penerbitan. Universitas Hasanuddin Makassar. Paul Johnson, Doyle.1986. Teori Sosiologi Klasik Dan Modern Jilid 1 diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia Oleh Robert M. Z .Lawang. Gramedia. Jakarta Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo. Jakarta. Shalih, Syaikh. 2002. Harga Diri dan Kehormatan Rumah Tangga Muslim. At-Tibyan. Solo Tika, Zainuddin. 1989. Siri‟ Dan Silariang, Suatu Analisa Kriminologi. Jakarta: Lembaga Jurnalistik Mandiri. Tika, Zainuddin & Ridwan Syam. 2005. Silariang Dan Kisah-Kisah Siri‟. Makassar: Pustaka Refleksi. Undang-undang Perkawinan Indonesia. 2007. Wacana intelektual
Published
2014-11-20