Implementasi Pembinaan Ri’ayah Masjid Raya Bandung

  • Muhammad Sadli Mustafa Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar
Keywords: Pembinaan Ri’ayah, Masjid Raya Bandung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang kondisi fisik dan perkembangan Masjid Raya Bandung dan pembinaan ri’ayah  masjid tersebut. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi menggunakan pendekatan kualitatif yang dianalisis dan disajikan dalam bentuk naratif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan fisik Masjid Raya Bandung yang megah dan luas bercorak Timur Tengah dengan sedikit perpaduan budaya khas Sunda dan Jepara dengan sejumlah fasilitas yang masih terpelihara. Meski secara historis Masjid ini sudah berumur lebih dari dua abad, namun fisik masjid seluruhnya merupakan bangunan baru, tidak dapat ditemukan lagi bangunan kuno disebabkan dari masa ke masa telah mengalami renovasi berulangkali dengan berbagai sebab baik karena kebutuhan jama’ah, terkena musibah maupun peningkatan kualitas bangunan.

 

Kata Kunci: Pembinaan Ri’ayah, Masjid Raya Bandung

References

Departemen AgamaRepublik Indo-nesia, Dirjen Bimas Islam dan Urusan Haji, proyek peningkatan sarana keagamaan Islam zakat dan wakaf. Pola pembinaan kegiatan kemasjidan, mushalla dan langgar. Jakarta: Departemen Agama, 1999/2000.
DKM Masjid Raya Bandung. Masjid Raya Bandung dari Masa ke Masa. Dokumen Masjid Raya Bandung, t. th.
Efendi, Khoirul. Manajemen Masjid Raya Baitus Salam Kompleks Billy Moon Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2009.
Esposito, John L. Ensiklopedi Ox-ford, jilid 4. T.tp.: Mizan, t.th.
Gazalba, Sidi. Masjid, Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam. Cet. IV; Jakarta: Pustaka Antara, 1983.
Idham. Masjid Agung Nurul Yaqin Waisai Kabupaten Raja Ampat (Potret Pengelolaan Masjid Agung di Daerah Pemekaran) dalam Jurnal Pusaka Vol. 1, No. 1, Juni 2013.
Mardianti, Rinti. Makna Mesjid Agung Bandung Menurut Sudut Pandang Pengamat Bertolak pada Kondisi Pasca Renovasi Tahun 2002. Makalah, tidak diterbitkan.
Mustafa, Mustari (ed.).Ulama, Mas-jid, Pesantren Sistem Pendidikan dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Cet. I; Makassar: Sarwah Press, 2007.
al-Qardhawi, Yusuf.Al-Dhawabith al-Syar’iyyah li Bina’i al-Masajid diterjemahkan oleh Abdul Hayyie al-Kattani dengan judulTuntunan Membangun Masjid. Cet. I; Jakarta: Gema In-sani, 2000.
Saputra, Muhammad Ali.Masjid Ja-mi’ Tua Palopo dalam Jurnal Pusaka Vol. 1, No. 1, Juni 2013.
http://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Raya_Bandung.Diunduh, 8 Ok-tober 2013.
Published
2015-05-20