Nilai Keagamaan dalam Seni Budaya Masyarakat Ternate Maluku Utara

  • La Mansi Balai Litbang Agama
Keywords: Nilai, Keagamaan, Seni Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi seni budaya dalam ritual Islam masyarakat Ternate Maluku Utara. kegunaannya untuk Jajaran Kementerian Agama dan instansi lainnya yang berkepentingan sebagai data keagamaan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan pembangunan di bidang agama dan para akademisi, pencinta ilmu, pihak-pihak lain dapat mermanfaatkan sebagai informasi awal untuk menentukan langkah selanjutnya. Hasil penelitian ini tentang seni budaya yang ada kaitan dengan ritual agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di Ternate Maluku Utara. Karena penelitian ini merupakan peneltian kualitatif maka analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif deskreptif dalam bentuk narasi.

Kata Kunci: Nilai, Keagamaan, Seni Budaya

References

Alting, Husain dan Rinto Taib. 2011. Wisata Kota Pusaka Ternate, Pesona Masa Lalu yang Memukau Kini Menujuh Kebangkitan Pariwisata Kota Ternate, Cet. Pertama. Disbudpar Kota Ternate dan Ummu Press. Balai Pustaka. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa. Busranto. 2007. Dabus Tradisi Ternate. Tidak Diterbitkan. Dero, Ridwan. 2012. Jamaah Bertanya Jo Guru Menjawab dalam Lingkup Adat, Agama dan Budaya di Kesultanan Ternate, Bahan Pelajaran Bagi Setiap Orang yang mau mengetahui Tetanan Adat Agama dan Budaya Orang Ternate. Tidak diterbitkan. Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan. 2012. Mozaik Kepurbakalaan Sulawesi Selatan. Makassar: Culture and Tourism Office of South Sulawesi.
Fadli, Kasim. 2014. Sekretaris Kesultana Karaton Ternate, Satu lembar Dokumen Daftar nama-nama Kolano/Sultang Ternate dari no. urut 1- 48 dan lama pemerintahan. Munandar, M. Soelaeman. 2001. Suatu Pengantar Ilmu Budaya Dasar, Al Ghazali, Binu Kaldun dan Albert dan Einstein. Cet.; VIII. Munasiah, Najamuddin. 1982. Tari Tradisional Sulawesi Selatan. Makassar: Balai Pelestarian Nilai Sejarah. Rusli, Andi Atjo. 2008. Orang Ternate dan Kebudayaanya. Cet. II. Taib, Rinto. 2012, Fatamorgana di Segi Tiga Emas dan Kebangkitan Pariwisata Maluku Utara Wisata Alam, Sejarah dan Budaya Ternate, Tidore, dan Halmahera Barat. Taib, Salim, Rudy Rahabeat dan Sukarno M. Adam. 2013. Maluku Utara. Cet. I; Wacana Negeri Rehat
Published
2014-11-20