Ziarah dalam Tradisi Sufi Minangkabau: Teks dan Konteks Naskah Otobiografi Syekh Arsyad Batuhampar

  • Yufni Faisol IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat
Keywords: Ziarah, Sufi, Tarekat Naqsyabandiyah, Minangkabau, Naskah

Abstract

Artikel ini menyajikan penelitian terhadap Naskah Otobiografi Syekh Muhammad Arsyad Batuhampar yang berjudul Min Makkah ila Mishra. Kesimpulan penelitian terhadap naskah tersebut ialah bahwa ritus ziarah dikalangan sufi bukan hanya sekedar mengunjungi makam auliya’, lebih dari itu sebagai perjalanan ilmiah. Naskah Min Makkah ila Mishra ditulis oleh Syekh Arsyad pada akhir abad 19. Syekh Arsyad ialah salah satu tokoh Tarekat Naqsyabandiyah terkemuka di Pedalaman Minangkabau. Penelitian ini menggunakan pendekatan Filologi dan Sejarah Intelektual. Filologi sebagai alat pembedah naskah, sedangkan Sejarah Intelektual untuk kontekstualisasi naskah. 

References

Arsyad, Muhammad, Min Makkah ila Mishra. Naskah Koleksi Surau Baru Hampar – Madrasah al-Manar, 1300-1301 H.
Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII: Akar Pembaharuan Islam Indonesia. Jakarta: Kencana, 2005.
Azra, Azyumardi. Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos, 2003.
Baried, Siti Baroroh., dkk. Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta: Badan Penelitian dan Pub-likasi Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada, 1994.
Bruinessen, Martin van. Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia: survey Historis, Geografis dan Sosiologis. Bandung: Mizan, 1998.
Chamber-Loir, Henri., dan Claude Guillot, Ziarah dan Wali di Dunia Islam. Jakarta: Serambi, bekerjasama dengan EFEO, 2007.
de Lesseps, Ferdinand. History of the Suez Canal. America: Cambridge University Press, 2011.
Datoek Toeah Sango (ed: Damhoeri), Tambo Alam Minangkabau. Bukittinggi: Pustaka Indonesia, 1985.
Hidayat, Ahmad Taufik., dkk. Katalog Surau I: Katalog Naskah Kuno Islam Surau Lubuk Landur dan Mesjid Shaykh Bonjol. Jakarta: Tinta Mas Indonesia dan Komunitas Suluah Padang, 2011.
Ibnu Bathuthah, Tuhfat al-Nazhar fi Ghara’ib al-Amshar wa ‘Aja’ib al-Asfar. Mesir: Maktabat al-Tijariyyah al-Kubra<, 1958.
Jabali, Fuad. “Manuskrip dan Orisinalitas Penelitian”, Jurnal Lektur Keagamaan Vol. 8, No. 1 (Juni 2010) hal. 1-28.
Jamhari, “In the Center of Meaning: Ziarah Tradition in Java”, Studia Islamika: Indonesian Journal for Islamic Studies, volume 7, number 1 (2000), 51-90.
Katkova, Irina R., dan Pramono, Sufi Saints of Sumatra. Moskow: Academy of Culture’s Re-search, 2009.
al-Khani, Muhammad ibn Abdullah. al-Bahjah al-Saniyyah fi Adab al-Thariqat al-‘Aliyyah al-Khalidiyah. Istanbul: Hakikat Kitabevi, 2002.
Mayeur-Jaouen, Cathrine. “al-Sayyid al-Badawi di Tanta (Mesir)”, dalam Henri Chambert-Loir dan Claude Guillot, Ziarah dan Wali di Dunia Islam, 117-124.
al-Minangkabawi, Ahmad Khatib. Izhar Zaghl al-Kadhibin fi Tashabuhihim bi al-Shadiqin. Mesir: Dar al-Taqdum al-‘Ilmiyyah, 1906.
al-Nash, Muhammad Samir. al-Wasilah ila Fahm Haqiqat al-Tawassul. Beirut: Dar al-Tawfiq, 2003.
Putra, Apria. Ulama Luak nan Bung-su: Catatan Biografi Ulama Luak Limo Puluah dan Per-juangannya. Padang: Minangkabau Press, 2011.
Tanjung, Bagindo Armaidi. Mereka yang Terlupakan: Tuanku Menggugat. Padang: Pusataka Artaz, 2008.
Yusuf, M., dkk, Katalogus Manusk-rip dan Skriptorium Minangkabau. Tokyo: Tokyo University of Foriegh Stud-ies, 2006.
Zed, Mestika. Dari Wacana Ulama dan Islam hingga Biografi Ulama Sumatera Barat dalam Tim Islamic Centre, Riwayat Hidup Ulama Sumatera Barat dan Perjuangannya. Padang: ICSB dan Angkasa Raya, 2001.
Published
2015-05-20